Home / Face Treatment / Cleansing Oil untuk Berbagai Jenis Kulitmu

Cleansing Oil untuk Berbagai Jenis Kulitmu

Jumat, 29/07/2016 | 15:22 WIB

Face Treatment

Share this article

Hai, Sahabat Cantik! Kali ini Akucantik.id mau membahas tentang Cleansing Oil, nih. Tapi, Sahabat Cantik harus tahu dulu bedanya Cleansing Oil dengan facial foam atau face washer lainnya. 

Sahabat Cantik, facial foam atau face wash yang seringkali dipakai bisa membuat kulit kamu menjadi lebih kering loh. Berbeda dengan cleansing oil yang memiliki tekstur lebih berminyak, sehingga setelah kamu mencuci wajah, kulit kamu tetap terjaga kelembaban nya. Walaupun lebih dikhususkan untuk kulit kering karena dapat melembabkan kulit, bisa nggak ya Sahabat Cantik yang memiliki kulit berminyak, sensitif atau normal juga menggunakannya? Cari tahu yuk!

1. Jenis Kulit Berminyak

Sahabat Cantik yang memiliki jenis kulit berminyak tidak bisa membersihkan wajah dengan menggunakan air saja. Sebab air memiliki perbedaan sifat dengan minyak pada wajah, jadi tentunya kurang maksimal dalam mengangkat minyak pada wajah kamu. Pembersih wajah dengan kandungan minyak memiliki teori like dissolve like, yang artinya minyak dalam kandungan pembersih wajah dapat melarutkan minyak dan lemak berlebih pada wajah. Jadi aman, untuk kamu gunakan, Sahabat Cantik! 


2. Jenis Kulit Kering

Sahabat Cantik, untuk jenis kulit kamu yang kering, kamu perlu menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak, karena kandungan minyaknya akan membantu melembabkan dan menutrisi kulit kamu yang kering, seperti mineral dan botanical oil (minyak alami), PEG-12 laurate dan Isopropyl palmitate yang merupakan emulsifier dan solvent di dalam cleansing oil, dimana zat minyak/make up di wajah dapat larut dan hasilnya make up terangkat.

Sahabat Cantik juga harus berhati-hati ya, dengan bahan tambahan yang biasa digunakan dalam cleansing oil, seperti minyak kastor. Jika digunakan dalam jumlah yang berlebih, sifat minyak kastor ini mampu mengikat dan menyerap kandungan air di wajah kamu dan akhirnya malah membuat kulit kamu semakin kering. Ada juga kandugan triclosan (bahan antibakteri) yang dapat membuat kulit kamu semakin kering dan menjadi teriritasi.


3. Jenis Kulit Normal

Jenis kulit normal merupakan jenis kulit yang paling cocok menggunakan cleansing oil, Sahabat Cantik, karena kandungan minyaknya akan menutrisi dan menjaga elastisitas kulit kamu. Kamu juga disarankan untuk menggunakan minyak pembersih wajah yang berformula ringan (light) dan mudah dibilas, seperti cleansing milk dan  make up remover yang berbahan dasar minyak.


4. Jenis Kulit Sensitif

Untuk jenis kulit sensitif memang cenderung repot dalam memilih jenis pembersih wajah. Tapi Sahabat Cantik tidak perlu khawatir, kamu cukup mencermati sifat dan kandungan minyak dalam pembersih wajah yang akan kamu beli saja, seperti alkohol misalnya. Kandungan alkohol pada pembersih wajah yang ditujukan untuk kulit kamu yang sensitif, akan membuat kulit wajah kamu menjadi kemerahan, bahkan bisa sampai teriritasi.

Mulai sekarang, Sahabat Cantik harus bisa menentukan jenis pembersih wajah dan kandungan yang sesuai buat kulit wajah kamu, ya! In conclusion, cleansing oil boleh kok digunakan untuk jenis kulit apa saja, termasuk kamu yang memiliki kulit sensitif, asal disertai konsultasi dengan dokter, ya, Sahabat Cantik!


POST A COMMENT

0 Comments