Home / Hair Treatment / Hair Mask

Hair Mask

Rabu, 8/03/2017 | 11:54 WIB

Hair Treatment

Share this article

Sahabat Cantik, masker rambut adalah perawatan khusus untuk rambut rontok dalam kondisi parah. Bisa juga rambut rusak akibat rebonding, sering disasak atau dicat warna-warni. Proses pemberian masker hanya dioleskan pada lapisan rambut, tanpa ada pemijatan. Karena kondisi rambut yang rusak parah tidak boleh banyak terkoyak. 

Perawatan rambut berupa creambath dan rebounding ini maksimal dilakukan seminggu sekali, atau sebulan dua kali. Terlalu sering perawatan membuat kulit kepala menjadi kering. Perawatan rambut juga bisa dilakukan selang-seling. Misalnya, minggu ini perawatan creambath, dua minggu kemudian dilakukan hair spa. Untuk kondisi rambut yang rusak parah, maka harus diselingi dengan masker rambut. Selama kondisi rambut tidak ada masalah, rajin creambath saja sudah cukup, kok. Perawatan rambut yang teratur membuat rambut semakin sehat, berkilau, tidak rontok, dan mudah diatur.


Apakah Sahabat Cantik pernah menggunakan masker rambut? Pastinya pernah dong ya, pergi ke salon untuk melakukan perawatan hair mask agar rambut kamu terlihat sehat alami. Kalau belum pernah mencoba masker rambut, mungkin sekarang waktu yang tepat untuk memulainya. Masker rambut yang alami, mudah dan sangat efektif bagi siapapun yang menginginkan tampilan rambut lebih bersinar secara natural. Masker rambut secara kimiawi dirumuskan untuk menutup kulit luar pada rambut, sehingga membuatnya mengkilap.


Masker rambut mudah digunakan untuk meningkatkan kilau pada rambut kering dan rusak dan menciptakan tampilan rambut yang indah sesuai dengan yang kamu inginkan. Menerapkan masker rambut secara rutin (bulanan) juga dapat menyuburkan rambut dan memiliki efek conditioning yang tahan lama.

Sahabat Cantik, perlu diperhatikan juga ya, menggunakan masker rambut dapat juga mengakibatkan kulit kepala menjadi kurang sehat dikarenakan kulit kepala yang tertutup oleh masker rambut apabila kurang bersih membilasnya.

Bagi mereka yang punya banyak uang, mungkin itu bukan masalah. Tapi bagaimana jika kita tidak punya uang banyak? Belum lagi waktu luang yang sempit kadang membuat Sahabat Cantik tidak sempat untuk merawat rambut. Eiits...! Jangan sedih dulu, karena akucantik.id punya solusinya. Sebenarnya untuk mendapatkan rambut yang sehat, tidak harus selalu pergi ke salon lho. Karena perawatan rambut bisa dilakukan sendiri di rumah. "Wah, emang bisa ya?" Bisa banget! "Gimana caranya, apa kita juga mesti beli produk yang mahal itu?"  Tidak perlu, kok, karena cara yang akan kamu gunakan adalah cara-cara tradisional, yang pastinya murah meriah! Apa saja ya? Yuk lanjut baca!


1. Hairmask Susu dan Madu

Susu dan madu dikenal kaya akan manfaat, termasuk untuk menjaga kesehatan rambut. susu bermanfaat untuk menebalkan rambut serta membuat rambut kamu jadi berkilau. susu juga bermanfaat untuk memperkuat rambut kamu lho. Madu bermanfaat untuk melembabkan rambut serta menyuburkan rambut. Bagaimana caranya? Kita dapat mencampurkan kedua bahan tersebut untuk membuat hairmask alami.Cara pemakaian :

  • Campurkan 100 gram susu dengan 1 sendok makan madu

  • Gunakan sebagai hairmask dengan cara mengaplikasikannya pada helaian rambut yang ada di kepala kamu

  • Lakukan pijatan secara pelan

  • Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan shampo seperti biasa dan bilas hingga benar-benar bersih 


2. Hairmask Telur

Dalam dunia kecantikan, putih telur dipercaya dapat memutihkan kulit wajah, menghilangkan komedo dan jerawat. Oleh karena itu, telur seringkali dijadikan sebagai masker wajah. Namun selain digunakan untuk perawatan wajah, telur juga bisa dijadikan masker rambur alami. Gimana caranya? Gampang banget, yuk simak langkah pembuatan dan pemakaiannya!Cara pemakaian :

  • Kocok 2 butir telur dan campurkan dengan 2 sendok makan air panas

  • Jadikan hairmask dan lakukan pijatan dengan ujung jari di seluruh bagian kepala

  • Biarkan 10-15 menit, lalu gunakan shampoo untuk membersihkan sisa telur dan bilas menggunakan air hangat.


