Home / Hair Treatment / Tepat Atasi Rambut Rontok dengan Hair Tonic

Tepat Atasi Rambut Rontok dengan Hair Tonic

Kamis, 6/10/2016 | 13:51 WIB

Hair Treatment

Share this article

Keindahan rambut dipercaya sebagai salah satu faktor yang menentukan tingkat kecantikan wanita. Bete juga, kan, kalau rambut kamu rontok dan mengganggu keindahan rambut kamu? Selagi beraktivitas, pastinya polusi udara dan berbagai faktor lainnya juga memberi pengaruh terhadap kerusakan rambut dan menyebabkan kerontokan. Nah, ini adalah beberapa alasan rambut kamu rontok, Sahabat Cantik!

1. Gangguan Hormon dan Genetika

Rambut rontok bisa terjadi karena disebabkan oleh penyakit Alopesia Androgenetik, Alopesia Areata, dan Hormon Dihydrotestosterone (DHT). Kebotakan karena hormon dan penyakit tersebut merupakan salah satu penyakit keturunan yang disebabkan oleh peningkatan sensitivitas genetik dari folikel rambut (struktur kulit di mana rambut akan tumbuh) terhadap Hormon Dihydrostosterone (DHT). Penyakit Alopesia Areata dan Alopesia Androgenetik menjadi penyebab kerontokan terbanyak, dengan persentasi sebesar 70% pada pria dan 40% pada wanita.

2. Pengaruh Gizi dan Vitamin

Penyebab rambut rontok juga bisa terjadi karena pengaruh gizi dan vitamin pada kulit kepala. Kulit kepala merupakan tempat dimana rambut tumbuh dan akar rambut menempel, sehingga kesehatannya perlu dijaga dengan nutrisi yang cukup. Asupan gizi dan vitamin yang kurang menutrisi kulit kepala juga akan menyebabkan rambut kamu mudah rontok, karena helaian rambut menjadi tipis dan lebih rapuh. Makanya, keseimbangan nutrisi makanan dengan memperhatikan gizi dan vitamin ternyata sangat penting untuk mengatasi rambut rontok, loh, Sahabat Cantik.

3. Penggunaan Bahan Kimia

Pernah, kan, Sahabat Cantik kepikiran untuk mewarnai atau meluruskan rambut? Hati-hati ya, karena pewarna rambut mengandung zat kimia formaldehide yang digunakan pada proses pelurusan rambut atau rebonding, yang merupakan zat pemicu perkembangan berbagai jenis kanker. Selain berdampak pada resiko tumbuhnya kanker, formaldehide juga dapat menimbulkan reaksi alergi dan iritasi kulit. Tentunya hal ini berbahaya, karena formaldehide berbentuk gas cair yang dapat larut dalam air. Nah, kalau  terkena suhu tinggi, seperti hair dryer atau catokan rambut, formaldehide akan menguap dan mudah terserap oleh organ pernapasan. Bahaya, kan? Tetapi, Sahabat Cantik tidak perlu terlalu khawatir, karena tidak semua cat rambut berbahaya, asalkan digunakan sesuai petunjuk pemakaiannya, ya.

4. Rokok

Rokok mengandung zat adiktif yang dapat merusak organ yang ada di dalam tubuh, seperti paru-paru dan jantung. Merokok dapat menggangu folikel rambut (struktur kulit di mana rambut akan tumbuh), juga menggangu aliran darah dan hormon yang bersirkulasi ke kulit kepala kamu. Riset medis bahkan telah membuktikan bahwa terdapat sekitar empat ribu racun kimiawi yang ada di dalam tubuh kamu saat menghisap sebatang rokok. Mengingat efek buruk rokok terhadap kesehatan tubuh, lebih baik berhenti merokok, ya, Sahabat Cantik, karena tentunya memulai kembali kebiasaan yang baik akan memulihkan kesehatan fisik dan menghindarkan kamu dari penyakit.

5. Infeksi

Infeksi pada kulit kepala karena jamur (Tinea Cipitis) juga akan menyebabkan kerontokan pada rambut kamu, loh. Bukan hanya rambut rontok, jamur juga dapat menyebabkan kulit kepala kamu menjadi gatal dan memunculkan ketombe. Jika sudah terlanjur terinfeksi oleh jamur, solusi terbaik agar rontok tidak semakin parah adalah dengan menggunakan obat anti-jamur untuk mengatasi infeksi jamur, yang tentunya merugikan kesehatan rambut kamu.

