Home / Face Treatment / Membuat Toner Alami untuk Wajah yang Lebih Sehat

Membuat Toner Alami untuk Wajah yang Lebih Sehat

Senin, 1/08/2016 | 10:20 WIB

Face Treatment

Share this article

AKUCANTIK.ID- Hai Sahabat Cantik, kamu pasti pernah kan merasa kelelahan setelah menghadiri pesta ataupun acara-acara yang mengharuskan kita menggunakan make-up yang mengakibatkan kita jadi malas untuk membersihkan sisa make-up yang masih melekat? Namun hal sederhana tersebut bisa saja mengganggu kenyamanan kamu dengan munculnya jerawat akibat permukaan kulit wajah yang tidak dibersihkan. 

Perawatan wajah praktis, tapi tetap terjamin baik bagi kulit wajah bisa kamu jalankan dengan merawat wajah menggunakan toner, dengan cara teteskan cairan pembersih wajah (toner) pada kapas lalu langsung diusapkan pada bagian wajah yang hendak dibersihkan.

Selain simple dan mudah digunakan, apa saja sih manfaat menggunakan toner? Yuk cari tahu!


1. Membantu melembabkan wajah

Kelembaban wajah merupakan salah satu indikator dari kualitas kondisi kesehatan. Apabila kelembapan kulit wajah terjaga, maka kulit kamu menjadi lebih sehat dan tentunya Sahabat Cantik akan menjadi lebih percaya diri.

2. Mengoptimalkan proses pembersihan pada wajah

Sahabat Cantik juga bisa menggunakan toner wajah setelah melakukan pembersihan wajah. Tujuannya adalah untuk mengangkat sisa make up dan kotoran (residu) yang masih tersisa setelah kamu mencuci wajah kamu dengan air. 


3. Mencegah kulit wajah menjadi kering dan kasar

Dengan menggunakan toner, wajah Sahabat Cantik akan juga akan terlindungi dari resiko kulit wajah kering dan kasar. Dengan begitu, kondisi kulit wajah menjadi halus dan sangat cerah.

4. Menstabilkan pH kulit wajah

Kadar pH pada wajah dapat berubah-ubah karena beberapa hal, seperti kondisi air yang digunakan untuk membersihkan wajah atau kandungan asam yang ada pada pembersih wajah yang kamu gunakan. Toner berfungsi untuk menstabilkan pH kulit wajah Sahabat Cantik.

5. Mengecilkan pori–pori wajah

Pori-pori kulit yang terlalu besar menyebabkan kuman dan juga bakteri mudah masuk ke dalam kulit wajah, serta menyebabkan munculnya jerawat dan komedo, dan gangguan kulit lainnya. Kandungan witch hazel pada toner mampu memperkecil pori-pori kulit wajah kamu dan mencegah munculnya jerawat, loh, Sahabat Cantik.                                                                                                           

6. Mengangkat mineral pada air saat mencuci wajah

Mineral yang terkandung pada air ketika kamu melakukan pencucian pada wajah belum optimal menyerap dan mengangkat minyak sisa make up dan kotoran pada wajah, sehingga mencuci wajah dengan air saja tidak cukup. Dengan menggunakan toner wajah, maka proses pembersihan wajah akan menjadi lebih optimal, karena toner mampu mengangkat mineral pada air yang digunakan untuk mencuci wajah, sehingga kulit wajah kamu menjadi bersih maksimal.

7. Membantu membersihkan wajah dari komedo

Toner wajah memang bukan merupakan salah satu bahan yang dapat menghilangkan jerawat atau komedo. Namun, toner wajah mampu mengoptimalkan proses pembersihan wajah, sehingga dapat mengangkat minyak sisa make up dan kotoran penyebab komedo dan jerawat.

Nah, Sahabat Cantik, untuk mendapatkan toner alami, kamu bisa meracik sendiri toner dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur. Cara pembuatannya pun tergolong mudah dan murah. Yuk, kita intip ulasannya!

