Home / Face Treatment / Keriput? Inilah Penyebabnya dan Solusinya

Keriput? Inilah Penyebabnya dan Solusinya

Senin, 18/07/2016 | 15:36 WIB

Face Treatment

Share this article

Halo Sahabat Cantik, pasti Sahabat Cantik tentunya nggak mau kan memiliki keriput di wajah? Adanya keriput pada wajah pasti akan  menggangu penampilan Sahabat Cantik. Jika Sahabat Cantik sudah memiliki keriput di usia muda, kemungkinan merupakan faktor genetik. Penyebab lainnya bisa muncul karena kesehatan kulit yang tidak dijaga, pola hidup yang tidak sehat, bahkan pengunaan kosmetik yang tidak tepat, Sahabat Cantik! Bahas satu per satu, yuk!

1. Paparan Sinar Matahari

   

Kulit keriput bisa disebabkan oleh sinar matahari karena sinar matahari memiliki kadar sinar UV yang tinggi dan panas, sehingga bisa membuat kulit Sahabat Cantik menjadi kering. Kulit kering tersebut yang memicu munculnya keriput pada wajah loh, Sahabat Cantik!


2. Menggunakan Produk Kosmetik

   

Produk kosmetik palsu dan tidak terpercaya kandungannya dapat menyebabkan kulit kamu kering dan berkeriput, Sahabat Cantik. Bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik tesebut akan menyerap dan menghilangkan kelembapan kulit dan akhirnya kulit kamu akan menjadi kering dan mengendur. Untuk itu, sebaiknya Sahabat Cantik menggunakan produk kosmetik yang cocok, terpercaya dan aman untuk wajah.


3. Dehidrasi

   

Jika Sahabat Cantik kurang meminum air, kulit Sahabat Cantik akan menjadi mudah berkeriput, karena cairan yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi, sehingga akan menyebabkan kulit menjadi kering dan tidak bisa menghasilkan sel-sel kulit baru dan memicu pembentukan garis-garis halus di wajah.


4. Kebiasaan merokok

Jaga kesehatan tubuh dan kulit ya, Sahabat Cantik! Kamu yang memiliki kebiasaan merokok juga pasti akan memiliki kulit yang berkeriput dengan cepat, karena aliran darah di tubuh jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah yang seharusnya, juga menghambat peredaran darah ke seluruh tubuh.


5. Kekurangan vitamin dan mineral

   Kekurangan vitamin dan mineral adalah faktor besar yang bisa memicu munculnya keriput. Biasanya wanita-wanita yang suka melakukan diet yang salah akan mudah memiliki keriput di wajah, karena mereka menghilangkan makanan-makanan yang penuh dengan vitamin dan mineral yang baik untuk kebutuhan tubuh.


6. Bergadang dan kurang istirahat

   

Mengapa bergadang dan kurang istirahat bisa menimbulkan keriput? Hal tersebut karena ketika malam hari, kolagen di kulit kita akan beregenerasi dan membentuk sel kulit baru. Jadi, jika Sahabat Cantik suka bergadang atau kurang beristirahat, kulit keriput akan cepat memuncul. Banyak istirahat ya, Sahabat Cantik.

Setelah kita mempelajari penyebab kulit keriput, pastinya Sahabat Cantik ingin mengetahui solusinya juga kan? Mari kita ketahui apa saja solusi yang ada untuk kulit keriput!


1. Minyak zaitun

   

Minyak zaitun sudah dikenal sebagai perawatan rambut, tetapi minyak zaitun juga berguna untuk mengatasi kulit keriput. Minyak zaitun dapat menjaga kelembaban kulit agar tidak mudah kering dan terhindar dari masalah keriput. Dengan minyak zaitun, Sahabat Cantik akan terbebas dari masalah penuaan dan bisa tampil lebih segar dan cantik. Minyak zaitun yang mengandung Vitamin E juga membantu merawat kulit. Selain itu, Vitamin E juga digunakan sebagai zat antioksidan yang bisa membantu melembakan kulit, dan juga bisa menghindarkan diri untuk kemungkinan terkena serangan kanker kulit. Cara pakainya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun ke daerah wajah lalu diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.


