Home / Healthy Lifestyle / Mitos dan Fakta Mengenai Selulit

Mitos dan Fakta Mengenai Selulit

Kamis, 4/08/2016 | 14:17 WIB

Healthy Lifestyle

Share this article

Adakah di antara Sahabat Cantik yang memiliki selulit pada kulitnya? Sebenarnya apa sih selulit? Banyak mitos mengenainya. Tapi disini akucantik.id akan membagi apa-apa saja informasi yang termasuk dalam fakta dan mitos. Disimak yuk!


1. “Selulit merupakan lemak yang berlebihan”.

Selulit bukan terbentuk dari lemak yang berlebih saja, melainkan yang terperangkap di lapisan kulit. Tidak peduli berat maupun tinggi badan kamu, ada satu lapisan di antara kulit dengan otot, dengan berbagai faktor yang melemahkan kolagen dapat membuat kulit kendur dan menjadikan lemak lolos ke permukaan kulit. Dan ini yang disebut sebagai selulit. Hal ini adalah sebuah fakta.

2. “Selulit hanya terjadi pada orang yang kurang beruntung”

Seringkali wanita menganggap dirinya kurang beruntung sehingga memiliki selulit. Padahal merupakan mitos, karena keberadaan selulit bisa dipengaruhi beberapa faktor, seperti : gen, diet, kurang olahraga dan paparan sinar matahari. Namun, menurut dokter Lucas, seperti dikutip dari huffington post, 80-98% wanita punya kemungkinan untuk memiliki selulit pada usia berapapun.

3. “Turun berat badan dapat menghilangkan selulit”

Turun berat badan sering dipercaya dapat membuat selulit menghilang dari kulit. Namun itu hanyalah mitos. Jika tidak dibantu dengan olahraga, makan makanan sehat, serta menghindari dehidrasi, maka turun berat badan justru memperparah selulit. Sehingga banyak ahli lebih setuju dengan penurunan berat badan melalui olahraga seperti aerobic dan latihan berat untuk mengurangi lemak di lapisan kulit.

4. “Ada krim yang dapat menghilangkan selulit”

Sahabat Cantik ini hanyalah mitos. Karena tidak pernah ada riset resmi yang membuktikan ada krim yang dapat menghilangkan selulit hingga 100% meski di claim menggunakan bahan-bahan alami terpercaya sekalipun.

5. “Selulit hanya terjadi pada wanita”

Desas desus ini 100% mitos, akan tetapi pada pria masih tergolong jarang. Karena lapisan kulit wanita lebih tipis sehingga lebih sulit menahan lemak. Hal ini juga dikarenakan hormon yang dimiliki pria, yaitu testoteron, membantu membakar lemak lebih efisien, sedangkan hormon estrogen berlebih pada wanita menjadikan tubuh mudah gemuk. Riset ini dikutip dari Dr.Frank.  

6. “Hanya orang tua yang dapat terkena selulit”

Faktanya, selulit dapat dialami oleh hampir semua usia dan tidak hanya orang tua, sehingga dapat disebut mitos. Tapi kondisi tersebut benar semakin memburuk di usia tua, karena colagen dalam tubuh semakin berkurang dan melemah sehingga kulit semakin kendur dan menjadikannya muncul di permukaan.


Nah, sudah tahu kan apa saja yang termasuk fakta dan mitos mengenai selulit? Jangan mudah percaya mitos-mitos yang ada ya, Sahabat Cantik.


POST A COMMENT

0 Comments