Home / Healthy Lifestyle / Pengaruh Kualitas Tidur Terhadap Kecantikan Kulit

Pengaruh Kualitas Tidur Terhadap Kecantikan Kulit

Selasa, 19/07/2016 | 15:22 WIB

Healthy Lifestyle

Share this article

Siapa nih diantara Sahabat Cantik yang hobi tidur? Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang menurut para ahli, fungsinya justru lebih penting dari makanan loh. Dengan tanpa makanan sama sekali, seseorang masih mampu bertahan hidup sekitar 40 hari, tanpa minuman seseorang mampu bertahan hidup sekitar 3 hari, tanpa udara kemampuan bertahan hidup seseorang hanya dalam hitungan menit, sedang tanpa tidur seseorang hanya mampu bertahan hidup selama 11 hari. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan vital manusia jika diurutkan adalah: udara, air, tidur, serta makanan.

Tapi apakah kamu tahu bahwa tidur berpengaruh terhadap kecantikan? Terlepas dari kesehatan, memang benar faktanya bahwa tidur dapat berpengaruh terhadap kecantikan kulit.

Nah, sebenarnya mengapa kurang tidur dapat mempengaruhi kecantikan kulit? Bila Sahabat Cantik kurang tidur, tubuh yang merasa stress akan berdampak buruk bagi kulit. Hormon-hormon untuk pertumbuhan dan perbaikan diantaranya kosrtisol dan melatonin akan dilepaskan ketika tidur. Hormon-hormon tersebut bermanfaat untuk membakar lemak, memperbaiki sel, memperbaiki kulit yang rusak, dan mengencangkan kulit.

Jadi Sahabat Cantik, masihkah kamu tidak memberikan kesempatan tubuh untuk merasakan nikmatnya tidur? Biarkan tubuh mengalami proses perbaikan dan peremajaan kulit dengan tidur. Jika tidak, kulit kamu akan mengalami hal-hal berikut ini :


1. Memperburuk Kondisi Kulit

Beberapa masalah kulit seperti jerawat dan reaksi alergi bisa muncul dan menjadi lebih buruk ketika badan tidak diberikan waktu cukup untuk beristirahat. Stress dapat menstimulasi kelenjar yang bertanggung jawab dalam memproduksi adrenalin yang bertanggung jawab memproduksi androgen. Androgen sendiri merupakan hormon yang dihasilkan oleh pria ketika berada dalam pembentukan alat genital ketika di dalam rahim. Namun, wanita juga memproduksi hormon tersebut dalam skala kecil. Hormon ini merupakan hormon yang nantinya akan dirubah menjadi hormon estrogen yang berguna dalam dalam perkembangan organ genital wanita. Jika hormon androgen ini diproduksi terlalu besar, akan  memicu terbentuknya jerawat dan memperlambat penyembuhan jerawat yang sudah ada.


2. Kulit Kurang Bersinar

Kemilau alami kulit akan berkurang ketika kamu kurang memenuhi jumlah tidur seharusnya. Kemilau alami kulit akan berganti menjadi kulit kusam yang tentunya tidak diinginkan semua wanita. Namun, jika kamu tidur cukup, kulit akan cenderung terlihat lebih cantik, segar, dan bersinar.


3. Penuaan Dini

Penuaan dini dapat disebabkan karena kurang tidur. Dikarenakan Collagen yang berfungsi menjaga elastisitas kulit, diproduksi pada saat tidur dan sangat maksimal pada rentang usia 20an tahun. Sehingga kulit akan terhindar dari kendur sejak dini, sebaliknya menjadikan wajah  terlihat segar dan kenyal.


4. Bertambah Gemuk



Terdapat bukti bahwa tidur tidak cukup dapat menyebabkan obesitas. Karena saat tidur, hanya sedikit kalori yang terbakar dalam tubuh dan kamu memiliki waktu yang lebih panjang untuk mengkonsumsi makanan sehingga lemak tubuh dapat tertimbun lebih banyak. Baik kulit maupun keseluruhan kecantikan bisa terpengaruh dengan peningkatan berat badan. Maka dari itu, pola tidur dapat mempengaruhi kecantikan dengan berbagai macam cara ya, Sahabat Cantik!

Jadi Sahabat Cantik, jangan buang – buang waktu kamu untuk hal yang tidak berguna ya! Gunakan waktu yang kamu miliki untuk mengistirahatkan diri sehingga mendapatkan cantik alami dari dalam.


POST A COMMENT

0 Comments