Home / Skin Treatment / Wajah Kering

Wajah Kering

Kamis, 28/07/2016 | 12:57 WIB

Skin Treatment

Share this article

Hai Sahabat Cantik, tahukah kamu kalau kulit kering pada wajah biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki gaya hidup yang kurang sehat,  seperti banyak minum alkohol, sering terpapar sinar matahari, sering makan makanan yang berlemak, dan malas membersihkan make up. Hal ini bisa terjadi karena adanya faktor genetik, iklim atau cuaca, usia dan banyak penyebab lainnya. Nah, sahabat cantik itulah faktor-faktor yang membuat  produksi minyak pada wajah menjadi tidak maksimal dan mengakibatkan kulit wajah kering. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit wajah yang kering, antara lain:

1. Mengkonsumsi buah dan sayur

Dengan meningkatkan konsumsi buah dan sayur, Sahabat Cantik tidak hanya menjadikan kulit wajah lebih lembab dan bercahaya, tetapi juga akan menjadikan tubuh sehat dan lebih fit. Karena buah dan sayur mempunyai kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.


2. Mengkonsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari akan membantu Sahabat Cantik mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu juga akan membantu kulit tubuh Sahabat Cantik terhindar dari dehidrasi, sehingga kulit tubuh dan wajah Sahabat Cantik akan terus terjaga kelembapannya. 


3. Mengurangi mandi dengan air hangat

Siapa yang suka mandi air hangat? Ternyata, kebiasaan mandi menggunakan air yang terlalu hangat dapat  menjadikan kulit Sahabat Cantik kehilangan kelembapannya. Jadi, lebih baik kamu menghindari mandi menggunakan air hangat terlalu sering, walaupun terasa nyaman di tubuh, uap pada air hangat terbukti kurang baik dalam menjaga kelembaban kulit tubuh. Air hangat membuat cairan dipermukaan kulit menjadi cepat menguap karena pada kondisi hangat pori-pori kulit kita membesar, sehingga lebih rentan kulit menjadi kering setelah mandi air hangat.


4. Jangan menggosok muka terlalu kasar

Menggosok muka sebenarnya boleh-boleh saja, asal jangan sampai berlebihan. Hindari gerakan tangan yang terlalu kasar dalam membersihkan muka, karena akan meningkatkan resiko iritasi pada wajah. Lebih baik Sahabat Cantik mengeringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk dengan handuk bersih secara lembut dan pelan. Selain itu jangan gosok muka teralu kasar apalagi saat kamu mencuci muka. Cara yang benar saat mencuci muka dengan oleskan facial foam ke wajah dengan gerakan memutar ke arah atas lalu ke bagian tengah wajah dan ke arah luar secara merata. Bilas wajah dengan air dingin. Tak perlu digosok kuat, tapi yang penting lakukan secara merata.


5. Menggunakan sabun khusus wajah

Ketika Sahabat Cantik mencuci wajah, baiknya gunakan sabun yang diperuntukkan khusus untuk wajah, karena sabun mandi yang biasa kita gunakan ternyata memiliki pH yang sangat basa dan dapat mengakibatkan kulit wajah kamu menjadi kusam. Sebaiknya sahabat cantik lebih cermat lagi memilih pH yang terdapat dalam sabun wajah ya. pH yang baik untuk wajah sahabat cantik adalah pH 4,0-5,5. Dengan pH 4,0-5,5 merupakan Kondisi dimana keasaman pada tingkat ini dianggap paling sesuai untuk menghambat pertumbuhan kuman.

Nah, itu adalah beberapa cara mudah mencegah kulit wajah menjadi kering. Jangan lupa jaga kelembapan wajah dan kulit kamu selalu ya, Sahabat Cantik! Semoga bermanfaat.


POST A COMMENT

0 Comments