Home / Face Treatment / Jerawat Di Wajah? Ini Penyebabnya

Jerawat Di Wajah? Ini Penyebabnya

Jumat, 12/08/2016 | 11:32 WIB

Face Treatment

Share this article

Hai Sahabat Cantik! Sahabat Cantik pasti tahu kan apa itu jerawat? Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat sendiri merupakan penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Banyak hal yang dapat membuat pori-pori kulit tersumbat. Gejala-gejala seperti kulit berminyak dan munculnya bintik-bintik merupakan tanda bahwa wajah mudah timbul jerawat. Sebenarnya kamu hanya perlu lebih menjaga kebesihan wajah agar tidak mudah timbul jerawat. Namun selain gejala tersebut, kamu juga harus tahu bahwa ada penyebab lain yang dapat menimbulkan jerawat. Yuk simak baik-baik penyebab timbulnya jerawat di wajah. 

1. Hyperkeratinization

Menurut penelitian, kista jerawat lebih banyak terjadi pada pria. Mendengar hal ini Sahabat Cantik dapat lebih tenang ya. Kista jerawat tersebut biasanya bekembang pada saat remaja atau pada masa pubertas. Penyebab timbulnya kista jerawat adalah hormon androgen yang merupakan salah satu pemicu munculnya kista jerawat. Selain itu produksi sebum secara berlebihan juga dapat memicu tumbuhnya kista jerawat. Hal ini juga dapat disebut dengan kelenjar minyak yang terlalu aktif. Dan adanya propionibacteria yang merupakan bakteri penyebab jerawat. Bila bakteri ini dibiarkan dan terus tumbuh maka bisa menjadi kista jerawat.


2. Faktor hormon

Hormon merupakan salah satu penyebab terbesar munculnya jerawat pada wajah. Apalagi pada saat usia remaja, pada usia 10 hingga 15 tahun merupakan fase dimana jerawat mudah muncul. Namun, jerawat akan menghilang ketika seseorang mencapai umur 25 tahun. 


3. Bakteri (Propionibacterium Acnes)

Bakteri biasanya ada pada kulit dan biasanya terus berkembang biak dalam kelenjar minyak yang mengalami penyumbatan sehingga menimbulkan iritasi di daerah sekitarnya. Ketika proses pembengkakan, kelenjar tersebut dapat pecah dan mengakibatkan peradangan kulit dan biasanya timbul jerawat yang disebut jerawat batu.


4. Sel-sel kulit mati

Semakin banyaknya produksi hormon androgen dapat mengakibatkan kelebihan kelenjar minyak. Akhirnya jerawat mulai muncul karena bakteri bercampur dengan sel-sel kulit mati.


5. Produksi minyak berlebih

Jerawat terjadi karena kondisi kulit abnormal yang diakibatkan gangguan dari kelebihan produksi kelenjar minyak (Sebaceus Gland) sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan pada saluran folikel pori-pori dan rambut di kulit. Sehingga dapat memicu jerawat dapat timbul di wajah.


6. Alergi makanan dan minuman

Sahabat Cantik juga harus memperhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Makanan yang dapat memicu terjadinya jerawat adalah makanan yang memiliki jumlah Vitaman A yang tinggi, Vitamin E yang rendah serta lemak dan karbohidrat yang berlebihan juga dapat menajdi penyebab timbulnya jerawat.


7. Kurang menjaga kebersihan rambut

Kurang menjaga kebersihan rambut seperti jarang keramas misalnya, ketika kulit kepala memproduksi minyak secara berlebih maka minyak tersebut akan mengalir ke wajah atau bisa juga mengalir melalui rambut. Sehingga ketika minyak tersebut bercampur dengan debu, kotoran atau bakteri yang akhirnya dapat mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori wajah dan munculah jerawat.


8. Menyentuh wajah dengan tangan

Menyentuh wajah dengan tangan merupakan hal yang simple kan. Namun Sahabat cantik harus tahu bahwa menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dapat membuat bakteri dan kuman pada tangan berpindah ke wajah. Hal tersebut membuat bakteri dan kuman memicu terjadinya infeksi pada kulit wajah. Sehingga dapat memicu timbulnya jerawat di wajah.


9. Merokok

Ternyata rokok merupakan salah satu faktor timbulnya jerawat. Merokok diketahui dapat menyempitkan pembuluh darah dan merusak permukaan sel-sel di kulit yang merupakan pertahanan baris pertama dari perlindungan kulit. Hal tersebut dapat memicu penyumbatan dari pori-pori kulit sehingga dapat menyebabkan jerawat.

Bagaimana Sahabat Cantik? Sudah tahu kan penyebab wajah bisa berjerawat. Semoga informasi diatas dapat membantu untuk meminimalisir timbulnya jerawat di wajah ya. Agar wajah tetap bersih dan cantik mempesona tanpa adanya jerawat yang timbul.


POST A COMMENT

0 Comments