6. Sinar Matahari Serta Polusi


Aktivitas di bawah sinar matahari dapat menyebabkan berkurangnya keratin pada rambut. Keratin merupakan protein yang berada di rambut, kuku dan gigi kamu. Jika keratin rambut terus berkurang, maka rambut Sahabat Cantik tidak akan berkilau, jadi mudah lepek dan lama kelamaan akan rontok. Selain itu, sinar UV pada rambut dapat menyebabkan perubahan pigmen warna pada rambut, dan menyebabkan rambut Sahabat Cantik yang rusak tersebut menjadi berwarna kemerahan dan bercabang.

7. Gangguan Emosional

Kerontokan rambut juga dapat terjadi saat kamu tertekan atau mengalami stress berlebih. Ketika kamu merasa stress, maka otot saraf yang ada di kepala juga ikut menegang. Pada saat akar saraf rambut lemah, maka rambut akan lebih mudah rontok. Ada 3 kondisi yang disebabkan oleh stress yang menyebabkan rambut rontok, yaitu alopecia cicatricial (folikel rambut rusak), telogen effluvium (kondisi dimana rambut kamu lebih tebal dari biasanya dan menjadi mudah rontok), dan  trichotillomania (stress dan kecemasan berlebih yang menyebabkan seseorang mencabut rambut mereka tanpa menyadarinya).

8. Jarang Keramas

Sahabat Cantik pastinya rajin keramas kan? Saat kamu nggak keramas, rambut akan menjadi berminyak, lembab dan kotor, loh. Penumpukan minyak dan kotoran dapat memicu timbulnya ketombe. Nah, ketombe tersebut dapat membuat kulit kamu menjadi gatal dan refleks menggaruknya, sehingga tanpa kamu sadari juga menyebabkan kulit kepala terluka, dan akar rambut menjadi lemah, sehingga menjadikan rambut kamu rontok. Selain itu, kalau kamu jarang keramas, maka rambut akan mengeluarkan bau tidak sedap karena adanya pengumpulan bakteri di rambut. 

Solusi untuk menghindari rambut rontok salah satunya dengan menggunakan hair tonic. Hair tonic adalah cairan yang bisa merangsang pertumbuhan rambut yang berbahan dasar herbal, seperti ginseng, biji bunga matahari dan daun mint, yang bermanfaat untuk memperkuat akar rambut, merangsang pertumbuhan sel rambut baru, menghilangkan kotoran pada rambut, melancarkan peredaran darah, dan melembabkan rambut.

Kandungan hair tonic boleh dibilang aman untuk rambut kamu, karena menggunakan bahan yang alami juga, seperti ekstrak ginseng untuk menguatkan akar rambut, ekstrak aloe vera untuk menyuburkan rambut, menthol yang memberi kesejukkan rambut, Vitamin B3 dan D-Panthenol sebagai provitamin B5 yang cocok untuk menjaga kesehatan rambut, mengatur kadar air pada rambut sehingga kelembapan rambut Sahabat Cantik tetap terjaga.

Cara pemakaian hair tonic yang benar untuk rambut kamu yang rontok :

  • Bersihkan rambut dan kulit kepala dengan menggunakan shampoo, agar rambut bebas dari kotoran atau debu yang mengganggu hair tonic sampai ke pori-pori kulit kepala kamu dan bekerja secara maksimal.
  • Setelah itu, diamkan rambut kamu hingga kering dan pijat rambut secara perlahan, yang tujuannya memberi efek relaksasi pada kepala sebelum diberikan hair tonic.
  • Oleskan hair tonic di tangan dan ratakan ke seluruh lapisan rambut.

Jadi, gimana, Sahabat Cantik? Mudah, kan, mengatasi rambut rontok dengan hair tonic? Kamu bisa menggunakan hair tonic di salon atau membuatnya sendiri dengan bahan alami di rumah, loh. Banyak konsumsi buah dan sayuran untuk hasil perawatan yang lebih maksimal, ya, Sahabat Cantik!


POST A COMMENT

0 Comments