Home / / Matcha, Sehat di Tubuh Cantik di Wajah

Matcha, Sehat di Tubuh Cantik di Wajah

Rabu, 27/07/2016 | 16:40 WIB

Share this article

Halo Sahabat Cantik, kali ini akucantik.id kembali hadir membagikan rahasia khasiat dari Matcha green tea. Sebelumnya Sahabat Cantik perlu mengetahui perbedaan antara teh hijau biasa dan matcha. Teh hijau merupakan hasil seduhan daun teh dengan air panas, sehingga daun teh masih tertinggal. Sedangkan matcha merupakan daun teh yang telah dihaluskan menjadi bubuk, Seperti yang kita ketahui, matcha merupakan kebudayaan yang berasal dari negeri sakura dan diaplikasikan untuk berbagai macam hal, mulai dari minuman, makanan, produk kesehatan hingga kecantikan. Meski begitu, sebenarnya kita bisa mendapatkan matcha di Indonesia loh.

Sekarang akucantik.id akan membagikan khasiat matcha. Bukan hanya sehat bagi tubuh, matcha juga berkhasiat untuk kecantikan kulit. Pertama-tama kita membahas sebenarnya apa saja sih kandungan didalamnya hingga menjadi bermanfaat bagi kecantikan?

1. L-Theanine (asam amino) Membantu relaksasi dan mencegah stress.

2. Klorofil mengandung antioksidan, zat yang dapat mencegah penuaan.

Setelah tahu apa yang terkandung didalamnya, yuk kita bahas bersama apa sih manfaat dari matcha untuk kecantikan?

6 Manfaat Matcha untuk Kecantikan


1. Mengurangi Kantung Mata

Caffeine yang terkandung didalamnya dapat mengencangkan kulit bagian bawah mata. Caranya dengan mencampurkan bubuk teh hijau dengan air, lalu bekukan di cetakan es. Kemudian usapkan perlahan pada bagian bawah mata atau kompres dengan tea bag yang telah diseduh dan didinginkan. Kandungan klorofil dan L-Theanine pada matcha beserta efek dinginnya es batu memberi efek relaksasi serta mengencangkan kulit.

2. Facial Scrub

Berfungsi mengangkat sel kulit mati dan seluruh kotoran yang menyumbat pori-pori. Untuk mengaplikasikannya, campur 1 sendok teh bubuk matcha, dengan madu secukupnya. Oleskan secara merata pada wajah sambil dipijat perlahan ke arah luar. Kemudian diamkan 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bersihkan dan bilas menggunakan air hangat.  

3. Menyegarkan Wajah

Matcha mengandung anti-inflammatory, untuk menenangkan kulit yang sensitif. Aplikasikan dengan menyiapkan 5 sendok teh bubuk matcha dengan 1 sendok teh daun mint dan tuang kedalam air yang sedang mendidih. Aduk hingga rata dan tidak ada bubuk  yang mengendap dan daun mint sudah meresap. Diamkan hingga dingin. Lalu masukan ke botol spray dan semprotkan ke wajah. Semprot toner ini 2 sampai 3 kali sehari untuk hasil terbaik.

4. Membakar Kalori

Matcha mengandung EGCG (Epigallocatechin Gallate), yaitu zat yang dapat mengurangi berat badan. Ditemukan 3 kali lebih banyak pada matcha dibandingkan seduhan teh hijau. Selain itu, matcha membantu proses metabolisme tubuh. Cukup rutin mengkonsumsi dengan diseduh sederhana seperti teh umumnya. Studi jurnal klinik nutrisi di Amerika membuktikan matcha membantu membakar kalori hingga 4 kali lipat dan dapat meningkatkan thermogenesis , yaitu kemampuan badan untuk membakar kalori, dari normalnya 8% -10% aktivitas normal, hingga sekitar 35% - 43% Dalam studi tersebut pula, partisipan yang diberikan minuman matcha dapat meningkatkan pembakaran kalori sebesar 17% ketika bersepeda selama 30 menit, persentase ini dibandingkan dengan pertisipan yang tidak mengkonsumsinya sebelum bersepeda.

5. Sebagai Bahan Alami Detox

Kandungan klorofil pada matcha membantu menghilangkan logam berat dan kandungan kimia yang tertinggal dalam tubuh. Caranya dengan meminum secara rutin. Pada pagi hari, seduh dan tambahkan irisan lemon dan jahe untuk meningkatkan stamina tubuh. Pada siang hari lakukan hal yang sama namun dalam jumlah yang lebih banyak. Untuk malam hari juga demikian namun cukup 1 gelas saja. Jalani hal berikut selama 7,14,28 hari tergantung kebutuhan. 

6. Sebagai Tabir Surya Alami

Lindungi kulit dari sinar UV dan cegah radikal bebas yang akan menyerang sel-sel kulit sehingga kulit tidak mudah terbakar sekaligus terhindar dari masalah penuaan dini. Beberapa studi membuktikan matcha memiliki kemampuan menetralkan bagian yang rusak karena sinar UV. Karena kandungan EGCG yang terdapat di dalamnya secara tidak langsung membuat kulit lebih kebal dari masuk nya radikal bebas (Sumber studi : Journal of Dermatological Science 2005). Caranya diamkan bubuk matcha di lemari es kemudian taburkan pada bagian kulit yang terkena sinar UV. 

Bagaimana Sahabat Cantik, apakah kamu tertarik untuk menjadikan matcha sebagai salah satu produk yang direkomendasikan untuk menjaga kecantikan dan memberi dampak yang positif bagi tubuh? Selamat mencoba, Sahabat Cantik!


POST A COMMENT

0 Comments