Home / Skin Treatment / Tubuh Cantik Tanpa Selulit

Tubuh Cantik Tanpa Selulit

Jumat, 29/07/2016 | 14:46 WIB

Skin Treatment

Share this article

Halo Sahabat Cantik, kali ini akucantik.id akan memberikan cara-cara mudah untuk menghilangkan selulit pada permukaan kulit kamu. Pernah nggak kamu membayangkan kulit kamu bergelombang dan kasar seperti kulit jeruk? Kondisi ini disebut dengan selulit, yang bisa bikin Sahabat Cantik merasa tidak percaya diri ketika menggunakan baju yang sedikit terbuka.

Banyak faktor yang menyebabkan munculnya selulit pada wanita, salah satunya karena para wanita cenderung menyimpan lemak pada bagian tubuh. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan munculnya selulit pada kulit:

1. Kelebihan Berat Badan

Overweight atau obesitas dapat menyebabkan rusaknya jaringan permukaan kulit karena kulit dipaksa untuk melebar dan menyesuaikan perubahan ukuran tubuh secara cepat. Pada saat kulit memelar akibat kegemukan, akan muncul selulit sebagai respon dari perubahan ukuran kulit kamu, Sahabat Cantik.

2. Stress

Sahabat Cantik, kondisi stress tidak hanya menyebabkan naiknya berat badan, tapi juga dapat menghambat proses detoksifikasi, yaitu proses menetralkan racun dari kulit. Jika Sahabat Cantik dalam kondisi stress, proses detoksifikasi ini akan terhambat dan menghambat pembuangan toksin serta lemak jahat oleh organ-organ tubuh seperti hati, ginjal, paru-paru, limpatik, dan kulit.  

Jika proses detoksifikasi terhambat kondisi tubuhmu juga akan menurun, stres juga membuat otot menjadi tertekan dan tegang sehingga sirkulasi udara pun tersendat, dan hormone kortisol pun meningkat. Kortisol memerintahkan tubuh untuk menyimpan lemak, yang akhirnya menjadi selulit pada kulit.


3. Kurang olahraga

Sahabat Cantik pasti memiliki kesibukan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun jangan lupa menyempatkan diri untuk berolahraga secara rutin, ya, karena olahraga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kamu, sehingga kulit akan menjadi lebih kencang dan terhindar dari selulit.

4. Merokok dan pola makan tidak sehat 

Gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan berbagai dampak negatif pada tubuh, termasuk kulit kamu. Sahabat Cantik perlu memilih makanan yang berserat tinggi dan mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh kulit, seperti Vitamin A, C dan E serta mineral. Hindari nikotin pada rokok yang dapat menyebabkan kulit Sahabat Cantik menjadi tidak sehat dan rentan akan berbagai penyakit kulit, termasuk masalah penurunan elastisitas kulit, seperti selulit.


Nah, Sahabat Cantik tidak perlu stress karena selulit, karena kamu dapat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan dan pastinya bermanfaat! Berikut beberapa bahan alami yang bisa kamu manfaatkan dan tips cara menggunakannya untuk menghilangkan selulit:

1. Tomat

Bagi Sahabat Cantik yang senang memasak mungkin tidak sulit menemukan tomat di dapur. Tomat mengandung banyak Vitamin C dan berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit dan mencerahkan kulit. Pori-pori kulit yang mengecil dapat menyehatkan kembali kondisi kulit rusak (selulit) dan menjadikannya lebih kencang. Cara menggunakannya, potong tomat menjadi dua bagian, kemudian oleskan secara merata dengan sedikit pijatan di area berselulit. Lakukan secara rutin sebelum mandi ya, Sahabat Cantik. 


2. Cuka Apel 

Sahabat Cantik dapat menemukan cuka apel di pasar atau minimarket terdekat. Cuka apel mengandung asam amino yang berfungsi untuk membantu struktur kulit yang normal, meregenerasi jaringan kulit (pergantian sel kulit) serta melindungi kulit terhadap sinar Ultraviolet. Kulit yang rusak dan tidak elastis pada kulit selulit akan diregenerasi kembali oleh asam amino pada cuka apel. Bagaimana cara menggunakannya? Caranya cukup mudah, kok, oleskan saja cuka apel pada daerah  berselulit saat malam hari sebelum tidur dan bersihkan saat pagi hari ketika mandi.


3. Ampas Kopi

Siapa yang tidak mengenal kopi? Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Kopi dapat dijadikan scrub yang  dapat menghaluskan dan melembutkan kulit, mengecilkan pori-pori kulit, serta menghilangkan dan menyamarkan noda bekas luka (termasuk bekas selulit). Caranya, oleskan ampas kopi hitam murni (tanpa campuran gula) pada kulit berselulit, lalu diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih.


4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau Olive Oil memiliki banyak fungsi selain dapat menjadi makeup remover, ternyata minyak zaitun dapat menghilangkan selulit pada kulit secara alami. Minyak zaitun memiliki banyak kandungan vitamin seperti Vitamin E dan C. Vitamin-vitamin tersebut memiliki berbagai manfaat seperti dapat mengatasi kulit pecah-pecah (termasuk selulit), mengangkat sel kulit mati, menjaga kelembaban kulit, serta mengembalikan elastisitas kulit. Cara menggunakannya, oleskan minyak zaitun pada daerah berselulit dan pijat dengan lembut secara rutin.


5. Wortel

Wortel merupakan buah yang kaya akan Vitamin A, kandungannya dapat mengencangkan dan menyehatkan kulit, mencegah penuaan dan menyamarkan noda pada kulit (termasuk selulit). Sahabat Cantik dapat menghaluskan wortel lalu mencampurkannya dengan sedikit madu, kemudian dioleskan pada daerah berselulit dan diamkan selama setengah jam. Lakukan secara rutin dan kamu akan merasakan hasilnya, Sahabat Cantik!


6. Lidah Buaya

Tanaman tropis ini selain dapat dikonsumsi sebagai minuman sejak ribuan tahun silam digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral serta vitamin. Kandungan Vitamin C, E dan Flavo

noid dan Beta Karoten pada lidah buaya dapat membantu mengembalikan kulit berselulit seperti semula. Kandungan lidah buaya memiliki manfaat seperti membantu menyembuhkan lapisan epitel (sel-sel yang menutupi tubuh) termasuk kulit selulit dan mengembalikan kelembaban kulit. Caranya sangat mudah, cukup oleskan saja getah lidah buaya pada kulit yang memiliki selulit secara rutin setiap harinya.

Sangat penting untuk merawat kulit dan mencegahnya dari berbagai gangguan kulit yang bisa terjadi. Bahan alami cenderung lebih aman untuk digunakan. Semoga Sahabat Cantik mendapatkan manfaat dari informasi ini dan dapat kembali memiliki kulit yang cantik dan sehat. Have a nice day!


POST A COMMENT

0 Comments