Home / Hair Treatment / Rambut Berminyak

Rambut Berminyak

Senin, 18/07/2016 | 15:56 WIB

Hair Treatment

Share this article

Rambut pastinya merupakan mahkota yang harus dirawat ya, Sahabat Cantik.  Oleh sebab itu merawat rambut merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Memiliki rambut nurut, sehat dan berkilau merupakan dambaan setiap orang. Tetapi adanya perbedaan gaya hidup dan faktor lingkungan, seperti polusi udara yang membuat rambut menjadi rusak, berminyak, lepek, bercabang, bahkan rontok. Tentunya akan menjadi masalah yang serius, terutama bagi wanita. Hampir semua masalah rambut disebabkan karena rambut berminyak. Nah untuk hal ini akucantik.id akan sharing tentang penyebab dan cara mengatasi rambut berminyak agar Sahabat Cantik memiliki rambut yang cantik dan sehat secara alami!


1. Makanan berlemak

Makanan merupakan faktor utama yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita loh, Sahabat Cantik! Tidak hanya bagi tubuh, tetapi juga kesehatan dan kecantikan rambut. Makanan yang berlemak merupakan salah satu pengaruh dari rambut berminyak. Minyak yang terdapat pada makanan berlemak akan dikeluarkan kembali pada pori-pori kulit, tak terkecuali kulit kepala, dengan dengan demikian kulit kepala juga rambut menjadi lebih berminyak dan lepek.


2. Stress

Stress tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan saja, stress juga berdampak buruk pada kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut Sahabat Cantik, seperti menyebabkan rambut berminyak, lepek, rontok, munculnya uban (rambut putih), hingga mengalami kebotakan. Oleh karena itu, enjoy your life dan hindari stress ya, Sahabat Cantik!


3. Faktor genetik

Faktor genetik atau faktor keturunan juga menjadi penyebab utama rambut lepek dan berminyak. Jika orang tua anda memiliki rambut lepek dan berminyak, kemungkinan besar hal tersebut juga akan diturunkan pada Sahabat Cantik.


4. Salah dalam merawat rambut

Penggunaan produk kecantikan seperti conditioner, catokan dan hairdryer yang digunakan untuk menata dan merawat rambut sehari-hari juga berpotensi merusak rambut loh jika tidak digunakan dengan tepat. Jadi sebaiknya Sahabat Cantik memilih produk kecantikan yang sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan Sahabat Cantik, ya!


5. Terlalu sering menyisir

Terlalu sering menyisir juga membuat rambut atau kulit kepala menjadi rontok dan berminyak, karena akan membuat kulit kepala memproduksi minyak berlebih, hingga akhirnya rambut Sahabat Cantik  terlihat lepek dan berminyak. Jangan sering-sering menyisir rambut ya, Sahabat Cantik!


6. Gangguan kulit kepala

Kelenjar sebaceous merupakan kelenjar mikroskopik yang berada tepat di bawah kulit yang mengeluarkan kelenjar minyak yang disebut sebum. Gejala kulit berminyak dan masalah rambut dapat berupa pengelupasan dan gatal-gatal pada kulit kepala, sehingga menyebabkan  rambut rontok, dan kemerahan pada daerah sekitar kulit.


Nah, Sahabat Cantik nggak perlu khawatir dulu, karena ada banyak cara untuk mengatasi rambut berminyak kok, berikut cara-caranya!


1. Gunakan shampoo yang berbahan ringan

Shampoo bayi dan shampoo berbahan herbal terbukti ampuh untuk mengatasi rambut lepek dan berminyak yang sedang Sahabat Cantik alami, karena keduanya terdiri dari bahan-bahan yang lebih ringan dan alami.


2. Jeruk nipis

Jeruk nipis bukan hanya bermanfaat untuk kulit, tapi juga ampuh mengatasi rambut lepek dan berminyak, karena jeruk nipis mengandung nutrisi yang baik untuk kulit kepala dan rambut, seperti vitamin C. Caranya Sahabat Cantik perlu mencuci rambut dengan air yang dicampur dengan air perasan air jeruk nipis secara rutin. Dengan demikian, rambut lepek dan berminyak akan teratasi sepenuhnya.


3. Lidah buaya

Sudah tahu kan, lidah buaya merupakan bahan alami yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan rambut? Nah, dalam hal ini lidah buaya juga dapat menjadi solusi atas rambut Sahabat Cantik yang lepek dan berminyak. Caranya, Sahabat Cantik cukup mengoleskan getah lidah buaya pada rambut dan kulit kepala, maka rambut akan kembali segar dan tidak lepek serta tidak berminyak. Yeay!


4. Minyak jojoba

Minyak jojoba (Jojoba Oil) merupakan wax atau lilin yang diperoleh dari biji tanaman jojoba. Minyaknya banyak digunakan untuk melembabkan rambut, sekaligus mengatasi rambut yang lepek, kering, kusam dan berminyak, karena akan mengirim sinyal ke kelenjar yang mengeluarkan minyak dari dalam tubuh, sehingga kadar minyak pada kulit kepala juga dapat diatur dengan penggunaan jojoba oil ini. Caranya anda oleskan minyak jojoba pada rambut dan kulit kepala hingga merata. Kalau minyak jojoba sulit ditemukan, Sahabat Cantik juga bisa menggantinya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun.

Itulah beberapa cara untuk mencegah rambut dari lepek dan berminyak, selamat mencoba!


POST A COMMENT

0 Comments