Home / Skin Care / Kenali Masalah Penggunaan Eyeshadow dan Solusinya

Kenali Masalah Penggunaan Eyeshadow dan Solusinya

Senin, 18/07/2016 | 07:23 WIB

Skin Care

Share this article

Makeup atau riasan wajah merupakan salah satu hal yang tidak pernah lepas dari wanita. Namun, dengan pemakaian yang terus-menerus, tahukah Sahabat Cantik bahaya dari pemakaian makeup bagi kulit? Jika sering terasa gatal pada mata, kemerahan, hingga perih dan mengeluarkan air mata khususnya ketika pemakaian eyeshadow/rias mata lainnya, berarti ada yang tidak benar. Yuk kita bahas satu-satu:


1. Iritasi / gatal / kemerahan

Iritasi, gatal, dan mata kemerahan merupakan gejala dari sakit mata konjungtivitis/inflamasi selaput mata. Konjungtivitis adalah peradangan selaput yang meliputi bagian mata atau konjungtiva, dan menyebabkan mata berwarna kemerahan. Konjungtivitis awalnya hanya menjangkit satu mata, namun biasanya setelah beberapa jam akan menjangkit kedua mata.

Konjungtivitis memiliki gejala seperti mata berair dan terasa gatal. Hal ini biasanya diakibatkan karena beberapa penyebab, seperti alergi, debu/glitter pada makeup yang masuk ke dalam mata, adanya bakteri, dan penggunaan makeup yang sudah kadaluarsa.

Nah, untuk mengatasi masalah mata konjungtivitis ini, Sahabat Cantik dapat menggunakan:

  • Antihistamine: berfungsi sebagai penghilang alergi. Antihistamine dapat berupa tablet dan obat tetes mata. Zat aktif ini dapat menghentikan histamine dalam mempengaruhi sel tubuh untuk mengeluarkan reaksi alergi tersebut. Antihistamine yang paling cocok dikonsumsi untuk mengatasi masalah ini adalah dalam bentuk tablet atau tetes mata. Biasanya, antihistamine jenis tablet dapat mulai bekerja dalam waktu setengah jam setelah diminum. Sahabat Cantik dapat merasakan efeknya secara maksimal setelah 1-2 jam dari waktu pengonsumsiannya.
    Untuk jenis tetes, Sahabat Cantik dapat menggunakannya 4-5 kali dalam sehari untuk meredakan mata gatal, merah dan berair. Untuk mencegah penyebaran bakteri, hindari penggunaan handuk dan bantal dengan orang yang sedang terinfeksi matanya. Sebaiknya selalu jaga kebersihan tangan, handuk, dan benda-benda yang bersentuhan dengan mata ya, Sahabat Cantik!

  • Antibiotik: berfungsi sebagai obat untuk infeksi oleh bakteri. Antibiotik dapat digunakan dalam bentuk tablet, kapsul, sirup, spray hingga tetes. Quinolone antibiotic (Menyembuhkan peradangan dan infeksi). Tetapi, apabila terjadi iritasi pada mata, sebaiknya Sahabat Cantik langsung hubungi dokter untuk ditangani lebih lanjut, ya!

    Bersihkan kelopak dan bulu mata dengan menggunakan kapas dan air rebusan licorice atau yang sering disebut dengan akar manis yang bersifat antiseptik. Licorice atau akar manis tersebutdapat meringankan iritasi yang terjadi dimata loh!


2. Mata berair / perih

Mata berair hingga perih dapat terjadi karena masuknya bubuk eyeshadow yang Sahabat Cantik gunakan masuk  kedalam mata.  Selain itu juga penggunaan bulu mata palsu terlalu lama sehingga matamu menjadi lelah, berair dan akhirnya perih.

Cara menyembuhkannya adalah dengan membersihkan makeup secara merata dan penggunaan obat tetes mata yang mengandung antibiotik untuk mencegah infeksi oleh bakteri. Ataupun, Sahabat Cantik juga dapat menggunakan toner untuk kulit sensitif yang mengandung chamomile maupun vitamin E yang dapat berfungsi sebagai pembersih sisa-sisa kotoran yang menempel pada kulit tanpa membuat iritasi.


3. Crow’s feet

Penggunaan eyeshadow yang dilakukan secara terus-menerus dan lupa untuk menghapusnya ketika tidur dapat menyebabkan kulit kering loh Sahabat Cantik! Makeup dan polusi udara yang menumpuk di wajah saat siang hari akan meresap ke dalam pori-pori kulit. Hal ini dapat menghambat kerja collagen dan elastin. Selain itu, paparan sinar matahari dan jarang minum air putih juga dapat menyebabkan elastisitas kulit dan produksi pelembab alami di kulit menurun, sehingga jaringan collagen rusak loh! Untuk memperbaiki sel-sel kulit ini, dapat dilakukan dengan menggunakan serum, masker, essence, cream, atau massaging cream yang mengandung peptide yang berfungsi meningkatkan elastisitas kulit, botulique sebagai muscle relaxant, pelembab memberi kulit lapisan pelindung dan menjaga kulit agar tetap elastis, dan vitamin c yang dapat menstimulasi regenerasi collagen pada kulit.

Nah Sahabat Cantik, jangan lupa untuk selalu membersihkan kulit dari make up ya! Jangan malas untuk membersihkan makeup!

POST A COMMENT

0 Comments