Home / Hair Treatment / Rambut Berminyak? Atasi dengan Bahan Alami

Rambut Berminyak? Atasi dengan Bahan Alami

Kamis, 14/07/2016 | 17:49 WIB

Hair Treatment

Share this article

Seringkali rambut disebut juga sebagai mahkota para wanita yang dapat menambah kepercayaan diri wanita, sehingga sangat penting untuk merawat mahkota tersebut. Tetapi aktifitas yang padat dapat menjadikan rambut berminyak dan seringkali para wanita bingung bagaimana mengatasinya. Padahal ada banyak bahan dan cara alami untuk mengatasi rambut berminyak tanpa harus ke salon, apa saja sih  yang diperlukan dan harus dilakukan oleh Sahabat Cantik? Yuk disimak ulasannya.

Kenapa Rambut dapat Berminyak?

Umumnya, penyebab rambut berminyak ada bermacam-macam, seperti salah memakai produk. Apabila rambut berminyak tetapi memakai produk untuk rambut kering, dapat memicu produksi minyak berlebih. Kemudian ada faktor genetik, seperti perbedaan hormon yang sering memicu kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak dan tingkat hormon stress atau disebut cortisol yang diproduksi di zona fasciculata dimana pada saat seseorang stress, maka akan memicu produksi minyak yang berlebih karena dipicu oleh stress. Apabila sering memakan makanan yang berminyak dan berlemak, maka otomatis kadar lemak yang dikeluarkan dalam bentuk minyak pada kulit kepala semakin banyak. Tetapi sebenarnya rambut dan kulit kepala dapat berminyak dikarenakan sebum, atau rembesan minyak yang diproduksi oleh sebaceous gland yang berada pada kulit. Kelenjar tersebut memproduksi minyak agar rambut tidak kering dan rapuh serta fleksibel. Biasanya, jumlah kelenjar minyak yang ada tergantung pada jumlah rambut seseorang. Tetapi, apabila tidak terawat dan di biarkan, maka produksi minyak dapat menjadi berlebihan. Dipercaya oleh sejumlah ahli rambut bahwa rambut berminyak dapat mengarah kepada masalah jangka panjang seperti rontok dan ketombe (dandruff).  Sahabat Cantik nggak mau kan ngalamin rambut berminyak? Yuk disimak tips-tips untuk menghilangkan rambut berminyak.


1. Vitamin C

Vitamin C bisa didapatkan dari berbagai macam produk dan buah, salah satunya adalah buah Lemon yang terkenal sebagai bahan alami yang digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Kadar Vitamin C yang tinggi membuat lemon sering digunakan untuk merawat kecantikan. Manfaat dari Vitamin C untuk rambut adalah untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, menjadi antioksidan, melawan bakteri di kulit kapala, menghentikan rambut rontok, dan lain-lainnya. Vitamin C juga dapat membantu mengatasi rambut yang berminyak dengan kadar pH-nya yang termasuk pH basa dan dapat menetralkan keasaman dan mengurangi gejala inflamasi serta menetralkan produksi minyak.  

Cara pemakaian Vitamin C pada jeruk lemon sangat sederhana, yaitu dengan meminum jus lemon secara teratur, ataupun membilas rambut dengan jus lemon yaitu dengan mencampur 1 gelas jus lemon dengan 1 gelas air, kemudian bilas rambut dan kulit kepala secara merata. Apabila berbentuk produk cream yang mengandung Vitamin C maka oleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut secara teratur, sehingga manfaat yang didapatkan optimal. 


2. Asam Asetat

Salah satu sumber asam asetat yang paling terkenal adalah dari cuka apel. Tetapi untuk alternative sumber asam asetat dapat menggunakan cuka biasa, asam asetat (C2H4O2) adalah senyawa kimia asam organik sebagai pemberi rasa asam dan aroma dalam makanan. Asam Asetat juga dapat berperan sebagai penyeimbang pH kulit kepala dan rambut. Asam asetat akan membantu mengontrol sekresi atau pelepasan minyak oleh kelenjar minyak pada kulit kepala dan mengurangi timbunan minyak serta residu pada kulit kepala dan rambut ditambah lagi cuka apel atau Apple Cider Vinegar dapat berfungsi sebagai hair tonic yang ampuh agar rambut menjadi halus dan bersinar karena cuka apel akan menutup atau menghilangkan cuticle, lapisan terluar atau sel mati dari rambut .  

Untuk penggunaannya, Sahabat Cantik dapat merendamkan kepala hingga mengenai kulit kepala di air hangat yang telah di campur 800 gram cuka apel. Apabila cuka apel ingin digunakan sebagai pembilas setelah keramas, campurkan 1-2 sendok makan cuka apel dan 2-4 sendok makan air putih dan diamkan selama 3 menit. Pemakaian dapat digunakan secara teratur 1-2 kali seminggu. 


3. Tannins

Bahan alami yang paling umum dan mudah didapatkan mengandung tannins yaitu adalah teh. Semua jenis teh sebenarnya mengandung tannins, tetapi yang mempunyai kadar lebih tinggi yaitu teh hitam. Teh juga mengandung zat flavonoid sehingga teh menjadi antioksidan yang kuat dan bahkan berkali lipat lebih bagus daripada vitamin E dan C. Kegunaan dari Tannins sendiri adalah sebagai astringent alami atau zat yang dapat menyebabkan penyusutan pada jaringan tubuh, sehingga dapat mengurangi produksi minyak yang diproduksi di jaringan bawah kulit dan sekitar akar. Pemakaian teh pada rambut dan kulit kepala dapat digunakan untuk melindungi kulit dan mengurangi pendarahan dari luka kecil. Tannins juga dapat mengurangi bakteri untuk berkembang biak serta meningkatkan metabolisme karena Tannins mengandung zat yang dapat menghambat penyerapan zat besi sehingga rambut dapat tumbuh lebih sehat dan cepat. 

Untuk mendapatkan zat tannins kita dapat memanfaatkan teh dengan cara: daun teh direbus. Setelah air teh dirasa sudah mendidih, dinginkan terlebih dahulu kemudian di bilas secara merata pada kulit kepala dan rambut Sahabat Cantik agar zat pada teh tersebut dapat langsung menyerap pada kulit kepala. Tannins bisa berupa tablet ekstrak daun teh ataupun berupa cream dan conditioner yang dapat dioleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut. 

Bagaiamana Sahabat Cantik, sudah tahu kan bagaimana cara merawat rambut yang berminyak? Tips ini jangan sampai tidak dicoba ya, Sahabat Cantik!

POST A COMMENT

0 Comments