2. Tomat

   

Tomat adalah salah satu bahan alami yang bisa membantu pencegahan kulit keriput atau kulit kering, karena mengandung Vitamin C dan Likopen yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan menghasilkan zat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari agar tidak cepat kering lalu mendukung proses regenerasi kulit dan membantu produksi kolagen agar sel kulit yang mati bisa cepat digantikan dengan sel kulit baru.

Cara pakaianya adalah dengan mengambil 1 buah tomat, lalu meinrisikan tomat tersebut dengan ketebalan sedang. Lalu ambil beberapa iris tomat tersebut dan tempelkan pada wajah dengan agak menekan agar tomat tersebut mengeluarkan cairan yang bisa terserap ke dalam kulit wajah. Lakukanlah secara dua kali sehari secara rutin. Meminum jus tomat juga berguna untuk kulit Sahabat Cantik juga.


3. Madu

   

Madu juga salah satu bahan alami yang bisa membantu pencegahan kulit keriput atau kulit kering, karena mengandung antioksidan yang dapat melembapkan kulit. Selain itu, madu juga mengandung enzim dan anti bakteri yang dapat menjaga kebersihan kulit Sahabat Cantik.

Cara pakainya adalah dengan mengoleskan madu murni pada seluruh permukaan kulit tipis-tipis secara merata. Lakukan pada bagian yang paling banyak keriput seperti bawah mata, dahi dan pipi. Boleh banget dilakukan setiap hari secara teratur agar kulit kamu menjadi lebih sehat dan cantik, ya!


4. Pisang

Pisang adalah buah yang banyak kandungan vitaminnya. Oleh karena itu, pisang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin yang ada di dalam pisang adalah seperti Vitamin B, B6, C, E, Magnesium, Kalsium, Fosfor dan Besi. Vitamin dan Mineral yang terkandung pada pisang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, membantu mencerahkan kulit, mengencangkang kulit, dan mengurangi penuaan.

Cara pakainya adalah dengan menlumatkan buah pisang tersebut hingga halus, bisa di tambahkan minyak zaitun agar tidak lengket. Lalu gunakanlah sebagai masker wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dan bersihkan dengan air dan sabun. Masker pisang berguna untuk mengembalikan kelembaban kulit sehingga agar tidak kering dan mengurangi tanda penuaan.


5. Tidur yang cukup

   

Jika Sahabat Cantik menggunakan banyak perawatan tetapi tidak memiliki pola hidup yang sehat, hasil yang akan Sahabat Cantik dapatkajn menjadi tidak maksimal. Maka itu, Sahabat Cantik perlu beristirahat dan tidur dengan waktu yang cukup. Waktu ideal kamu tidur adalah 8-9 jam per hari. Jangan sering begadang atau tidur larut malam ya,Sahabat Cantik, karena ketika kamu tidur sel kulit mati akan berganti dengan sel kulit yang baru.


6. Konsumsi makanan yang sehat dan buah-buahan

   

Mengkonsumsi makanan atau buah yang mengandung banyak vitamin seperti Vitamin A dan C, seperti buah pepaya, mangga, apel, pisang, strawberry, kiwi dan buah jeruk dapat membantu Sahabat Cantik mengurangi keriput di wajah, selain itu juga bisa menyehatkan tubuh Sahabat Cantik! Mengkonsumsi makanan seperti kacang almond atau kacang-kacang lainnya bisa juga membantu melembapkan kulit, karena kacang-kacangan mengandung vitamin E. Jangan lupa minum air dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan harian kamu! Minumlah air 8 gelas agar tubuh Sahabat Cantik menjadi segar dan kulit akan lebih lembut dan bersih.

Nah, sekarang Sahabat Cantik dapat mencegah munculnya keriput di wajah dengan beberapa tips yang telah dibagikan ke Sahabat Cantik. Semoga bermanfaat!


POST A COMMENT

0 Comments