Home / Body Treatment / Zat-zat dalam Sabun Mandi yang dapat Memicu Alergi pada Kulit

Zat-zat dalam Sabun Mandi yang dapat Memicu Alergi pada Kulit

Jumat, 21/10/2016 | 14:13 WIB

Body Treatment

Share this article

Sahabat Cantik, tahukah kamu kalau sabun mandi yang kamu gunakan sehari-hari bisa menimbulkan reaksi alergi? Hal ini dikarenakan kandungan pada sabun yang bisa membuat kulit menjadi kering. Nah, kali ini, akucantik.id akan membahas tentang alergi sabun pada kulit. Kita simak yuk, apa saja zat yang terdapat dalam sabun mandi!

Sabun cair ini dibuat dengan minyak kelapa jernih dengan penggunaan senyawa alkali berbeda yaitu kalium hidroksida. . Formulasi inilah yang bersifat basa dan berfungsi membersihkan minyak dan kotoran di permukaan kulit. 

Zat-zat yang terdapat pada sabun mandi berdasarkan jenisnya:


1. Sabun cair 

1. Moisturizing, merupakan pelembab alami untuk kulit kering anda,

2. Pewangi, ini akan membuat kulit tubuh anda terasa lebih wangi dan juga terjaga wanginya.


2. Sabun batang

Sabun batang terbuat dari kombinasi antara asam lemak dengan zat alkali seperti sodium hydroxide. 

Nah, kandungan zat tersebut tentunya memiliki dampak positif, tetapi juga dapat menimbulkan efek negatif, salah satunya alergi. Bahas mengenai kandungan dalam sabun yang dapat memicu alergi pada kulit, yuk, Sahabat Cantik!


Zat pemicu alergi dalam sabun

1. Pewangi/Parfum

Jika Sahabat Cantik memerhatikan sabun mandi yang kalian pakai ada zat ketons, aldehyde, amine, dan terkadang terdapat ester yang digunakan pewangi. Perlu kamu ketahui kalau zat pewangi pada sabun justru bisa menyebabkan alergi ketika kontak langsung dengan kulit. Hal ini dikarenakan pewangi yang digunakan bukan pengharum alami. Disarankan bagi Sahabat Cantik yang mudah terkena alergi untuk tidak memakai sabun yang ada pengharumnya, ya!

2. Sodium Lauryl Sulfate

Sodium Lauryl Sulfate (SLES) adalah zat yang banyak menghasilkan busa yang terdapat pada sabun mandi, yang berfungsi mengangkat minyak. Semakin banyak busanya, semakin tinggi kadar SLES di sabun tersebut. Semakin tinggi kadar SLES pada sabun tersebut, semakin akan membuat kulit menjadi kering dan iritasi. 

3. Coconut Diethanolamide

Kelapa memang jarang menimbulkan reaksi alergi, tapi jika kelapa tersebut dibuat menjadi diethanolamide (pembuat busa pada sabun mandi), maka dapat mengikis lapisan minyak dan membuat kulit kamu lebih kering, yang pada nantinya iritasi bisa lebih mudah terjadi, loh.

Sekarang, cari tahu, yuk, cara mengatasi alergi sabun mandi pada kulit kamu lewat zat-zat yang terkandung pada sabun. Oh ya, Sahabat Cantik, sebelumnya akucantik.id mau menyarankan agar tidak membeli sabun karena hanya berdasarkan preferensi atau bahkan karena pengaruh iklan.


Memilih sabun mandi berdasarkan jenis kulit:

1. Kulit Kering

Untuk kamu yang berkulit kering, lebih disarankan untuk memakai sabun yang mengandung kadar vitamin E tinggi atau berbahan dasar minyak biji bunga matahari. Hal ini merupakan pilihan yang tepat untuk melembabkan kulit. 


2. Kulit Berminyak

Sahabat Cantik yang memiliki kulit berminyak memiliki keuntungan karena kulit menjadi kenyal dan lembab. Tapi di sisi lain, kulit yang memiliki kandungan minyak berlebih akan menyebabkan bakteri berkembang biak lebih cepat, loh. Menggunakan sabun antibakteri, dan yang memiliki kandungan vitamin E pada lavender atau chamomile mencegah dampak negatif dari kulit berminyak serta mengobati alergi.


3. Kulit Sensitif

Sahabat Cantik yang memiliki kulit sensitif dapat menggunakan sabun yang tidak mengandung bahan pewangi. Pastikan juga, ya, sabun yang kamu pilih memiliki tingkat pH 5.5 karena baik untuk kulit yang sensitif. Selain itu kamu juga harus menghindari sabun yang mengandung bahan antibakteri dan deodoran, untuk mencegah munculnya reaksi alergi pada kulit.


4. Kulit Kombinasi

Mungkin kamu bingung, apa itu kulit kombinasi. Nah, jika kulit kalian terasa bersisik, kering, dan mudah teriritasi di bagian tertentu, tapi pada saat bersamaan terasa berminyak di area lain, berarti kalian memiliki kulit kombinasi. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kulit kombinasi perlu dibersihkan secara khusus dengan menggunakan produk yang berbeda-beda. Kamu bisa melakukan cleansing pada seluruh bagian wajah menggunakan pencuci muka yang lembut, namun pada kulit yang berminyak harus mendapatkan perhatian lebih, karena bagian kulit ini rentan terhadap kotoran dan jerawat. Untuk di area yang kering Sahabat Cantik perlu memakai pelembab.

Sekarang kamu sudah tahu, kan kebutuhan kulit kamu dan kandungan dalam sabun mandi yang sesuai. Nah, untuk kamu yang sedang mengalami alergi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan segera menggunakan sabun mandi yang tepat, ya! Selamat merawat kulit, Sahabat Cantik!


POST A COMMENT

0 Comments