Home / Healthy Lifestyle / Sarapan Sehat dan Begizi Saat Diet

Sarapan Sehat dan Begizi Saat Diet

Selasa, 26/07/2016 | 15:08 WIB

Healthy Lifestyle

Share this article

Memiliki tubuh yang ideal merupakan salah satu faktor pendukung kecantikan itu sendiri. Siapa diantara kamu yang melakukan diet dengan cara melewatkan sarapan? Sarapan dengan menu sehat membantu kamu menunjang aktivitas sehari-hari dan bermanfaat sebagai tambahan energi untuk beraktivitas dan menyeimbangkan kadar gula darah agar kamu terhindar dari penyakit diabetes, stroke dan juga jantung.

Sarapan paling baik seharusnya dilakukan antara pukul 06.00–10.00 pagi. Kamu disarankan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna, mengandung serat dan protein tinggi, serta rendah lemak untuk menjaga postur tubuh ideal yang kamu miliki. Sarapan juga dapat membantu kamu dalam melakukan diet dan pembentukan menjadi tubuh ideal. Bagaimana caranya? Sarapan di pagi hari akan menekan nafsu makan, agar pada siang harinya, kamu tidak makan secara berlebihan yang akan merusak pola diet. Sarapan yang tidak memiliki kandungan gizi seimbang malah akan menyebabkan gangguan kesehatan dan memicu kenaikan berat badan kamu.


Menu sarapan yang baik tentunya harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral, yang memiliki peranannya masing-masing dalam membantu kerja tubuh kamu sehari-hari. Karbohidrat dan lemak boleh kamu konsumsi, kok, asal dengan takaran yang tepat. Berikut tips menu diet yang sehat dan bergizi saat menjalani pola diet:

1. Karbohidrat

Karbohidrat (CH2O) merupakan sumber energi utama bagi otak, lensa mata, dan sel saraf kita. Karbohidrat juga berperan penting terhadap metabolisme tubuh (proses pembakaran sumber makanan menjadi energi) dan membantu proses pencernaan. Karbohidrat yang cocok digunakan sebagai menu sarapan untuk diet kamu adalah karbohidrat berserat tinggi dan rendah lemak, seperti oats, nasi merah, roti gandum, dan sereal.


2. Protein

Protein merupakan zat yang berperan penting dalam pembentukan jaringan otot, kamu. Protein juga berfungsi sebagai zat pengatur hormon dalam organ pencernaan dan juga terlibat dalam sistem kekebalan sebagai antibodi kamu agar tidak mudah terserang penyakit dan mengandung asam amino, yang penting dalam proses metabolisme tubuh. Dengan terpenuhinya protein saat sarapan secara rutin mampu membantu menurunkan berat badan kamu. 

Disarankan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein (+ 35 gr) saat sarapan. Sumber protein yang bisa kamu konsumsi saat sarapan pada fase diet misalnya susu skimmed, putih telur, low fat yoghurt, daging ikan (tuna atau salmon), dada ayam tanpa kulit atau daging sapi.


3. Lemak

Lemak merupakan nutrisi makro dalam makanan, yang terdiri dari lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak jenuh harus dihindari karena dapat meningkatkan low-density lipoprotein (LDL) yang dikategorikan sebagai kolesterol jahat dalam tubuh. 

Namun kamu tidak perlu khawatir, selain lemak jenuh, ada juga lemak tak jenuh yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bagi tubuh, lemak tak jenuh (monounsaturated fats) berfungsi sebagai cadangan energi ketika tubuh kamu sudah kehabisan sumber energi utamanya. Selain itu, lemak tak jenuh juga membantu proses metabolisme tubuh dan mencegah timbulnya penyakit, serta mengurangi kadar lemak jenuh yang menyebabkan kegemukan. Contoh lemak tak jenuh yang dapat kamu konsumsi saat diet seperti minyak zaitun, minyak canola, kacang almond, hazelnut, alpukat atau minyak ikan (omega 3 dan 6).


4. Serat

Mengkonsumsi makanan berserat tinggi merupakan salah satu cara terbaik dalam menurunkan berat badan, karena membantu usus kamu mengolah sisa makanan dan juga memperlancar proses metabolisme (membantu penyerapan energi dari makanan dalam usus). Jika proses metabolisme dalam tubuh berjalan lancar, maka gizi kita sudah terpenuhi dan kamu tidak akan mudah merasa lapar. Makanan berserat tinggi yang bisa kamu konsumsi untuk sarapan misalnya seledri, brokoli, buah pir, apel, jambu biji merah atau berbagai jenis sayur-sayuran dan kacang.

Sarapan yang sehat dan bergizi sangat penting bagi kamu untuk memulai hari yang padat. Pola makan yang baik dan olahraga rutin dapat membantu kamu menjaga tubuh dan kulit tetap sehat, serta terhindar dari berbagai penyakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Semoga tips dari akucantik.id ini dapat bermanfaat bagi kamu, ya. Selamat memulai hari dengan yang menu sarapan sehat dan bergizi, Sahabat Cantik!


POST A COMMENT

0 Comments