Home / Body Treatment / Rambut Kaki dan Tangan

Rambut Kaki dan Tangan

Jumat, 7/10/2016 | 13:23 WIB

Body Treatment

Share this article

Sahabat Cantik tahu nggak, pada dasarnya manusia tidak mempunyai rambut halus atau bulu, sebab definisi rambut halus atau bulu sendiri merupakan lapisan halus dan lembut pada bagian permukaan tubuh. Munculnya rambut halus atau bulu pada kaki dapat disebabkan karena berbagai macam faktor. Mulai dari genetika sampai dengan pengaruh lingkungan.

Bagi seorang wanita, bulu juga merupakan sebuah bencana yang sangat menganggu penampilan mereka. Dengan munculnya bulu pada kaki dan tangan, seorang wanita tidak akan terlihat mulus, karena bulu-bulu tersebut menutupi kulit mulus seorang wanita.


Nah, kali ini akucantik.id akan berbagi beberapa tips mengenai cara menghilangkan bulu tangan dan kaki, baik secara alami ataupun secara modern. Penasaran kan? Langsung simak informasinya yuk!


1. Mencukur

Biasanya mencukur dilakukan untuk menghilangkan bulu kumis dan bulu wajah, namun kamu juga bisa mengatasi bulu kaki dan tangan dengan cara mencukurnya. Dengan mencukur bulu, maka kaki dan tangan kamu akan terlihat lebih mulus.

Cara mencukur bulu kaki yang benar:

  • Pertama basuh terlebih dahulu area kaki dan tangan dengan menggunakan air hangat. Ini bertujuan agar pori-pori pada folikel bulu dapat terbuka, sehingga mempermudah proses pencukuran bulu nantinya.
  • Setelah itu, olesi bagian yang berbulu dengan sabun atau krim khusus mencukur secara merata. Gunakan alat cukur yang masih baru, terutama bagian pisaunya.
  • Cara mencukur yang benar mulailah dari bagian bawah sampai ke atas (berlawanan dengan pertumbuhan bulu). Sambil mencukur, tarik kulit agar tidak terjadi ruam.
  • Terakhir, bilas dan bersihkan area yang telah dicukur tadi dengan menggunakan sabun mandi. Namun apabila terjadi luka, berikan bedak bayi untuk meminimalisir rasa perih.

Sahabat Cantik perlu tahupada saat mencukur, akar rambut tidak bisa terangkat secara sempurna, sehingga nanti bulu dapat tumbuh lebih lebat setelahnya. Oleh sebab itu, hentikan pertumbuhan bulu setelah mencukur dengan krim khusus.


2. Tweezing

Tweezing merupakan salah satu cara menghilangkan bulu kaki dan tangan yang dilakukan dengan cara mencabuti bulu satu per satu. Meskipun cara ini memerlukan waktu yang lama, tetapi tweezing terbukti sangat ampuh untuk menghilangkan bulu secara permanen. Sebab bulu bisa tercabut sampai ke akarnya, sehingga tidak memungkinkan untuk tumbuh lagi.

Cara mencabuti bulu kaki dan tangan:

  • Siapkan terlebih dahulu pinset (alat pencabut bulu). Usahakan pinset yang masih baru agar bisa mencengkram lebih kuat atau menggunakan pinset yang steril.
  • Sebelum mencabuti bulu,rendam bagian area kulit yang ada bulunya dengan menggunakan air hangat selama kurang lebih 10 menit.
  • Setelah itu, keringkan dengan menggunakan handuk. Kemudian mulailah mencabuti bulu tersebut satu persatu, usahakan jangan sampai ada bulu yang terpotong setengah.
  • Terakhir bilas lagi dengan menggunakan air hangat dan susul dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Nah, kelemahan dari cara ini adalah kemungkinan timbulnya iritasi kulit, ruam, bahkan lecet. Terutama apabila Sahabat Cantik tidak melakukannya dengan benar.


3. Waxing

Inilah metode menghilangkan bulu kaki dan tangan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Biasanya waxing ini dilakukan di salon-salon kecantikan.

Caranya adalah dengan mengoleskan kaki kamu terlebih dahulu dengan menggunakan cairan lengket khusus, lalu menempelkan kain di atas kain tersebut sampai membalut sempurna. Seketika itu juga, kain ditarik berlawanan dengan pertumbuhan bulu. Alhasil, bulu pun hilang dan tercabut sampai ke akar-akarnya.

Sahabat Cantik, cara menghilangkan bulu yang satu ini tergolong lebih efektif dan efisien, loh daripada mencukur ataupun tweezing. Mengingat bulu akan tercabut sampai ke akarnya tanpa harus mencabuti dengan pinset satu per satu.


4. Laser hair removal

Biasanya laser hair removal dilakukan untuk menghilangkan bulu pada wajah, kemaluan, dan bagian kumis. Namun selain itu, laser hair removal juga bisa digunakan untuk mengatasi bulu kaki dan tangan, lho Sahabat Santik.

Caranya menyinari bagian berbulu dengan menggunakan laser tertentu.

Untuk melakukan laser hair removal, Sahabat Cantik harus merogoh kocek lebih dalam, sebab harga perawatan kecantikan satu ini cukup mahal. Selain mahal, Sahabat Cantik juga sering merasakan efek samping dari metode laser, karena panas laser akan membuat kulit memerah, terbakar, dan bahkan mengalami iritasi kulit.


