Home / Body Treatment / Sunblock Pelindung Kulit

Sunblock Pelindung Kulit

Senin, 15/08/2016 | 13:27 WIB

Body Treatment

Share this article

Sahabat Cantik pernah menggunakan sunblock kan? Kok bisa ya sunblock melindungi kulit kamu dari matahari? Nah, sekedar informasi, sunblock terbuat dari kandungan anorganik yang berfungsi sebagai dinding antara kulit dan paparan sinar matahari secara langsung, sehingga bermanfaat untuk melindungi kulit kamu dari sengatan sinar matahari. 

Sahabat Cantik pernah melihat tulisan SPF dan PA kan setiap membeli sunblock. Sahabat Cantik tahu tidak sih apa arti SPF dan PA? SPF (Sun Protection Factor) merupakan indikator dari berapa lama sunblock tersebut dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sedangkan PA (Protection Grade of UV-A) merupakan tingkat perlindungan terhadap UV-A. Jika Sahabat Cantik melihat tanda (+) setelah PA itu menandakan tingkat proteksi terhadap sinar UV-A. Semakin banyak tanda (+)nya, maka semakin tinggi tingkat proteksi yang dihasilkan dari sunblock tersebut.

Nah, Sahabat Cantik tahu tidak sih bahwa sunblock memiliki banyak bentuk? Penasaran kan apa saja variasi bentuk sunblock dan jenis kulit apa sih yang cocok untuk penggunaannya? Nah...

1. Lotion

Sunblock dalam bentuk lotion cocok untuk Sahabat Cantik yang memiliki kulit berminyak, karena kandungan air dalam lotion lebih tinggi, sehingga dapat mencegah minyak berlebih pada kulit kamu, yang akan menyebabkan pori-pori wajah tertutup minyak, dan dapat memicu munculnya jerawat. 


2. Krim

Buat Sahabat Cantik yang memiliki jenis kulit normal atau kering, kamu boleh menggunakan sunblock yang berbentuk krim. Sunblock berbentuk krim memiliki kandungan minyak yang berguna untuk melindungi wajah kamu dari paparan sinar matahari dan menjadikan kulit kamu terasa lebih lembab.


3. Gel

Sahabat Cantik yang memiliki kulit berminyak juga dapat  menggunakan sunblock dalam bentuk gel, karena sunblock berbentuk gel ini memiliki kandungan minyak yang lebih ringan dibandingkan dengan sunblock yang berbentuk lotion atau krim. Sunblock gel ini berbasis silikon, yang akan tetap menempel pada kulit kamu. Keunggulan memakai sunblock gel ini adalah sifatnya yang waterproof dan tidak mudah hilang karena gesekan. Selain itu, sunblock gel ini memiliki kandungan air yang lebih banyak, jadi tidak akan terasa berminyak pada kulit.


4. Spray

Untuk Sahabat Cantik yang memiliki kulit berminyak dapat menjadikan sunblock dengan jenis spray ini sebagai alternatif. Kandungan air yang tinggi pada sunblock berbentuk spray juga sangat cocok diaplikasikan pada jenis kulit yang berminyak. Cara pemakaiannya sangat praktis, kamu hanya perlu menyemprotkan sunblock ke bagian tubuh yang akan terpapar sinar matahari dan oleskan secara merata.


Nah, bukan hanya tingkat SPF dan PA pada sunblock yang penting, tapi cara penggunaannya juga, tujuannya agar perlindungan sunblock terhadap kulit dapat bereaksi secara maksimal. Berikut langkah-langkah penggunaannya:

  • Sebelum sunblock diaplikasikan di area wajah, Sahabat Cantik harus membersihkan kulit wajah terlebih dulu dengan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.
  • Oleskan sunblock pada daerah wajah terlebih dahulu, oleskan juga secara merata pada daerah kulit lainnya, seperti tangan dan kaki.
  • Tepuk-tepuk permukaan kulit dan biarkan sunblock mengering terlebih dahulu pada kulit sebagai lapisan pelindung, sekitar 10 menit sebelum kamu melakukan aktivitas diluar ruangan.

Penggunaan sunblock pada saat kondisi tubuh kamu sedang basah lebih baik dihindari, ya, Sahabat Cantik, karena manfaat sunblock tidak dapat bekerja maksimal pada permukaan kulit yang basah! Nah, Sahabat Cantik sekarang sudah mengetahui, kan, pentingnya penggunaan sunblock saat berada di luar ruangan? Ingat selalu pakai sunblock untuk menjaga tingkat kecerahan dan kesehatan kulit kamu, ya, Sahabat Cantik!


POST A COMMENT

0 Comments