3. Hairmask Yoghurt

Siapa sih yang tidak tahu yoghurt, makanan rendah lemak berbahan dasar susu ini banyak disukai orang. Selain enak, yoghurt juga banyak manfaatnya, salah satunya yaitu dapat mengatasi jerawat. Namun siapa sangka, yoghurt juga bisa kita gunakan untuk perawatan rambut juga. Kita dapat menjadikannya sebagai masker rambut.Cara pemakaian :

  • Sediakan 1 butir telur dan 6 sendok makan yoghurt

  • Pisahkan putih telur dari kuning telur

  • Kocok putih telur hingga berbusa

  • Campurkan dengan 6 sdm yoghurt tadi

  • Balurkan pada rambut sambil melakukan pijatan secara perlahan

  • Diamkan selama 15-30 menit

  • Bersihkan dengan  air hangat hingga benar-benar bersih


4. Hairmask Santan

Santan yang biasa digunakan untuk bumbu pada masakan ternyata juga bisa kita manfaat untuk perawatan rambut.Cara pemakaian :

  • Sediakan kurang lebih 50 ml santan kental

  • Aplikasikan ke seluruh batang rambut

  • Bungkus dengan menggunakan handuk hangat

  • Diamkan selama kurang lebih 1 jam

  • Selanjutnya, bilas dengan air hangat dan bersihkan dengan  air hangat hingga bersih


5. Hairmask Alpukat

Alpukat juga bisa mencegah dan mengatasi rambut kamu yang rontok, Sahabat Cantik. Caranya membuat masker rambut dari alpukat juga mudah, kok.


Cara pemakaian :

  • Siapkan 1 buah alpukat yang sudah matang, ambil daging buahnya.

  • Haluskan dengan blender

  • Jadikan masker rambut dengan cara dibalurkan pada seluruh batang rambut

  • Lakukan pijatan secara pelan dan diamkan selama 15-20 menit

  • Bilas dengan air hangat hingga benar-benar bersih


6. Hairmask Madu dan Minyak Zaitun

Resep masker selanjutnya yaitu dengan menggunakan campuran madu dan minyak zaitun. Sejak dulu, minyak zaitun memang dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut. Untuk penggunaannya, tidak jauh beda dengan cara penggunaan hairmask alami lainnya.

Cara pemakaian :

  • Campukan 3 sendok teh minyak zaitun dengan 2 sendok makan madu

  • Balurkan pada seluruh batang rambut

  • Lakukan pijatan ringan dan diamkan sekitar 30 menit

  • Terakhir, bersihkan dengan  air hangat dan bilas hingga bersih


7. Hairmask Pisang

Sahabat Cantik tahu nggak? Buah pisang cukup ampuh untuk menghilangkan stress. Selain dapat mengurangi stress, buah pisang juga dapat kita gunakan sebagai masker rambut. Namun, ada beberapa bahan tambahan yang perlu kamu siapkan untuk mejadikan buah pisang sebagai hairmask.

Cara pemakaian :

  • Haluskan 1 buah pisang matang

  • Campurkan dengan :

1 butir telur

3 sendok makan madu

5 sendok teh minyak zaitun, dan

2 sendok teh madu

  • Aduk semua bahan dan gunakan sebagai masker rambut 

  • Lakukan pijatan secara pelan dan lembut

  • Bungkus dengan handuk hangat dan diamkan selama 15-30 menit

  • Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih


8. Minyak Zaitun

Kita juga bisa membuat masker rambut hanya dengan bahan minyak zaitun dan telur. Untuk cara-cara pembuatan dan pemakaiannya hampir sama dengan cara pembuatan hairmask lainnya, Sahabat Cantik!

Cara pemakaian :

  • Campurkan 5 sendok teh minyak zaitun dengan 2 butir telur

  • Balurkan pada seluruh batang rambut

  • Lakukan pijatan secara pelan

  • Bungkus dengan handuk hangat/shower cap plastik dan diamkan selama 30 menit

  • Bilas dan bersihkan dengan air hangat hingga benar-benar bersih


9. Hairmask minyak kacang almond dan pisang

Selain dapat dicampurkan dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan diatas, pisang juga dapat dicampurkan dengan minyak almond (almond oil) untuk dijadikan hairmask.

