Home / Face Treatment / Memilih Face Wash Sesuai Jenis Kulitmu

Memilih Face Wash Sesuai Jenis Kulitmu

Rabu, 24/08/2016 | 15:25 WIB

Face Treatment

Share this article

Mengenal jenis kulit sangatlah penting untuk membantu Sahabat Cantik memilih produk pembersih yang tepat dan perawatan kulit yang cocok untuk jenis kulit Sahabat Cantik. Bagian wajah memiliki kulit yang lebih tipis dan halus dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh lainnya. kamu memerlukan sabun khusus untuk membersihkan wajahmu dan tidak menggunakan sabun mandi biasa. Face wash adalah pembersih wajah yang terdiri dari dua jenis bahan dasar yaitu sabun dan surfaktan.

  • Sabun: face wash yang memiliki PH 5-6 (asam) dan biasanya berbahan dasar asam lemak (lauric acid, stearic acid, myristic acid) + penetral (NaOH, KOH). Face wash jenis sabun biasanya memiliki busa yang banyak namun di samping itu, dapat membuat kulit menjadi kering.

  • Surfaktan: face wash yang memiliki PH 7-9 (basa) dan bahan face wash surfaktan yang sering digunakan yaitu Cocamidopropyl betaine dan SLES. Face wash ini bisanya diperuntukan bagi kulit sensitif.

Ada berbagai jenis face wash atau sabun wajah yang beredar di pasaran. Tidak semua wanita teliti dan paham memilih jenis sabun wajah mana yang bagus untuk jenis kulitnya. Akucantik. ID akan memberikan tips memilih sabun wajah yang tepat untuk setiap jenis kulit, yuk di simak.

1. Kulit Normal

Kulit normal pada umumnya tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu berminyak. serta tidak terlalu sensitif. Kalau ini jenis kulitmu, kamu beruntung! Karena, pemilik kulit normal biasanya tidak punya banyak masalah dengan wajah. Tips memilih face wash bagi pemilik kulit wajah normal adalah cukup memilih face wash berjenis sabun yang tidak diformulasikan khusus untuk kulit kering atau berminyak. Pilihlah sabun yang mengandung Propylene Glycol atau Butylene glycol ataupun Glycerin dapat menjaga kelembapan kulit wajah kamu. Kandungan Tocopheryl Acetate pada sabun wajahmu sebagai anti aging dan antioksidan sehingga Sahabat Cantik berkulit wajah normal tidak perlu takut untuk beraktifitas di luar rumah karena bahan aktif ini biasanya ada di dalam beberapa jenis sabun wajah.


2. Kulit Sensitif

Kulit sensitif mudah terkena iritasi, menjadi gatal, merah, nyeri, dan kering. Jika ini jenis kulitmu, cari tahu dan hindari faktor yang memicu reaksi alergi kulitmu. Jauhi juga pembersih dan produk perawatan wajah yang keras seperti terkandung Acrylates copolymer, Beeswax, Menthyl Lactate, dan Oryza Sativa (rice) Seed Protein yang berfungsi sebagai anti iritas karena kulit wajah seperti ini membutuhkan face wah jenis surfaktan yang sifatnya lunak dan mengandung pelembab seperti Propylene Glycol atau Butylene glycol. Selain itu Sahabat Cantik berkulit wajah sensitif dapat memilih sabaun dengan kandungan Potassium Hydroxide untuk menjaga keseimbangan PH wajah.


3. Kulit Berminyak

Kulit berminyak biasanya memberikan efek mengkilap. Hal ini disebabkan produksi minyak berlebih, yang pada akhirnya bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo. Selain itu kulit yang terlalu berminyak akan membuat bakteri berkembang biak lebih cepat dan menyebabkan jerawat. Tips bagi Sahabat Cantik yang memiliki kulit berminyak cukup banyak. Disarankan untuk memilih face wash berjenis sabun yang mengandung Myristic Acid, bahan tersebut menyerap minyak berlebih dan kotoran yang ada di wajah kamu sehingga produksi minyak di wajah kamu dapat berkurang. Untuk menghindari kulit kering gunakan toner setelah mencuci wajah.

