Home / Healthy Lifestyle / 11 Cara Merawat Keindahan Kuku

11 Cara Merawat Keindahan Kuku

Selasa, 2/08/2016 | 10:46 WIB

Healthy Lifestyle

Share this article

Sebagian besar dari kita sering kali menyepelakan perawatan kuku, padahal  kesehatan dan kebersihan kuku memiliki peran yang penting juga bagi kesehatan. Kondisi kuku yang kotor akan menyebabkan cepatnya pertumbuhan kuman dan bakteri.

Tahukah Sahabat Cantik, untuk mendapat kuku cantik dan sehat bukanlah hal yang sulit. Cukup dengan merawat secara berkala dan memperhatikan kebersihan serta kerapian kuku. 

akucantik.id akan memberikan tips untuk merawat keindahan kuku nih! Disimak yuk! 

1. Rutin memotong kuku

Mungkin kamu menginginkan kuku yang panjang agar dapat dihias. Namun, walaupun demikian bukan berarti kuku kamu dibiarkan memanjang begitu saja ya Sahabat Cantik! Kamu tetap harus memotong kuku untuk merapikan bagian yang tumbuh tidak rapi.


2. Jangan menggunting kuku terlalu pendek

Terkadang, sebagian orang berpikir bahwa lebih baik memotong kuku sependek mungkin agar tidak perlu sering-sering dipotong. Nah, ternyata kalau memotong kuku terlalu pendek bisa menyebabkan cantengan dan juga infeksi akibat posisi kutikula yang terbuka loh! 


3. Jangan memotong kutikula kuku

Sahabat Cantik apakah sering kali menyepelekan fungsi kutikula pada kuku sehingga kita selalu memotong kutikula saat memotong kuku? Padahal, kutikula memiliki peran yang penting sebagai pelindung dari masuknya bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.


4. Mengkikir kuku dengan cara yang tepat 

Mengkikir bukanlah hal yang sulit, namun justru karena itu banyak diantara kita yang sering kali salah dalam melakukannya. Cara mengkikir kuku yang baik ialah dilakukan dengan satu arah.


5. Tinggalkan kebiasaan menggigit kuku 

Menggigit kuku sudah seperti kegiatan rutin bagi sebagian orang. Namun, tahukah Sahabat Cantik, bahwa menggigit kuku bukan hanya merusak bentuk kuku, juga dapat menyebabkan infeksi, karena di sekitar kuku menjadi sarang tumbuhnya kuman.


6. Kurangi pemakaian kutek

Pemakaian kutek memang tidak dilarang. Namun, perlu Sahabat Cantik ketahui bahwa seringnya menggunakan kuteks juga tidak baik bagi kesehatan, karena adanya kandungan toluena yang dapat merusak sistem saraf, iritasi mata, pusing, juga mudah lupa.


7. Lindungilah kuku 

Sangat disarankan bagi bagi Sahabat Cantik yang sedang menjaga kecantikan kuku agar selalu memakai pelindung tangan saat sedang terpapar detergent atau sabun yang keras ketika mencuci piring maupun mencuci baju, karena sabun dapat membuat kuku menjadi lemah dan mudah patah. 


8. Gunakanlah perawatan alami kuku 

Salah satu hal penting dalam merawat kuku yaitu dengan menutrisi kuku itu sendiri, disarankan untuk menggunakan bahan alami seperti belimbing waluh untuk membersihkan, bawang putih untuk menguatkan kuku, juga lidah buaya untuk menampilkan kuku lebih bening.


9. Kurangi kebiasaan merendam kuku dengan air hangat

Merendam kuku dengan air hangat memang sangat nyaman bagi kita, namun hal yang perlu Sahabat Cantik ketahui bahwa terlalu sering merendam kuku dengan air hangat dapat merusak lapisan kuku itu sendiri, kuku menjadi rentan rusak dan robek karena terlalu lembab.


10. Kurangi pemakaian pembersih kuku (acetone )

Aseton memang pembersih kutek yang paling ampuh. Namun, tahukah Sahabat Cantik, bahwa penggunaan aseton yang relatif sering digunakan dapat berbahaya bagi kesehatan kamu loh, karena akan menimbulkan rasa pusing dan mual saat menghirup acetone itu sendiri, juga dapat mengakibatkan iritasi ringan pada kulit


11. Kurangi perawatan kuku di salon

Perawatan kuku di salon sering kali menjadi kegiatan yang paling banyak disenangi kaum hawa, karena menyenangkan juga simple, cukup datang ke salon lalu menyebutkan perawatan apa yang diinginkan. Namun, tidak dianjurkan terlalu sering karena  jika melakukan perawatan di salon, maka kuku kita akan banyak terkena paparan bahan kimia selama proses perawatan. 

Nah, demikianlah kesebelas cara mudah dan sederhana untuk mendapat kuku cantik juga sehat terawat. Sekarang kamu sudah tahu kan cara merawat kukumu? Selamat mencoba, Sahabat Cantik!


POST A COMMENT

0 Comments