Home / Decorative / Tanam Benang, Wajah Awet Muda?

Tanam Benang, Wajah Awet Muda?

Selasa, 19/07/2016 | 14:25 WIB

Decorative

Share this article

Sahabat Cantik pastinya sudah tak asing lagi dengan istilah tanam benang, karena prosesnya yang tergolong lebih cepat dan murah (estimasi rata-rata biaya ratusan hingga jutaan rupiah per benang tergantung jenis benang yang digunakan) jika dibandingkan dengan proses operasi plastik maupun botox yang tergolong lama dan perawatan yang lebih rumit. Namun sebelum tergiur dengan proses instant tersebut, ada baiknya Sahabat Cantik memeriksa lebih lanjut mengenai dampak serta proses dari tanam benang (Thread Lift ) tersebut.  Nah disini Akucantik.id hadir untuk membocorkan sedikit rahasia dibalik proses cantik instant dengan tanam benang. 

Apa itu tanam benang?

Tanam Benang merupakan proses merangsang pembentukan kolagen pada wajah dengan menanamkan benang ke dalam jaringan disekitar kulit. Benang yang digunakan adalah benang protein PDO (Polydioxanone), yaitu  benang yang digunakan saat operasi organ dalam sehingga dapat diserap oleh tubuh. Benang protein PDO berfungsi langsung merangsang kolagen kulit wajah yang berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit, mengencangkan serta mencerahkan kulit. 

Yuk kita simak proses dalam melakukan Tanam Benang:

  • Membius (anestesi) dengan obat bius lokal pada wajah pasien, yaitu obat bius yang digunakan untuk proses operasi kecil, dan disuntikkan pada area yang akan dioperasi saja. Orang yang diberikan obat bius lokal ini tetap sadar, namun akan mengalami mati rasa pada area yang disuntik. Serta memiliki pengaruh jangka pendek. Adapun efek samping dari anestesi ialah nyeri disekitas tempat suntikan, penurunan tekanan darah, kerusakan saraf.
  • Kegiatan selanjutnya ialah memasukkan benang pada lapisan dalam kulit wajah, yang mana berfungsi untuk mengangkat  serta mengencangkan lapisan lunak kulit wajah. Biasanya untuk wajah digunakan benang berukuran 25 – 60 mm. Secara umum ada 2 jenis benang, yaitu: 
    • Tipe benang bergerigi, yang bertujuan untuk bisa menarik kulit yang kendur kearah atas. Biasanya lebih mahal karena daya tahan lebih lama (3-5 tahun)
    • Tipe benang polos tanpa gerigi, jenis benang ini lebih cepat diserap oleh tubuh, serta sekitar benang akan terjadi reaksi pembentukan jaringan fibrinogen( protein yang membantu proses pembekuan darah)  juga pembentukan kolagen yang berguna untuk elastisitas . Harga benang ini relatif lebih murah karena daya tahannya 8-12 bulan saja.

Berikut contoh bentuk benang yang digunakan untuk proses tanam benang.

  • Langkah selanjutnya adalah menentukan Lokasi  pada wajah yang akan ditanami benang. sebelum proses berlangsung, dokter atau spesialis akan menanyakan masalah apa saja  yang dihadapi oleh pasien, dengan demikian mereka akan menggambarkan pola pada wajah untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada kulit wajah Sahabat Cantik.


Resiko dari proses Tanam Benang

Biasanya setelah melakukan tanam benang Sahabat Cantik akan mengalami beberapa efek samping, yaitu nyeri di belakang telinga dan rasa tidak nyaman pada wajah,  juga mungkin mengalami pembengkakan, memar, atau sulit membuka mulut. Jika kulit wajah mengerut, kamu tidak perlu khawatir karena biasanya efek ini dapat memudar dalam kurun waktu 14-21 hari.

Nah Sahabat Cantik sudah tau kan manfaat dan dampak dari tanam benang?  semoga setelah membaca ulasan diatas Sahabat Cantik dapat mempertimbangkan kembali apakah melakukan tanam benang memang pilihan yang tepat atau bukan.


POST A COMMENT

0 Comments