Cara pemakaian :

  • Haluskan 1 buah pisang matang

  • Campurkan dengan 2-3 tetes almond oil

  • Balurkan pada seluruh bagian rambut dan diamkan selama 15-30 menit

  • Bilang dengan menggunakan air hangat hingga bersih


10. Minyak Urang Aring

Tumbuhan urang aring biasa digunakan sebagai bahan dasar produk shampoo, karena dipercaya dapat menyuburkan rambut. 

Cara pemakaian:

  • Bersihkan rambut terlebih dahulu dengan menggunakan shampoo

  • Balurkan minyak urang aring pada seluruh bagian rambut, dan jangan lupa lakukan secara rutin, ya, Sahabat Cantik!



11. Masker rambut berbahan Wortel

Wortel kaya akan vitamin A dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Namun, wortel juga dapat kita manfaatkan sebagai hairmask dengan cara mencampurkannya dengan bahan-bahan alami lain, seperti: yoghurt, minyak kemiri, madu ataupun putih telur.

Cara pemakaian :

  • Campurkan wortel dengan salah satu bahan yang kamu inginkan (yoghurt, minyak kemiri, madu, atau putih telur)

  • Aplikasikan pada seluruh rambut dan diamkan selama 15-20 menit

  • Bilas dengan air hangat hingga bersih.


Nah, itulah beberapa resep masker rambut alami yang bisa kamu coba di rumah! Oh iya, agar hasilnya maksimal, lakukan perawatan rambut secara rutin, ya, Sahabat Cantik. Buat Sahabat Cantik yang ingin coba menggunakan masker rambut, berikut beberapa teknik dan tips memasker rambut yang tepat.

#1 Pastikan Rambut Sudah Dicuci

Pastikan dulu rambut kamu udah dicuci dengan shampoo dan dibilas bersih sebelum melakukan masker. Kamu boleh melewatkan pengaplikasian kondisioner agar sel batang rambut tidak tertutup, sehingga bisa menyerap lebih banyak nutrisi pada masker rambut. Sebaiknya gunakan air dingin saat keramas, untuk menambah kesegaran dan membiarkan rambut kamu menyerap nutrisi di dalam masker.

#2 Pastikan Rambut Setengah Kering

Pastikan juga rambut masih dalam keadaan setengah kering dan lembab. Kemudian oleskan masker rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut secara merata. Boleh juga sambil dipijat secara perlahan ya, Sahabat Cantik. Cara ini akan memperlancar proses peredaran darah, sehingga proses regenerasi sel di kulit kepala pun berjalan lancar.



#3 Perhatikan Tipe Rambut

Kalau jenis rambut Sahabat Cantik kombinasi, misalnya kulit kepala berminyak tapi rambut cenderung normal atau kering, maka berkonsentrasilah pada bagian batang rambutnya, bukan pada akar. Kalau tipe rambut Sahabat Cantik kering, bercabang atau kusam, maka oleskan masker rambut ke akar rambut, kemudian lanjutkan ke batang rambut. 

#4 Bungkus Rambut dengan Handuk

Agar proses penyerapan nutrisi berjalan lebih cepat, bungkus rambut Sahabat Cantik dengan handuk yang udah dibasahi air hangat. Panas yang dikeluarkan oleh handuk akan mempercepat proses penyerapan nutrisi ke dalam sel kulit kepala dan batang rambut kamu.

#5 Waktu Pemaskeran Rambut

Untuk aplikasi mingguan, diamkan masker antara 3 sampai 5 menit. Lalu, untuk jenis masker rambut yang diformulasi untuk merawat rambut rusak atau rambut yang sangat dehidrasi, butuh sekitar 2-3 menit lebih lama untuk didiamkan di rambut, agar nutrisi dalam masker benar-benar terserap hingga lebih mendalam. 

#6 Bilas Menggunakan Air Hangat

Saat dibilas, sebaiknya Sahabat Cantik menggunakan air hangat. Membilas masker nggak seperti membilas shampoo dan kondisioner, ya. Jadi harus dibilas berkali-kali, ya, Sahabat Cantik.



Nah, sekedar info saja, kalau Sahabat Cantik merasa rambut terasa lepek usai dimasker, itu merupakan pertanda bahwa pembilasan yang dilakukan belum tuntas. Ayo bilas lebih bersih lagi! Cara membilas yang paling tepat adalah dengan menggunakan shower. Masker yang nggak tuntas dibilas akan meninggalkan sisa dan apabila menumpuk, rambut kamu akan terasa gatal, atau bahkan bisa memicu munculnya ketombe, loh. Selamat mencoba, Sahabat Cantik!

POST A COMMENT

0 Comments