  • Kulit berjerawat

Untuk mengatasi kulit berjerawat pastikan bahwa sabun wajahmu mengandung Salicylic Acid untuk meregenerasi kulit, selain itu kandungan Cinnamomum Zeylanicum, Capryloyl Glycine dan Sarcosine juga harus ada dalam sabun wajah untuk jerawat sebagai anti acne juga sebum regulator. Jika wajah rawan berjerawat, Lauric Acid sebagai anti bakteri dapat membantu wajah terhindar dari bakteri penyebab jerawat. Kandungan Hamamelis Virginiana Water (Witch hazel) banyak terdapat dalam beberapa jenis sabun wajah, karena fungsinya sebagai anti aging, mengencangkan kulit, dan juga melawan bakteri peyebab jerawat. Hindarilah mengaplikasikan sabun wajah dengan scrub karena kulit berjerawat akan semakin terluka dan bakteri yang ada di jerawat malah akan menyebar.


  • Kulit berkomedo

Komedo sering muncul di daerah wajah bagian hidung, dibawah kantung mata atau di bagian bawah bibir. Berbeda dengan kulit berjerawar, sabun wajah yang cocok untuk komedo adalah sabun wajah yang mengandung scrub. Scrub akan menghilangkan komedo sekaligus mengelupas sel kulit mati. Selain itu, kandunga Pyrus Malus (apple) Juice dalam sabun wajah juga dapat membantu membersihkan komedo dan mengecilkan pori-pori.


4. Kulit Kering

Kulit kering tidak dapat mempertahankan minyak dan kelembapan dengan baik. Kulit jenis ini terasa kencang dan bahkan terasa kasar, gatal, dan bersisik. Jika ini jenis kulitmu, gunakan pembersih yang lembut dan hindari mencuci wajah secara berlebihan. Untuk jenis kulit seperti ini Sahabat Cantik disarankan untuk menggunakan produk face wash jenis surfaktan yang mengandung pelembab yang cukup tinggi. Pelembab yang terdapat di dalam sabun wajah untuk kulit kering bermacam-macam, seperti  minyak bunga matahari, cocoa butter, atau minyak zaitun sebagai pelembap alami. Namun saat ini, sulit mendapatkan sabunw ajah dengan sabun alami, jadi sebaiknya kamu mengecek kandungan dalam sabun wajahmu apakah ada kandungan perlembap seperti Propylene Glycol atau Glycerin dan Glyseryl Stearate yang berfungsi untuk mengahluskan kulit juga. Selain itu, kandungan Oryza Sativa (rice) Seed Protein dalam sabun wajah untuk kulit kering dapat berfungsi sebagai vitamin E dan antioksidan. Hindari penggunaan sabun scrub agar kulitmu tidak terhindari dari gesekan yang menyebabkan terkelupasnya kulit wajah.


5. Kulit Kombinasi

Jika kulit wajah terasa bersisik, kering, dan mudah iritasi di bagian tertentu, namun pada beberapa area kulit wajah yang lain terasa berminyak di berarti kamu memiliki kulit kombinasi. Kulit kombinasi biasanya kering atau normal di beberapa area, tapi cenderung berminyak di daerah T (dahi, hidung, dan dagu), selain itu kulit seperti ini bermasalah dengan pori-pori yang membesar dan komedo. Kombinasi kulit kering dan berminyak membutuhkan perawatan yang lebih sulit agar tetap terjaga kadar keseimbangannya. Kulit kombinasi perlu dibersihkan secara khusus dengan menggunakan produk yang berbeda-beda untuk setiap sisi kulit wajahnya, hal ini tentu sedikit menyulitkan Sahabat Cantik oleh karena itu teliti dalam memilih produk sabun wajah sangat di sarankan akucantik.ID agar dapat memilih produk sabun wajah yang benara-benara cocok untuk jenis kulit ini. Selalu pastikan sabun wajah yang mengandung pelembab, dan kandungan yang berfungsi untuk mengurangi minyak yang dapat menimbulkan jerawat serta komedo.


Dari penjelesan dan tips di atas apakah sudah cukup membantumu memilih sabun wajah yang cocok untuk jenis kulitmu? Jangan lupa untuk selalu teliti dalam memilih produk kecantikan ya, Sahabat Cantik!


POST A COMMENT

0 Comments