Home / Nail Treatment / Kutikula Kuku Sehat Terawat

Kutikula Kuku Sehat Terawat

Senin, 18/07/2016 | 16:24 WIB

Nail Treatment

Share this article

Hai, Sahabat Cantik! Tahu nggak sih kutikula kuku itu apa? Kutikula kuku adalah lapisan tipis kulit mati yang berada tepat di pangkal kuku. Seringkali dalam perawatan kuku yang dilakukan para wanita (manicure), kutikula kuku dipotong agar kuku terlihat lebih cantik dan rapih. Padahal, kesehatan kutikula itu sangat penting lho untuk perlindungan kuku agar menjadi lebih sehat. Apa saja sih hal-hal yang mungkin timbul apabila kita tidak merawat kesehatan kutikula kuku? Simak bahasannya ya!


1. Kutikula pecah-pecah dan terasa sakit

Kutikula pecah-pecah dan terasa sakit mengindikasikan kutikula Sahabat Cantik berada dalam keadaan dehidrasi atau kering. Kondisi yang seperti ini dapat diatasi dengan mengoleskan pelembap untuk menjaga kutikula tetap lembab dan sehat.


2. Iritasi dan beberapa masalah kuku lainnya

Permasalahan kuku lain yang dimaksud adalah permukaan kuku yang bergelombang atau munculnya bintik dan garis putih pada kuku. Iritasi kutikula dapat terjadi karena ruang di sekitar kuku terbuka lebar, sehingga bakteri dapat masuk dengan mudah ke dalam lapisan kulit dan menyebabkan iritasi.


3. Infeksi Paronikia

Infeksi paronikia atau biasa kita kenal dengan istilah cantengan, muncul dan berkembang di tepi pangkal kuku. Beberapa gejala yang muncul saat terjadi infeksi ini adalah perubahan warna, bentuk dan tekstur kuku, terjadi pembengkakan, kulit di sekitar kuku terasa nyeri saat disentuh, hingga munculnya kulit melepuh yang bernanah.


Wah ternyata banyak dampak negatifnya ya, Sahabat Cantik! Nggak mau dong kuku kamu menjadi rusak apalagi sampai bernanah? Lalu bagaimana sih cara menjaga kutikula agar tetap sehat? Kamu bisa ikuti cara-cara berikut ini!


1. Membiasakan kutikula kuku tidak terkena aseton.

Penggunaan aseton berlebih sangat tidak disarankan untuk Sahabat Cantik yang ingin merawat kesehatan kuku.  Kandungan kimia yang terdapat pada aseton adalah kandungan yang mudah terbakar sehingga biasanya digunakan untuk melarutkan cat, lilin, lem, dan plastik. Selain itu aseton digunakan untuk membersihkan kutek. Peggunaan aseton yang berlebih dapat membuat kutikula kuku menjadi kering dan tidak sehat. Jadi sahabat cantik kurangilah penggunaan aseton karena memiliki dampak membuat kutikula kamu menjadi tidak sehat. 


2. Oleskan pelembab

Pelembab yang digunakan oleh Sahabat Cantik bisa berupa salep, krim atau petroleum jelly yang mengandung Vitamin E. Manfaat dari pelembab bukan hanya melembapkan kutikula, tetapi juga menutrisi, membersihkan dan menyegarkan kutikula kuku Sahabat Cantik! Kandungan mineral oil yang terdapat pada pelembab akan masuk ke dalam celah-celah sel kulit untuk menghalangi penguapan air alami yang terjadi di kulit kita, sehingga kelembapan kulit tetap terjaga secara natural.


3. Jangan menggigit kuku

Kebiasaan menggigit kuku membuat kutikula menjadi tidak sehat. Air liur dalam mulut kita mengandung lebih dari 600 spesies bakteri berbeda yang dapat mengakibatkan infeksi lho, Sahabat Cantik. Selain memberikan dampak negatif bagi kesehatan, tekstur gigi pada saat kamu menggigit kuku akan merusak struktur kutikula dan membuat celah-celah pada kutikula, sehingga mengakibatkan infeksi.


4. Jangan potong kutikula

Lebih baik sebelum melakukan manicure, Sahabat Cantik perlu menyampaikan jika tidak ingin kutikula dipotong atau memberitahu untuk mendorong kutikula secara perlahan saja. Bakteri akan lebih banyak masuk apabila kutikula rusak atau memiliki celah pada strukturnya.

Nah, gimana Sahabat Cantik? Menjaga kesehatan kutikula sama halnya dengan menjaga kecantikan Sahabat Cantik, lho. Yuk, rawat kesehatan kutikula kita mulai dari sekarang!


POST A COMMENT

0 Comments