Home / Skin Care / Seberapa Penting Sih Luluran dan scrubbing Buat Badan Kamu?

Seberapa Penting Sih Luluran dan scrubbing Buat Badan Kamu?

Jumat, 29/07/2016 | 10:32 WIB

Skin Care

Share this article

Tahukah Sahabat Cantik apabila kulit secara alami akan regenerasi selama 14 sampai 21 hari? Namun, seiring dengan bertambahnya usia, ditambah dengan gaya hidup yang tidak bersahabat bagi kulit sehat, seperti: terus-menerus berada di ruangan ber-AC, mengkonsumsi alkohol, dan sering begadang, membuat regenerasi sel kulit tidak optimal. Bila ini terus dibiarkan, kulit akan terlihat kusam karena penumpukan sel kulit mati. 

Disini akucantik.id akan membagi informasi mengenai 2 metode yang bisa kamu lakukan untuk mengangkat sel kulit mati yaitu luluran dan scrubbing. Disimak yuk!


Luluran


Merupakan istilah yang mempunyai arti membalurkan suatu bahan tertentu dengan tujuan kecantikan pada kulit tubuh. Bahan-bahan yang digunakan sebagai lulur biasanya terdiri dari rempah-rempah, seperti kunyit dan temugiring. Ada juga lulur yang terbuat dari jenis bahan dengan karbohidrat tinggi,  seperti cokelat dan beras.



Lulur sendiri memiliki beraneka ragam manfaat. Semua itu tergantung dari bahan dasar yang dimiliki lulur tersebut, dan fungsi utama dari luluran adalah mengencangkan dan mencerahkan kulit, hingga membuat kamu merasa nyaman dan tenang.

Nah, bahas yuk manfaat yang bisa kamu dapatkan dari luluran :


1.Mengencangkan Kulit

Lulur memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit. Kandungan pilihan seperti kolagen alami dalam beras, susu domba atau bengkoang sebagai bahan-bahan lulur dapat meningkatkan elastisitas dan melindungi kulit dari pengaruh buruk radiasi. Kebanyakan wanita yang rutin melakukan perawatan luluran akan tampak lebih segar dan awet muda. 


2.Mencerahkan Kulit Tubuh

Manfaat dari lulur salah satunya adalah mengangkat kulit mati yang dapat menyebabkan kulit terlihat kusam. Kulit baru yang sehat secara alami akan menggantikan kulit mati yang diangkat. Rutin luluran hingga 2 kali dalam seminggu akan memaksimalkan pengangkatan kulit mati kamu.


3.Menghilangkan Bau Badan

Bau badan ternyata dapat dihilangkan loh. Cukup rutin membalurkan lulur di sekitar area ketiak dan payudara, juga area paha dan selangkangan. Hal tersebut dapat membantumu mengurangi produksi keringat dan menghilangkan aroma tidak sedap pada tubuh.  


4.Merilekskan Otot yang Kaku

Dengan luluran, kamu melakukan pemijatan pada kulit, sehingga secara tidak langsung maka kulit mati kamu akan ikut terangkat. Selain itu, pijatan juga merelaksasi tubuh kamu yang tegang dan kaku.


5.Menenangkan Tubuh

Aroma rempah yang tercium dari lulur dapat memberi efek menenangkan dan merelaksasi seluruh tubuh kamu. 


Scrubbing

Dibanding lulur, scrubbing memiliki butiran yang lebih kasar, dan fungsinya lebih mengangkat kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori, sehingga menjadikan kulit lebih halus karena digantikan dengan kulit yang lebih sehat.

Sebaiknya pilih scrub yang sesuai kebutuhan kamu, contohnya:

Pepaya memiliki kandungan antioksidan, betakaroten dan enzim papain untuk melembabkan kulit, teh hijau, daun pisang dan kulit apel yang mengandung EGCG  berfungsi untuk menyegarkan kulit lelah, sebagai antioksidan dan mencegah kanker, Wortel mengandung beta-karoten dan vitamin A untuk membuat kulit segar, dan lain sebagainya.

Sebaiknya saat melakukan scrubbing, pastikan tidak ada luka pada kulit, karena butiran kasarnya mengakibatkan luka terbuka, bahkan dapat menimbulkan infeksi pada area luka.

Perlu kamu ketahui, dalam melakukan lulur ataupun scrubbing disarankan tidak terlalu sering, ada baiknya dua kali dalam seminggu saja. Tujuannya untuk merangsang pertumbuhan sel kulit kamu. Tapi ternyata jika dilakukan terlalu sering dapat mengakibatkan kulit menjadi tipis sehingga lebih mudah mengalami iritasi loh.

Yuk, rutin scrubbing ataupun lulur setiap minggunya sehingga kulit kamu yang sudah mati digantikan dengan kulit baru yang lebih sehat dan indah bercahaya. Semoga bermanfaat ya, Sahabat Cantik!


POST A COMMENT

0 Comments