Home / / 20 Fakta Menarik Tentang Rambutmu

20 Fakta Menarik Tentang Rambutmu

Rabu, 27/07/2016 | 09:51 WIB

Share this article

Rambut pasti merupakan salah satu bagian dari tubuh kamu yang menarik perhatian publik bukan? Rambut dapat berbentuk pendek, panjang, lurus, bergelombang, dan masih banyak lagi. Kali ini Akucantik.id akan membahas mengenai fakta-fakta menarik mengenai rambut mu nih. 

Disimak ya!

1. Warna rambut hitam merupakan rambut yang memiliki populasi terbanyak di bumi. Rambut blonde adalah rambut yang memiliki populasi kedua terbanyak setelah rambut hitam. Yang menarik, rambut merah merupakan populasi terlangka; hanya 1 persen di bumi yang memiliki rambut merah. 

2. Rambut dapat tumbuh di bagian tubuh manapun kecuali di telapak dalam tangan, telapak bawah kaki, dan bibir.


3. Rambut itu lebih elastis dari yang kamu pikirkan loh, Sahabat Cantik! Jika diperhatikan, rambut kamu dapat lebih panjang dari panjang aslinya 30 persen dalam keadaan basah. Sedangkan dalam keadaan kering, rambut tidak akan memanjang meski ditarik.


4. Apakah kamu pernah melihat rambutmu rontok ketika kamu keramas? Hal tersebut sebenarnya normal. Perharinya, rambut dapat membuang 40 hingga 100 helai.  


5. Tahukah kamu kapan pertama kalinya mewarnai rambut menjadi populer? Pada tahun 1950 lah tren mewarnai rambut mulai meledak, namun baru sekitar 7 persen dari populasi wanita yang mewarnai rambutnya pada saat itu, hingga pada tahun 2015 populasi wanita yang mewarnai rambutnya bertambah hingga 75 persen.


6. Untuk mendapatkan hasil makeup terbaik dan merasa cantik ternyata membutuhkan waktu yang cukup panjang loh Sahabat Cantik! Rata-rata wanita membutuhkan waktu 1 jam 53 menit tiap minggunya untuk menyuci, mengeringkan dan menata rambut. Sehingga pada umur 65, wanita telah memakai 7 bulan diantaranya untuk menata dan mempercantik rambutnya.


7. Memotong rambut, tidak mempengaruhi cepat lambatnya pertumbuhan rambut loh Sahabat Cantik! Memotong rambut membantu kamu terhindar dari ujung rambut yang bercabang. Batang rambut yang bercabang  dapat membuat batang rambut kamu semakin lama semakin tipis dan  terlihat tidak tumbuh.


8. Internet Journal of Toxicology melaporkan bahwa salah satu produk dari perusahaan kecap di China, memasarkan produk yang menggunakan bioteknologi terbaru dengan harga lebih murah. Hal itu tentu saja membuat produknya menjadi populer. Tapi sebuah investigasi media menemukan bahwa perusahaan tersebut tidak menggunakan asam amino yang berasal dari kedelai ataupun gandum, melainkan asam amino yang berasal dari rambut manusia, yang dikumpulkan dari salon dan tempat cukur rambut.

9. Rambut hampir sepenuhnya terbentuk dari keratin; yaitu senyawa yang ditemukan di kuku kamu loh Sahabat Cantik.

10. Rata-rata pertumbuhan rambut yaitu 0.3-0.5 mm per hari, dan hingga 1.25 cm perbulannya.

11. Lapisan terluar dari rambut disebut cuticle atau kutikula. Bentuknya terlihat seperti lapisan tipis yang saling menimpa. Bagian kutikula ini melindungi bagian dalam rambut. Lapisan ini telihat halus dan tidak berlapis-lapis apabila keadaan rambut sehat. Sebaliknya lapisan kutikula akan terlihat bersisik dan terbuka lapisan kutikulanya apabila rambut kering atau bermasalah.


12. Setiap helai rambut manusia mengandung 14 elemen yang berbeda, termasuk emas. Philippe Walter dan rekan sesama peneliti dari Pierre dan Marie Curie University di Paris bahkan pernah menemukan nanopartikel emas dalam rambut manusia. 

13. Rambut yang rontok dapat berguna untuk hal yang menarik loh Sahabat Cantik! Pada tahun 2007, di teluk San Francisco, rambut rontok dikumpulkan, dan digunakan sebagai spons alami untuk menyerap minyak dari air diteluk tersebut. 

14. Pada era Victoria, rambut digunakan sebagai perhiasaan loh! Masyarakat disana menggunakan kalung dan pada bagian dari jam tangan, terbuat dari rambut orang-orang kesayangannya yang telah tiada, sebagai bentuk penghargaan dan rasa hormat mereka dengan cara yang stylish.


15. Sebuah helai rambut sesungguhnya lebih kuat dari pada kabel berbahan tembaga pada diameter yang sama.


16. Apabila para Sahabat Cantik penasaran berapa banyak rambut yang tumbuh di kulit kepala kamu, rata-rata rambut dapat mencapai 100.000 hingga 150.000 helai. wow! pasti lebih banyak dari pada yang kamu bayangkan bukan? Jadi tidak perlu khawatir apabila kamu kehilangan 40 hingga 100 helai rambut perharinya.

17. Hanya dari melihat rambut kamu dapat mengetahui banyak hal loh Sahabat Cantik. Peneliti forensik biasanya melihat rambut untuk mempelajari arus aliran darah seseorang dan dapat mengetahui apa obat, minuman, vitamin dan mineral yang dikonsumsi menghasilkan efek tertentu pada rambut. Rambut kamu berisi tentang berbagai macam hal  yang terjadi pada diri kamu sendiri termasuk mineral atau obat-obatan yang pernah dikonsumsi termasuk golongan darah. Sehingga menjadikan rambut sebagai bukti forensik yang paling umum.

18. Mungkin ada banyak mitos dan cerita mengenai pria berasal dari mars dan wanita berasal dari venus, namun yang pasti, tiada perbedaan diantara wanita dan pria dalam hal pertumbuhan rambut dan struktur rambut.

19. Berdasarkan statistik kultur: 90 persen orang Jepang mencuci rambutnya sehari dua kali, 80 persen orang Amerika mencuci rambutnya sehari dua kali. Sedangkan di Eropa hanya 25 persen populasi yang mencuci rambutnya tiap hari. 

20. Ketika rambut rontok dari akarnya, biasanya rambut di lokasi yang sama dapat tumbuh kembali hingga 20 kali seumur hidup kamu. 


Wah, ternyata banyak juga ya fakta-fakta mengenai rambut. Semoga bermanfaat ya, Sahabat Cantik!


POST A COMMENT

0 Comments