Home / Decorative / Segala Hal Mengenai Sulam Alis

Segala Hal Mengenai Sulam Alis

Senin, 25/07/2016 | 11:57 WIB

Decorative

Share this article

Sahabat Cantik, melihat trend alis 2016, sulam alis sekarang menjadi semakin populer terutama sejak dilakukan oleh banyak artis-artis terkenal dan juga diberitakan terus oleh media maupun artis yang melakukan sulam alis tersebut. Nah, sebenernya sulam alis tuh apa sih? Yuk kita bahas secara mendalam.

Sulam alis adalah salah satu cara yang dilakukan untuk memenuhi spot-spot kosong pada alis dengan cara menambahkan pigmen warna kedalam kulit. Metode ini digunakan agar alis dapat terlihat penuh dan tanpa celah. 

Oh iya, sulam alis juga berbeda dengan tattoo alis loh, Sahabat Cantik! Nih perbedaan mendasar dari sulam dan tattoo alis. 

Alat

Tattoo menggunakan mesin yang sama seperti untuk men-tattoo tubuh. Jarum yang dipakai bisa single atau triple sehingga berisiko menyebabkan pendarahan. 

Sedangkan sulam alis memakai alat khusus seperti pena atau kerap disebut embroidery pen. Jarum yang dipakai sejajar hingga bentuk salur lebih alami dan tidak kaku. 


Lebih Sakit Mana?

Tattoo memakai ujung jarum yang single atau triple menembus hingga lapisan kulit ketiga sehingga akan terasa sakit. Sedangkan sulam alis ujung jarumnya hanya menembus lapisan kedua, sehingga sakit nya lebih minim dan hampir tidak terasa.


Permanen atau Tidak?

Tattoo alis hasilnya permanen. Dengan hasil permanen ini, jika suatu hari ingin kembali mengubah bentuk alis, harus di laser. Sementara sulam alis sifatnya semi permanen, bertahan 2-4 tahun. Jadi akan lebih gampang untuk dihilangkan karena sulam hanya sampai ke epidermis kulit, sedangkan tattoo masuk kedalam dermis kulit.


Proses Pengerjaan

Sulam alis pengerjaannya tidak memakan waktu lama, sekitar 45 menit - 1 jam. Sulam dikerjakan secara manual di atas permukaan kulit pertama atau kedua untuk membentuk salur-salur yang semirip mungkin dengan alis asli. Sedangkan tattoo pengerjaannya lebih lama dan berulang-ulang sehingga menyebabkan sakit, luka bahkan bengkak.


Efek Samping 

Baik sulam alis maupun tattoo alis sama-sama punya efek samping yang dapat terjadi karena beberapa faktor. Efek samping nya bisa berupa : 

  • Jika memilih melakukan tattoo alis secara permanen, maka harus siap untuk hidup dengan bentuk alis yang sama selama masa hidup dan jika ingin dihapus harus merogoh kocek yang lebih besar. 
  • Bisa terjadi reaksi alergi jika tinta yang digunakan tidak cocok dengan kulit dan bisa mengakibatkan iritasi.
  • Bila tidak hati-hati dalam memilih salon tempat sulam atau tattoo alis, bisa terancam tertular penyakit karena media pembuatan yang tidak steril seperti jarum suntik yang terkontaminasi.   



Hasil Akhir

Sulam hasil akhirnya lebih mirip serat rambut sehingga tampak lebih alami. Alis asli pun sebisa mungkin dipertahankan. Semakin banyak alis asli yang tidak dicukur, hasil sulam semakin bagus. Sedangkan tato hasil akhirnya mirip gambar sehingga seperti tempelan. Sebelum ditato, alis juga dicukur habis. Hasil akhir juga dipengaruhi dari jenis sulam alis apa yang dipilih, berikut ada beberapa jenis sulam alis : 

  • Teknik 2D : Sulam alis 2D hanya mengisi bagian-bagian rambut yang kosong sehingga membuatnya lebih penuh. Alis yang dihasilkan tampak seperti buatan dan seolah hanya memakai pensil alis saja. Maka dari itu, kini sulam alis 2D sudah sedikit peminatnya.
  • Teknik 3D : Sulam alis 3D dibuat seolah kamu memang memiliki rambut yang tebal pada bagian atas mata. Sela alis yang kosong diberikan efek bulu tebal tapi tidak tampak buatan. Ada pula 3D Full yang memberikan hasil lebih padat sehingga alis kelihatan tebal tapi tetap alami. 
  • Teknik 4D : Sulam alis 4D hampir sama dengan 3D namun hanya namanya saja yang berubah.  
  • Teknik 6D : Sulam alis 6D biasa disamakan dengan 3D full. 

Yang membedakan adalah tinggi dimensinya. semakin tinggi dimensinya,  akan semakin cantik dan alami terlihat pembuatannya. Tinta dari tiap teknik juga berbeda-beda disesuaikan dari tekniknya.   

Sulam alis juga dapat diretouch apabila warna sudah mulai memudar dan aman sehingga Sahabat Cantik tidak perlu khawatir.

Sudah tahu kan segala seluk beluk dari sulam alis? Mulai dari melihat trend sulam alis dan juga perbedaan dengan tattoo alis, serta melihat alat, prosedur dan  juga hasil yang diperoleh dari sulam alis ini. Berani untuk mencoba, Sahabat Cantik?


POST A COMMENT

0 Comments