Home / Face Treatment / Tips Agar Terhindar dari Penuaan Dini

Tips Agar Terhindar dari Penuaan Dini

Jumat, 12/08/2016 | 15:27 WIB

Face Treatment

Share this article

Halo Sahabat Cantik, kamu pasti tidak mau kan mengalami penuaan dini? Semua orang pasti ingin terlihat awet muda. Jangankan penuaan dini, sekarang banyak sekali orang yang melakukan beragam cara supaya terlihat 20-30 lebih muda meskipun usianya sudah menginjak usia senja. Pada dasarnya, penuaan dini sering terjadi pada seseorang yang memiliki jenis kulit yang kering lho. Kulit kering memiliki kadar sebum yang kurang padahal sebum ini berguna untuk melindungi kulit dari polusi.

Penuaan dini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu yang pertama sinar matahari. Sinar UV dari matahari memang sangat berbahaya bagi kulit, sinar matahari menyebabkan penurunan elastisitas kulit dan jaringan kolagen rusak. Yang kedua yaitu radikal bebas, radikal bebas ini merupakan efek dari adanya polusi lingkungan, perubahan cuaca yang ekstrem juga bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen kamu lho. Faktor yang ketiga adalah kelembaban udara yang tidak stabil. Jika kulit kamu kering dan tidak lembab akan mempercepat mengalami penuaan dini. Nah akucantik.id akan memberikan beberapa tips agar Sahabat Cantik terhindar dari penuaan dini.


1. Selalu Menggunakan Sunblock

Ternyata sekitar 80% penyebab penuaan dini pada kulit adalah karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Sinar matahari terutama sinar UV dapat langsung menyebabkan kerusakan serat kolagen dan serat-serat elastis pada kulit lainnya. Waktu yang paling berbahaya untuk dihindari adalah ketika sinar UV berada pada titik kulminasinya yaitu antara jam 10 pagi - 3 sore. Jadi gunakan sunscreen atau sunblock ketika kamu ingin berpergian keluar rumah ya. Karena suncreen atau sunblock bisa menjadi pelindung utama dari sinar UV lho. Disarankan untuk menggunakan sublock berkali-kali karena sunblock akan mudah hilang akibat gesekan atau keringat. 


2. Makan Buah-buahan dan Sayuran

Sahabat Cantik, ternyata mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dapat terhindar dari penuaan dini. Di dalam buah dan sayuran mengandung banyak vitamin seperti A, C , dan E yang berguna bagi kulit serta di dalam buah dan sayur juga mengandung Antioksidan yang berguna untuk mengurangi radikal bebas. Jadi konsumsilah buah dan sayuran yang mengandung vitamin dan antioksidan bagi kulit minimal 2 kali dalam seminggu, seperti buah berry dan kacang-kacangan. Karena buah berry dan kacang-kacangan mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga bagus untuk mengurangi radikal bebas. 


3. Gunakan Pelembab

Penuaan dini juga disebabkan oleh kelembaban udara yang tidak stabil. Di daerah tropis memiliki kelembapan udara sekitar 90%, sehingga membutuhkan beberapa perawatan kulit seperti menggunakan lotion setelah mandi, menggunakan sabun dengan PH 5,5 dan melakukan perawatan kulit lainnya secara teratur namun tidak berlebihan. Penggunaan pelembap sangat disarankan karena pelembab dapat memberi kulit lapisan pelindung sehingga akan terhindar dari penuaan dini dan menjaga agar kulit kamu supaya tetap elastis dan tidak kendur. 

Gimana Sahabat Cantik? Tips-tipsnya mudahkan untuk dilakukan di rumah. Jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan kulit ya agar kulitmu tidak terlihat tua. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kelembaban udara tergantung dari kondisi ruangan dan sekitar. tropis rata2 kelembaban udara adalah 90%, jadi bukan karena iklim, tapi karena kurangnya perawatan kulit. misal: tidak menggunakan lotion setelah mandi, menggunakan sabun yg terlalu keras, scrubbing terlalu sering, dll.


POST A COMMENT

0 Comments