Home / Face Treatment / Macam-macam bentuk Face Mask

Macam-macam bentuk Face Mask

Rabu, 24/08/2016 | 10:01 WIB

Face Treatment

Share this article

Face mask adalah salah satu jenis perawatan kulit wajah yang dilakukan secara berkala untuk merawat kecantikan kulit wajah. Ada beberapa jenis face mask yang menjadi pilihan perawatan bagi Sahabat Cantik, sesuai dengan kebutuhan kulit wajah. Pada dasarnya, semua jenis face mask memiliki bahan dasar utama yang digunakan untuk merawat kulit wajah seperti Butylene glycol, Caprylic/Capric Triglyceride, Cetyl Ethylhexandate, dan Glycerin sebagai pelembab serta Citrus Paradisi (Grapefruit) yang berfungsi menyegarkan kulit. Namun setiap masker akan memiliki bahan tambahan lainnya untuk menjalankan fungsinya masing-masing, misalnya masker untuk memutihkan kulit akan memiliki kandungan bahan yang dapat memutihkan kulit kamu seperti Magnesium Ascorbyl Phosphate. Selain itu face mask juga memiliki bentuk dan cara penggunaan yang berbeda. Berikut adalah macam-macam bentuk face mask beserta cara penggunaanya:


1. Masker Bubuk

Merupakan bentuk masker yang paling awal dan populer. Penggunaanya sedikit lebih rumit dibandingkan jenis masker lainnya yaitu dengan menuangkan bubuk masker ke dalam suatu wadah dan mencampurkannya dengan air mineral atau air mawar, kemudian diaduk dan baru dioleskan ke wajah. Setelah masker kering, masker bisa diangkat menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Selain itu sifat masker bubuk yang mengering dan membuat wajah terasa kencang serta "keras" membuat Sahabat Cantik dilarang keras untuk berbicara, tertawa, ataupun mengerut-ngerutkan wajah selama memakai masker jenis ini, karena maskernya bisa retak-retak dan bubuk masker akan terlepas dari wajah kamu.


2. Masker Krim

Masker berbentuk krim atau pasta biasanya dikemas dalam bentuk tube, namun ada juga yang berbentuk sachet. Pemakaiannya sangat praktis karena tinggal oles-oles, tunggu kering, basuh dengan air hangat.Sifatnya juga mengering sehingga dapat mengencangkan kulit wajah, namun jenis masker ini tidak akan lepas dari wajah saat kamu berbicara, tertawa ataupun mengerut-ngerutkan wajah.Masker berbentuk krim ini cocok untuk kulit kering karena dapat digunakan sebagai pelembap.


3. Masker Gel/Clay  (Peel-off)

Sebenarnya, masker berbentuk gel/clay lebih praktis dibandingkan dengan masker berbentuk krim atau pasta karena setelah dioleskan ke wajah dan mengering, masker tidak perlu dibasuh menggunakan air hangat, melainkan tinggal dikelupas saja. Masker wajah berbasis gel sangat cocok untuk kulit berminyak karena kandungan minyaknya lebih sedikit selain itu jenis masker ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan komedo.


4. Masker Topeng

Masker topeng bentuknya seperti topeng wajah. Masker terbuat dari kertas tisu yang tebal atau kain yang elastis, tapi ada juga yang dari bahan dasar plastik menyerupai gel padat. Di dalam kemasannya terdapat masker topeng yang terendam sebuah cairan nutrisi untuk kulit wajah. Pemakain masker ini cukup mudah, kamu harus dalam posisi tiduran terlentang agar cairan dari topeng benar-benar masuk ke pori-pori.Keunggulan dari masker topeng ini yaitu mampu menghidrasi kulit paling baik dibanding jenis masker lainnya Biasanya masker ini yang biasanya hadir dengan fitur yang paling komplit dibanding masker yg lain, tetapi tergantung merk dari masker topeng.

Nah, Sahabat Cantik sudah tahu kan macam-macam bentuk face mask dan cara penggunaanya. Semoga bermanfaat ya.


POST A COMMENT

0 Comments