Home / Healthy Lifestyle / Jaga Bibir Tetap Sehat dan Bewarna

Jaga Bibir Tetap Sehat dan Bewarna

Selasa, 19/07/2016 | 09:44 WIB

Healthy Lifestyle

Share this article

Sahabat Cantik, apakah kamu sudah menjaga bibir dengan baik? Coba perhatikan sejenak bibir kamu di cermin. Pernah nggak merasa kalau Sahabat Cantik kurang memberikan perawatan khusus pada bibir? Permasalahan bibir bisa berupa kering, pecah-pecah, dan berwarna kehitaman. Apa saja ya penyebabnya? Simak satu per satu yuk, Sahabat Cantik!

1. Kosmetik

Lipstick atau kosmetik lain untuk bibir yang tidak sesuai atau kadaluwarsa dapat membuat bibir menjadi rusak yang ditandai dengan munculnya bercak kemerahan dan gatal pada bibir. Solusi : Perhatikan kandungan pelembab pada lipstick yang berfungsi menjaga agar bibir Sahabat Cantik terhindar dari pecah-pecah, kemudian lihat tanggal kedaluwarsa kosmetik. Jaga selalu kebersihan kosmetik agar tidak menjadi tempat bertumbuhnya bakteri, misalnya pada brush bibir yang selalu digunakan, simpan di tempat yang sepatutnya dan bersihkan bibir sebelum menggunakan lipstik agar kotoran yang ada pada bibir tidak berpindah ke lipstik yang dapat menyebabkan lipstik terkontaminasi.

2. Sinar Matahari

Sinar Ultaviolet (UV) yang ada pada sinar matahari ini dapat merusak bibir. UV tersebut dapat membuat bibir menjadi pecah-pecah, terbakar, bengkak atau timbul bintik-bintik kecoklatan. Hal lebih serius yang diakibatkan sinar matahari adalah dapat membuat kolagen yang terdapat pada bibir menjadi rusak. Akibat dari kerusakan kolagen ini adalah munculnya kerutan pada bibir. Solusi : Gunakan lip balm yang dengan sedikitnya SPF 15 jika hendak keluar rumah. Jika Sahabat Cantik akan menghabiskan banyak waktu di luar rumah, Sahabat Cantik dapat mengulangi pemakaian lip balm.

3. Kebiasaan yang Merusak

Kebiasaan menggigit bibir, membuka sesuatu menggunakan gigi atau membasahi bibir dengan air liur harus dihindari. Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah dan luka. Solusi : Ingat bagaimana kerusakan yang bisa terjadi akibat kebiasaan tersebut, maka coba untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut.

4. Penuaan

Seiring bertambahnya umur, kandungan kolagen pada bibir ikut menurun sehingga bibir tidak lagi terlihat kenyal. Penuaan pada bibir tampak dari bibir yang terlihat kasar, berkerut dan tampak garis-garis halus. Tetapi, bibir juga dapat mengalami penuaan dini sebelum waktunya. Penyebab penuaan dini pada bibir antara lain adalah sinar matahari, radikal bebas dalam tubuh, makanan dan minuman yang dikonsumsi serta nikotin yang terdapat pada rokok. Solusi : Penggunaan lipbalm tetap diperlukan agar terhindar dari penuaan dini akibat sinar matahari. Solusi lainnya adalah dengan mengurangi makanan dan minuman yang dapat merusak seperti makanan yang digoreng, kopi, teh dan hentikan kebiasaan merokok. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran terutama yang banyak mengandung vitamin B dan C yang sangat baik agar bibir terlihat segar.

Sahabat Cantik sudah tahu kan penyebab bibir menjadi tidak sehat? Semoga Sahabat Cantik lebih memahami pentingnya merawat bibir dan menjaga kelembapannya. Selain itu seringlah mengaplikasikan lip balm pada bibir kamu agar selalu sehat dan lembab ya!


POST A COMMENT

0 Comments