Home / Decorative / Memilih Bedak Sesuai dengan Kulitmu

Memilih Bedak Sesuai dengan Kulitmu

Selasa, 30/08/2016 | 13:14 WIB

Decorative

Share this article

Sahabat Cantik, apakah kamu suka menggunakan bedak sebagai make up sehari-hari? Jika iya, apakah kamu sudah tahu cara memilih bedak yang tepat sesuai jenis kulit wajah? Selain itu warna bedak apa sudah cocok dengan warna kulitmu? Kali ini akucantik.ID akan memberikan tips memilih bedak untuk jenis kulit wajah dan warna yang cocok untuk kulit.


Jenis Kulit Wajah dan Jenis Bedak

Pada umumnya bedak terdiri dari dua jenis bentuk yaitu bedak tabur (loose powder) dan bedak padat (compact powder), berbeda jenis kulit akan berbeda pula jenis bedak yang cocok untuk kulit wajah.


1. Kulit Normal

Jenis kulit normal memang selalu beruntung, jenis kulit ini dapat menggunakan semua jenis bentuk bedak.


2. Kulit Berminyak

Kulit berminyak sebaiknya menggunakan bedak tabur (loose powder) untuk menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah. Cara menggunakan bedak ini bisa dengan di tepuk–tepuk menggunakan spons lembut maupun menggunakan kuas. Hindari penggunaan bedak compact yang berbahan dasar minyak atau oil base karena justru membuat wajah menjadi tampak lebih berminyak. Jika Sahabat Cantik memperhatikan komposisi bedak pasti menemukan adanya bahan Talc bahan tersebutlah yang menyerap minyak di wajahmu. Jenis kulit berminyak biasanya memiliki masalah pori-pori yang membesar, melalui bedak yang mengandung Aluminum Hydroxide dapat membantu mengecilkan pori-pori.


3. Kulit Kering

Untuk jenis kulit kering, jenis bedak yang cocok digunakan adalah bedak padat (compact powder) karena biasanya bedak ini banyak mengandung minyak dan pelembab. Glycine Soja Oil adalah bahan aktif untuk melembabkan dan mengkondisikan kulitmu.Untuk membuat kulit wajahmu benar-benar terlihat lembab disarankan untuk menggunakan moisturizer sebelum mengaplikasikan bedak compact.


4. Kulit Kombinasi

Pemilihan bedak compact atau padatan bisa dipertimbangkan untuk jenis kulit kombinasi. Hanya saja pengaplikasian bedak sebaiknya disesuaikan dengan area wajah. Gunakan lapisan bedak yang tidak terlalu tebal pada area hidung dan kening, sedangkan pada area pipi dan dagu bisa sedikit tebal. Hal ini bertujuan agar pemakaian bedak terlihat lebih merata.


5. Kulit Sensitif

Jenis kulit sensitif harus berhati-hati dalam memilih bedak untuk wajahnya, perhatikan komposisi pada bedak agar Sahabat Cantik mengetahui apakah ada bahan yang tidak cocok untuk kulit wajahmu. Linoleic acid dan Bisabolol pada bedak dapat membantu kulit wajahmu tidak mudah teriritasi.


Warna Kulit dan Warna Bedak

1. Kulit putih

Sahabat Cantik yang berkulit putih, disarankan untuk untuk menggunakan warna yang mendekati warna kulit, bisa menggunakan warna natural white atau white cream. Hindari bedak warna lebih terang karena akan membuat kulit anda terlihat semakin pucat.


2. Kulit Kuning Langsat

Kulit kuning langsat kebanyakan dimiliki oleh wanita Asia, untuk kulit seperti ini pilihlah warna bedak denga warna natural beige, yellow beige, oriental yellow atau ivory.


3. Sawo Matang

Bagi wanita yang memiliki warna kulit sawo matang disarankan untuk memilih warna natural beige atau tropical beige. Jangan menggunakan bedak dengan warna yang lebih terang karena akan membuat kulit terlihat belang, atau seperti memakai topeng. 


4. Kulit Gelap

Bagi Sahabat Cantik yang memiliki kulit gelap, bukan berarti tidak memperhatikan penggunaan bedak. Karena bedak merupakan salah satu peralatan kosmetik yang sangat penting. Pilihlah bedak dengan warna tropical beige.


5. Kulit Kemerahan

Jika kamu memiliki kulit warna kemerahan, pilihlah bedak dengan tipe natural white, golden beige atau ivory yang senada dengan warna kulit wajahmu.



Bagaimana Sahabat Cantik? Sudah tahu kan bagaimana cara memilih bedak yang cocok untuk jenis kulitmu dan warna bedak seperti apa yang cocok di aplikasikan pada wajahmu? Semoga bermanfaat ya!

POST A COMMENT

0 Comments