Home / / Cara Mudah Membuat Masker Rambut di Rumah

Cara Mudah Membuat Masker Rambut di Rumah

Rabu, 27/07/2016 | 11:46 WIB

Share this article

Sahabat cantik, banyak yang mengatakan rambut adalah mahkota untuk wanita. Walaupun rambut memang memiliki keindahan, namun tetap punya permasalahan tersendiri yang tidak dapat dihindari, seperti salah satu contohnya adalah rambut kering. 

Rambut kering dapat disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin tidak disadari, seperti : 

  • Terkena paparan sinar matahari secara berlebihan dan tanpa terlindung. Sinar matahari yang berlebihan diterima oleh rambut akan membuat kulit kepala mudah terbakar dan mengakibatkan mudah rontok serta keringnya rambut. 
  • Banyak terpapar polusi udara. Rambut yang sering terpapar polusi udara, selain bisa menjadi kering, akan lebih cepat rusak dan mempercepat kerontokan rambut di usia dini. 
  • Sering cat rambut. Cat rambut merupakan salah satu trend yang tidak lekang oleh waktu dan juga selalu punya paduan warna yang berbeda tiap waktu, namun tahukah sahabat cantik bahwa cat rambut yang terlalu sering dilakukan bisa mengakibatkan rambut kering karena kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya, selain itu juga bisa menjadi pemicu kanker jika tidak diperhatikan kandungan kimia didalamnya. 
  • Shampoo yang tidak tepat. Shampoo punya kegunaan untuk membersihkan rambut serta bisa melembutkan rambut. Namun, pemilihan sampo yang salah dapat mengakibatkan rambut menjadi kering dan juga rontok. 

Rambut kering dapat dilihat dengan ciri sebagai berikut : 

1. Terlihat kusam

2. Bercabang


3. Mudah rontok


4. Mudah patah 


Nah, tadi merupakan beberapa penyebab yang dapat membuat rambut menjadi kering. Namun, jangan takut Sahabat Cantik! Akucantik.id hendak membagi solusi untuk mengatasi masalah rambut kering ini yaitu menggunakan masker rambut. Tenang saja, masker rambut ini  dapat dibuat sendiri di rumah dan juga bisa langsung di aplikasikan.  

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat masker rambut :

1. Pilih terlebih dahulu bahan apa yang akan digunakan untuk dijadikan bahan masker rambut, dalam kasus rambut kering ada beberapa opsi yang bisa digunakan untuk membuat masker rambut seperti alpukat, pisang, olive oil dan madu. 

2. Siapkan bahan yang kamu pilih dengan ukuran ½ gelas dan campur dengan ¼ gelas madu kedalam wadah. Madu ideal untuk memulihkan rambut bercabang serta kering. Kemudian aduk kedua bahan hingga bercampur.


3. Campur dengan bahan lain yang mengandung vitamin E kedalam wadah, bisa berupa kapsul gel yang banyak di pasaran. kocok ketiga komponen tadi sehingga tidak lagi lengket.

4. Saatnya mengaplikasikan masker rambut tadi, pengaplikasian masker rambut dapat menggunakan kuas untuk melukis. Dan diusahakan agar pengaplikasian dilakukan dari ujung rambut terlebih dahulu karena ujung rambut merupakan bagian rambut yang paling terlihat kerusakannya dan juga yang paling kering. Namun jangan lupa untuk mengaplikasikan masker rambut keseluruh bagian rambut secara merata.



5. Seusai mengaplikasikan masker rambut, rambut harus dilindungi atau ditutup dengan penutup kepala atau shower cap, hal ini dianjurkan selama 90 menit terutama jika memiliki rambut panjang. Hal ini ditujukan untuk membiarkan kandungan olive oil dan madu meresap secara merata ke rambut.


Nah Sahabat Cantik, tadi merupakan cara mudah untuk merawat rambut kering yang dapat dilakukan di rumah dengan bahan yang mudah diperoleh. Tetap rawat rambutmu ya! Selamat mencoba, Sahabat Cantik!  


POST A COMMENT

0 Comments