Home / Hair Treatment / 6 Kebiasaan Mencatok yang Mengakibatkan Kerusakan Rambut

6 Kebiasaan Mencatok yang Mengakibatkan Kerusakan Rambut

Senin, 18/07/2016 | 13:53 WIB

Hair Treatment

Share this article

Rambut merupakan mahkota para Sahabat Cantik yang harus dijaga karena apabila rusak dapat menurunkan rasa percaya diri kamu. Nah biasanya rambut rusak tidak hanya disebabkan karena kesalahan dalam memilih produk melainkan juga penggunaan catokan yang salah dapat menyebabkan rambut rusak dan bercabang.


Mencatok Saat Rambut Basah

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah mencatok rambut dalam keadaan basah. Sebelum Sahabat Cantik mencatok rambut, pastikan kalau rambut kamu benar-benar kering. Jika kamu mendengar suara mendesis atau melihat uap saat mencatok, segera hentikan, karena dapat mengakibatkan folikel rambut rusak dan menjadi rapuh. Selain itu, sebelum mencatok usahakan selalu membersihkan rambut terlebih dahulu karena rambut yang kotor dan berminyak sulit untuk dicatok.


Terlalu Panas


Sumber:Glam Plam Singapore

Biasanya demi mendapatkan hasil yang maksimal, seseorang akan menaikan suhu catokan hingga menjadi terlalu panas. Jika Sahabat Cantik berpikir suhu tinggi dapat menghemat waktu dan membuat rambut kamu cepat lurus makan pikirkan lagi karena hal ini justru membuat rambut kamu berpotensi rusak. Kemudian hal yang harus diperhatikan juga ialah alat catok harus memiliki pengatur temperatur, dengan alat tersebut, kamu bisa mengatur suhu panas sesuai dengan kebutuhan kamu. Disarankan untuk Sahabat Cantik mengatur suhu catok maksimal 120 derajat. Sahabat Cantik pun disarankan untuk tidak mencatok rambut ketika menggunakan pewarna rambut karena pengaplikasian catok terhadap rambut yang dicat, bisa membuka kutikula dan molekul warna hilang dengan cepat.


Melupakan Heat Protector Serum

Kesalahan ketiga yang hanya dilakukan oleh orang ketika mencatok adalah sering melupakan Heat Protector Serum. Pengunaan Serum ini dapat melindungi rambut Sahabat Cantik agar tidak terekspos suhu tinggi secara langsung. Jika kamu tidak memiliki serum ini, kamu dapat menggunakan leave-in conditioner, vitamin rambut, atau combing serum juga bisa dipakai untuk melindungi batang rambut dari panas hair iron. Penggunaan serum amat penting sebelum melakukan pencatokan. Lupa atau sengaja tidak menggunakan serum akan membuat rambutmu tidak terlindungi dari panas yang dikeluarkan alat catok. Serum rambut dapat mencegah kerusakan rambut.


Tidak Menyisir Rambut

Menyisir rambut merupakan hal yang penting loh sahabat cantik. Biasakan untuk menyisir rambut terlebih dahulu agar tidak ada rambut yang terbelit, selain itu Sahabat Cantik juga tidak perlu untuk menjepit rambut dengan catok berulang kali karena ini dapat membuat rambut menjadi rusak. Kemudian daripada mencatok rambut dalam jumlah banyak dan melakukannya berulang-ulang, lebih baik membagi rambut menjadi beberapa bagian yang lebih sedikit. Karena saat mencatok rambut dalam bagian besar, hanya bagian luar saja yang diluruskan. Sementara bagian dalamnya tidak. Jika Sahabat Cantik mengambil bagian yang lebih kecil, rambut yang diluruskan akan lebih rata dan prosesnya tentu menjadi lebih cepat.


Tidak Pernah Membersihkan Catok

Kesalahan mencatok yang dapat berpotensi merusak rambut Sahabat Cantik selanjutnya adalah jarang membersihkan alat catok. Ketika Sahabat Cantik memakai alat catok secara rutin, banyak produk rambut yang menempel pada besi catokan dan akhirnya membuat bagian pinggirnya terdapat kotoran yang menggumpal. Sebaiknya, bersihkan catokan setiap seminggu sekali dengan menggunakan air hangat dan beberapa tetes alkohol. Kotoran yang menumpuk pada lempengan catok dapat merusak rambut, untuk itu usahakan agar selalu membersihkan alat catok kamu sebelum menggunakannya agar kesehatan rambut tetap terjaga.


Tidak Melihat Bahan Lempengan Pemanas Catok

Saat Sahabat Cantik membeli alat catok yang baru, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama, bahan yang digunakan untuk lapisan piringannya. Kamu akan sering melihat istilah seperti ceramic dalam kotak kemasan. Alat catok yang menggunakan ceramic menghasilkan panas yang lebih merata dari bahan logam. Tapi tidak semuanya melalui proses pembuatan yang sama. Beberapa alat catok hanya lapisannya saja yang berasal dari bahan ceramic. Sebaiknya, cari produk yang di dalam kemasannya ada tulisan triple baked, yang artinya piringan alat catok terbuat dari ceramic yang sesungguhnya.

Bahan yang juga populer untuk alat pemanas adalah tourmaline. Ini adalah batu permata yang sangat berharga untuk memancarkan ion negatif. Tourmaline membantu menutup kutikula rambut dan menjaga kelembapannya untuk hasil yang tahan lama dan lebih halus. Adapun titanium adalah logam yang sangat halus dan berfungsi menjaga tatanan rambut agar lebih tahan lama. 

Tahukah Sahabat Cantik semakin banyak ion negatif yang dipancarkan dari catok rambut akan semakin bagus untuk rambut? Rambut yang terpapar radikal bebas, panas yang berlebihan ataupun listrik statis menyebabkan atom-atom rambut kehilangan elektron sehingga terbentuklah ion positif yang menyebabkan rambut rusak. Ion negatif yang terpancar dari catok rambut akan menetralkan ion-ion positif dan mengembalikan bentuk rambut kamu menjadi halus, sehat dan bersinar. 

Yuk rawat mahkota indah sahabat dengan mulai lebih memperhatikan proses saat ingin mencatok rambut sahabat cantik!


POST A COMMENT

0 Comments