Seperti yang sudah akucantik.id bahas sebelumnya, salah satu jenis toner yaitu astringent, yang berguna untuk mengecilkan pori- pori, menyelesaikan masalah jerawat, komedo, dan meratakan warna kulit. Saat ini terdapat astringent yang alami dan hasil produksi pabrik. Astringent alami bekerja dengan hati-hati, tanpa efek samping, dan sifatnya ringan. Astringent alami dapat dibuat sendiri, Sahabat Cantik!

i. Lemon

Air lemon memiliki kemampuan untuk membersihkan pori-pori, mengobati jerawat, memberi antioksidan untuk produksi kolagen, dan sebagai astringent alami.

Cara pembuatannya yaitu dengan menyiapkan buah lemon segar. Potong menjadi 2 bagian lalu peras untuk mendapatkan sarinya. Sari lemon inilah yang berfungsi sebagai toner alami untuk membersihkan jejak kotoran menempel. Gunakan bantuan kapas wajah yang lembut agar sisa kotoran tersapu sempurna. Toner alami lemon mempunyai efek astrigent yang akan membuat pori-pori berkontraksi sehingga kulit terasa kencang kembali. 

ii. Air mawar

Air mawar sangat lembut bagi kulit untuk membersihkan pori, dan meratakan warna kulit. Selain dapat menjaga kesegaran dan kelembapan alami kulit, kandungan vitamin A dan vitamin E dalam air mawar dapat mencerahkan wajah.

Cara pembuatan, siapkan 1 gelas air dan 1/2 gelas kelopak mawar. Kemudian rebus kelopak mawar hingga air tersisa kira-kira 1/2 gelas. Setelah dingin, Sahabat Cantik bisa memasukkannya dalam botol spray. Toner ini lebih baik jika disimpan di lemari es sebelum dan setelah digunakan. Sahabat Cantik bisa memakai toner air mawar ini setiap pagi dan malam hari.


iii. Teh hijau

 Tidak hanya untuk diminum, namun air teh hijau juga baik sekali untuk mencuci wajah. Ia bertindak seperti astringent namun sangat alami dan penuh antioksidan yang mencegah keriput.

Cara membuat toner ini juga sangat mudah. Sahabat Cantik cukup merendam/menyeduh 1-2 kantong teh hijau dalam air mendidih dan biarkan sampai dingin. Kemudian dapat menyimpannya dalam botol spray yang kosong dan digunakan sebagai toner. Untuk hasil yang optimal, kamu bisa menggunakan toner dalam keadaan dingin dan disimpan di dalam lemari es.

iv. Ketimun

Ini adalah bahan astringent yang berfungsi mendinginkan kulit, mengecilkan pori- pori wajah, dan menenangkan kulit yang stres. Gosokkan pada kulit wajah dalam keadaan dingin untuk hasil terbaik.

Cara yang pertama, parut mentimun hingga halus. Setelah itu, tambahkan sedikit air dan usapkan pada wajah hingga merata. Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Cara kedua, siapkan mentimun berukuran sedang kemudian iris dan rebus menggunakan 1 gelas air sampai mendidih. Air rebusan yang tersisa dimasukkan dalam botol spray kecil. Simpan toner dalam lemari es dan gunakan setiap menjelang tidur.

v. Cuka sari apel

Kemampuannya dalam menyembuhkan infeksi kulit ringan, bisa jadi obat jerawat sekaligus juga astringent.

Caranya, campurkan cuka dengan air lalu usapkan pada wajah hingga merata dengan menggunakan kapas. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat. Lakukan secara berkala jika Sahabat Cantik ingin memiliki kulit yang cerah dan bersinar. Cuka sendiri akan membantu mengembalikan pH kulit wajah, meratakan warna kulit wajah, dan membuat kulit wajah lebih mulus.

Nah, Sahabat Cantik, itu adalah tips dan trik untuk mendapatkan perawatan wajah yang murah dan aman untuk kulit cantik kamu! Selamat mencoba!


POST A COMMENT

0 Comments