Home / Healthy Lifestyle / Apa sih Varises itu?

Apa sih Varises itu?

Senin, 25/07/2016 | 13:02 WIB

Healthy Lifestyle

Share this article

Pernah nggak sih Sahabat Cantik pas lagi jalan, ada orang yang ngomong “eh, kok itu di lututnya banyak urat-urat gitu? itu kenapa?” Nah, kira-kira itu apa ya?

Apakah Sahabat Cantik tahu tentang varises? Dan Apakah Sahabat Cantik tahu bahwa varises adalah sebuah penyakit? Yuk simak artikel yang akan mengupas habis tentang varises dan penyebabnya!

Varises merupakan suatu penyakit yang terjadi pada bagian pembuluh darah vena yang mengalami kerusakan. Varises biasa menyerang tubuh bagian bawah, seperti : kaki, betis, dan paha. Tugas tubuh bagian bawah sangatlah berat karena tubuh bagian bawah digunakan untuk berjalan, berdiri bahkan memikul seluruh berat tubuh, hal ini menyebabkan peningkatan tekanan di pembuluh darah di bagian tubuh bagian bawah.

Selain menyebabkan rasa nyeri, penyakit varises sangat mengganggu penampilan Sahabat Cantik, loh! Selain itu juga, penyakit varises juga dapat menyebabkan kaki kram dan pembengkakan pada pergelangan kaki. ih serem yaa...

Berikut ada beberapa faktor penyebab varises nih Sahabat Cantik. Yuk disimak!

1. Kegemukan

Kegemukan atau obesitas merupakan suatu penyakit yang dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit - penyakit lainnya, seperti  varises. Obesitas dapat terjadi karena jarangnya olahraga dan pola hidup yang tidak sehat yang membawa kamu mempunyai penyakit varises. Varises berbentuk seperti urat yang keluar atau menonjol ke permukaan kulit kamu. Jadi, jika Sahabat Cantik tidak ingin mengalami varises berolahragalah secara teratur dan aturlah pola hidup sehat kamu ya!

2. Berdiri terlalu lama

Sahabat Cantik, berdiri terlalu lama ternyata dapat menyebabkan varises juga loh! Hal ini terjadi karena pembuluh darah mengumpul di tubuh bagian bawah sehingga menyebabkan pembuluh darah vena akan susah mengalir ke bagian jantung. Jika Sahabat Cantik berdiri terlalu lama, sebaiknya istirhatkan kaki kamu (duduk, jalan – jalan, luruskan kaki ) agar peredaran darah tetap lancar.

3. Hamil

Hamil juga bisa menjadi penyebab varises Sahabat Cantik loh!. Pada saat hamil akan terjadi peningkatan pembuluh darah dalam tubuh kamu, tetapi hal ini akan mengurangi aliran darah dari kaki ke panggul kamu. Sirkulasi ini sebenarnya menguntungkan untuk pertumbuhan janin tetapi akan menghasilkan efek samping yaitu munculnya varises.

4. Usia

Nah, usia juga menjadi salah satu faktor penyebab varises ternyata. Pada saat usia semakin tua maka akan bertambah banyak penyakit yang akan berdatangan dan varises menjadi salah satu penyakit yang bisa menyerang kamu di usia tua. Lebih baik kamu menjalani pola hidup yang sehat sejak dini untuk menghindari varises yang parah di masa tua nanti.

5. Sering memakai sepatu high heels

Memakai high heels yang terlalu tinggi dan terlalu sering dapat menjadikan gerak otot tumit menjadi tidak maksimal. Padahal, otot tumit memiliki fungsi untuk membantu kerja pembuluh darah. Tidak maksimalnya kerja pembuluh darah ini dapat menyebabkan varises loh Sahabat Cantik!


Penyakit varises bukan tidak bisa di sembuhkan, malahan menghilangkan varises tidak terlalu sulit kok. Berikut beberapa cara untuk menghilangkan varises:

  • Mengonsumsi makanan bergizi

Mengatur apa yang kamu makan dapat membuat varises kamu berkurang. Konsumsilah makanan yang mengandung serat, seperti: sayur – sayuran hijau, nasi merah, dan kacang - kacangan. Hal ini bertujuan untuk membantu menurunkan tekanan darah di daerah pembuluh darah kaki. Sahabat Cantik juga dapat mengonsumsi kacang kedelai (mengandung lesitin), air jahe, dan juga peppermint yang dapat memperlancar sirkulasi darah.

  • Mendapatkan vitamin C tambahan

Dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin C, bisa membantu kamu dalam menguatkan pembuluh darah dan juga mempertahankan terjadinya kerusakan pada membran vena. Kekurangan vitamin C menyebabkan pembuluh darah menjadi rapuh, sehingga kamu harus mengkonsumsi vitamin C dengan mengkonsumsi makanan kaya vitamin C, seperti : sayur brokoli, paprika atau kamu juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin C secara langsung.


  • Refleksi atau pijat

Dengan pijat refleksi di ujung saraf telapak kaki dapat membuat metabolisme di ujung – ujung saraf menjadi lancar, atau kamu dapat melakukan akupuntur di titik tertentu di bagian tubuh bawah kamu. Hal ini membantu kamu menghindari munculnya varises.


Nah, Sahabat Cantik kini sudah tahu kan tentang Varises, penyebab timbulnya varises  serta cara mengobatinya. Jangan lupa terus jaga pola hidup sehat kamu ya. Stay Healthy Sahabat Cantik!


POST A COMMENT

0 Comments