Nah bagi Sahabat Cantik yang tidak suka menghilangkan bulu tangan dan kaki secara modern, masih ada cara alami yang bisa Sahabat Cantik lakukan. Meskipun cara alami memerlukan waktu lama, tetapi dijamin cara ini tidak akan menimbulkan efek samping. Bahkan dengan perawatan rutin, kulit kamu akan lebih mulus dari sebelumnya.


1. Gunakan gula, lemon, dan madu


Ini merupakan cara menghilangkan bulu kaki dan tangan yang hampir sama dengan waxing, yakni dilakukan dengan cara penarikan bulu dalam jumlah besar dengan menggunakan kain yang telah diolesi dengan bahan campuran yang dibuat secara alami.


Cara menghilangkan bulu tangan dan kaki:

  • Pertama campur terlebih dahulu 2 sendok makan gula pasir, 2 sendok makan air perasan lemon, dan 3 sendok makan madu alami. Campur ketiga bahan tersebut sampai merata.
  • Rebus campuran tadi dalam sebuah panci tanpa menambahkan cairan apapun. Setelah terbentuk karamel, diamkan cairan tersebut agar dingin dan dapat digunakan.
  • Oleskan hasil rebusan tadi secara merata ke seluruh bagian tubuh yang berbulu. Setelah merata, tutup cairan tersebut dengan menggunakan kain. Tekan-tekan kain tersebut sampai menempel pada permukaan kulit.
  • Selanjutnya, tarik kain tersebut dari bawah ke atas (berlawanan dengan pertumbuhan bulu). Meskipun agak sakit, cara ini sangat baik untuk menghilangkan bulu pada tubuh Sahabat Cantik secara permanen.


2. Gunakan putih telur, gula, dan tepung terigu

Putih telur sebenarnya baik untuk merawat rambut, namun akan menjadi penghambat pertumbuhan rambut ketika kita campur dengan tepung terigu dan gula. Metode ini nyaris tidak membuat rasa sakit, sebab kita hanya mengoleskan secara rutin pada bagian kulit berbulu.

Cara alami menghilangkan bulu kaki dengan putih telur:

  • Siapkan 1 butir telur (ambil putihnya), 2 sendok makan gula, dan 1 sendok makan tepung terigu kualitas terbaik.
  • Campurkan bahan-bahan tersebut sampai berbentuk krim. Langsung saja oleskan pada bagian kulit yang berbulu, gosok-gosok secara perlahan sampai semua bulu rontok.

Oiya, Sahabat Cantik,cara ini hanya efektif apabila digunakan untuk menghilangkan bulu halus pada bagian tangan dan kaki kamu. Jika sudah lebat, jangan gunakan metode satu ini.


3. Kunyit dan kapur sirih

Kapur sirih memiliki sifat yang panas, sifat panasnya inilah yang cukup berkhasiat untuk merontokan bulu tangan dan kaki Sahabat Cantik. Namun jangan mencampurkan kapur sirih dalam jumlah terlalu banyak, sebab akan berpotensi membakar kulit kamu. Selain itu, agar hasilnya semakin maksimal campurkan kapur sirih dengan haluskan kunyit.

Cara mudah menghilangkan bulu kaki dengan kapur sirih:

  • Siapkan 2 sendok teh kapur sirih dan 2 sendok makan haluskan kunyit.
  • Campur kedua bahan tersebut dengan menambahkan air sampai berbentuk krim.
  • Setelah itu, oleskan secara merata pada bagian kulit kamu yang berbulu. Gosok secara perlahan selama kurang lebih 15 menit
  • Jika sudah selesai, bilas area tersebut dengan menggunakan air hangat sampai benar-benar bersih.


4. Gunakan merica, kapur barus, dan minyak tanah

Minyak tanah memiliki sifat sebagai penghambat pertumbuhan  bulu atau rambut, kapur barus baik untuk merontokan bulu, sedangkan merica memiliki sifat antibakterial yang dapat mencegah terjadinya infeksi ataupun alergi.

Cara menggunakan merica, kapur barus, dan minyak tanah:

  • Siapkan terlebih dahulu 2 sendok makan bubuk merica, 1 sendok teh kapur barus, dan minyak tanah secukupnya
  • Campur antara merica bubuk dan kapur barus yang sudah dihaluskan, kemudian tuang minyak tanah sampai membentuk pasta
  • Oleskan pasta tersebut secara merata ke seluruh bagian kulit yang berbulu. Gosok perlahan dengan arah berlawanan pertumbuhan rambut selama 10 menit
  • Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Untuk menghilangkan minyak tersebut, gunakan sabun mandi.

Perlu diperhatikan, aplikasi perawatan yang menggunakan kapur barus ini adalah dengan di oles, jangan sampai tertelan ya, Sahabat Cantik!


Bagaimana Sahabat Cantik, mudah dilakukan, ya? Memang cara-cara diatas memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Apabila Sahabat Cantik ingin proses yang cepat, gunakanlah cara modern dengan biaya yang sesuai dengan kantong Sahabat Cantik. Namun, jika Sahabat Cantik ingin cara yang lebih mudah dan murah dengan proses yang lebih lama, boleh juga lakukan perawatan secara alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kamu ya, Sahabat Cantik!


POST A COMMENT

0 Comments