Home / Decorative / 5 Cara Mengaplikasikan Foundation

5 Cara Mengaplikasikan Foundation

Kamis, 13/10/2016 | 12:37 WIB

Decorative

Share this article

Foundation merupakan dasar sebelum menggunakan bedak dan makeup lainnya agar wajah terlihat lebih flawless. Dengan fungsinya yang berguna untuk menyempurnakan wajah, cara pengaplikasiannya pun penting untuk Sahabat Cantik ketahui agar menghasilkan makeup yang sempurna. Yuk disimak bagaimana cara menggunakan foundation yang benar!


Jari Tangan

Menggunakan jari tangan adalah hal yang paling dasar dan familiar. Namun, sebagian dari kamu mungkin kurang menyukai menggunakan jari tangan untuk mengaplikasikan foundation dikarenakan tidak higienis. Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikan foundation pada wajah, cucilah tanganmu terlebih dahulu. Selain mencuci tangan, kamu juga perlu membiasakan diri untuk selalu mencuci wajah hingga bersih sebelum menggunakan foundation agar kotoran pada wajah kamu tidak akan ter-akumulasi ketika memakai foundation.

Dalam mengaplikasikan foundation menggunakan jari tangan, tutulkan foundation pada bagian dahi, pipi, dagu, dan hidung. Lalu, kamu dapat meratakannya ke seluruh wajah kamu hingga merata dengan menggunakan jari-jari kamu.

Memang mengaplikasikan foundation cukup mudah, namun kelemahan ketika mengaplikasikan foundation menggunakan jari tangan adalah foundation kurang merata ke seluruh wajah sehingga ada di beberapa sisi yang terlihat tidak merata atau tebal-tipis. Pengaplikasian foundation dengan jari juga kurang dapat menutupi jerawat-jerawat kecil pada wajah.


Kuas Foundation

Pada dasarnya, mengaplikasikan foundation menggunakan kuas sama halnya dengan menggunakan jari tangan. Namun, hasil pengaplikasian menggunakan kuas lebih merata ke seluruh wajah dibandingkan menggunakan jari. Meskipun begitu, ada beberapa daerah sempit yang sulit untuk dijangkau menggunakan kuas foundation seperti di daerah antara hidung dan sudut mata bagian dalam. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat menggunakan kuas dengan ukuran yang lebih kecil.

Dalam mengaplikasikan foundation menggunakan kuas, kamu sebaiknya mengoles foundation dengan satu arah agar hasil lebih rata dan rapih.


Kuas Duo Fiber

Kuas duo fiber merupakan kuas dengan perpaduan 2 macam bulu kuas, yaitu bulu panjang dan pendek. Cara menggunakan kuas ini adalah dengan circular motion, yaitu penggunaan kuas dengan gerakan memutar. Hasil yang dihasilkan lebih rata dan halus dibanding menggunakan jari tangan ataupun kuas foundation. Dengan teknik circular motion ini, waktu pengaplikasian pun sedikit lebih lama.

Kelemahannya, sama seperti kuas foundation biasa yaitu sulit untuk menjangkau daerah yang sempit seperti daerah antara hidung dan bawah mata. Kuas duo fiber juga hanya dapat digunakan untuk mengaplikasikan foundation dalam bentuk cair, tidak dapat digunakan untuk mengaplikasikan foundation bentuk cream ataupun bedak padat.


Sponge

Spons wajah yang digunakan untuk mengaplikasikan foundation ini memiliki pori-pori yang besar, sehingga ketika pengaplikasian, hasilnya pun tidak akan menutupi pori-pori kulit wajahmu. Hasil pengaplikasian foundation menggunakan spons juga lebih rata dibandingkan menggunakan kuasatau jari tangan. Akan tetapi, spons juga sangat rentan terkena bakteri sehingga kamu perlu rajin mencucinya agar tetap steril. Selain itu, karena ukuran pori-pori pada spons ini terbilang besar, foundation yang akan diaplikasikan cenderung akan cepat habis karena menyerap pada spons, bukan pada wajah kamu.


Beauty Blender

Siapa yang tidak tahu spons berbentuk seperti telur dan berwarna-warni ini? Pasti Sahabat Cantik pun sudah sering mendengarnya bahkan menggunakannya. Ya, beauty blender diciptakan memang untuk mengaplikasikan foundation agar lebih mudah bagi siapapun, baik yang sudah jago makeup maupun pemula.

Hasil yang diberikan oleh beauty blender sendiri lebih halus dan merata sehingga  mampu menutupi pori-pori kulit wajah dibanding spons biasa. Dengan menggunakan beauty blender pun, kamu tidak akan kesulitan menjangkau tempat-tempat yang sempit sulit dijangkau. Sebab, beauty blender didesain memiliki dua bagian sisi yaitu runcing pada bagian atas dan tumpul pada bagian bawah. Runcing pada bagian atas itulah yang akan membantu kamu menjangkau daerah-daerah sempit seperti bagian dalam mata, bawah mata, maupun antara hidung.

Yang perlu diperhatikan ketika menggunakan beauty blender, antara lain:

  • Jangan digunakan saat kering

Ketika kamu menggunakan beauty blender saat keadaan kering, maka tampilan foundation kamu akan terlihat berat. Namun,  sebaliknya ketika kamu menggunakannya saat keadaan basah maka tampilan foundation kamu akan lebih natural, ringan, dan merata dengan sempurna.

  • Jangan melapisi seluruh permukaannya dengan foundation

Untuk menghindari terlalu banyak foundation yang digunakan, kamu dapat meletakkan foundation secukupnya pada permukaan tanganmu, kemudian kamu dapat menyentuhkan ujung beauty blender kamu pada foundation dan aplikasikan pada kulit wajahmu secara merata dengan cara menepuk-nepuknya.

Nah, setelah mengetahui beberapa alternatif penggunaan foundation mulai dari jari tangan, kuas, hingga spons, sekarang kamu lebih memilih pakai yang mana, Sahabat Cantik?


POST A COMMENT

0 Comments