Home / Skin Care Ingredients / Alpha Arbutin

Alpha Arbutin

Rabu, 12/09/2018 | 14:21 WIB

Skin Care Ingredients

Share this article

Hai Sahabat Cantik!

Wanita Indonesia cenderung ingin memiliki kulit yang putih, bersih dan bersinar. Berbagai hal yang dilakukan wanita Indonesia untuk mewujudkan hal tersebut. Beragam produk kecantikan terjual bebas di pasaran, hampir semua menjanjikan kulit putih, bersih, bersinar dan cantik. Dalam hal ini yang harus diperhatikan oleh konsumen adalah keamanan produk yang digunakannya karena tak sedikit produk perawatan kulit yang malah memberikan efek negatif bagi pemakainya, hal itu terjadi dikarenakan kandungan yang kurang aman dan berbahaya.

Adapun bahan kecantikan yang dikenal aman dan tidak memberikan efek negatif kepada wajah, bahan tersebut dikenal dengan alpha arbutin. Apa itu alpha arbutin dan apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya!

Apa itu Alpha Arbutin?

Menurut Dr Joshua Zeichner, alpha arbutin ini akan mengganggu aktivitas enzim yang disebut tyrosinase, yang diperlukan untuk memproduksi melanin atau pigmen di kulit. alpha arbutin adalah berasal dari tanaman bearberry dan lingonberry. Sedangkan menurut dokter Steven Wang, alpha arbutin merupakan kandungan yang lazim ditemukan dalam berbagai produk kecantikan dengan manfaat utamanya yaitu untuk mencerahkan warna kulit dan mengurangi tingkat pigmen gelap. Dikutip dari Truth in Aging, bahwa alpha arbutin banyak digunakan sebagian produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak tanaman yang arbutin misalnya bearberry, pir, blueberry. Alpha arbutin ini banyak gunakan dalam berbagai kosmetik, terutama yang ditujukan untuk mencerahkan kulit seperti lotion, krim, serum dan pembersih.

Apa manfaat Alpa Arbutin?

Manfaat alpha arbutin dapat menghasilkan warna kulit yang lebih cerah dan pengurangan pigmentasi kulit, dengan membatasi kedua produksi melanin dan erythema (kulit memerah). Alpha arbutin juga telah terbukti efektif meringankan bintik-bintik gelap dan discolorations kulit. Ekstrak bearberry juga berguna untuk perlindungan dari matahari, akibatnya dapat dijadikan sebagai bahan anti-penuaan pada kulit dan tidak akan membuat kulit kering.

Selain menghambat pembentukan melanin, alpha arbutin dikenal sebagai anti-inflamasi dan anti-bakteri. Bahan arbutin ini tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit dan jauh lebih aman daripada hidroquinon dan merkuri yang dikenal sebagai lightening karena alpha arbutin mempunyai senyawa bio-sintesis yang murni dan mudah larut dalam air. Hal ini telah membuktikan bahwa alpha arbutin merupakan senyawa yang tidak berbahaya dan mempunyai banyak manfaat tersendiri.

Di tanggapi oleh Dokter Ashish Bhatia ahli bedah kulit, arbutin juga aman digunakan pada saat kehamilan dan menganggapnya sebagai alternatif yang aman untuk hidrokuinon lurus untuk mengobati hiperpigmentasi dan melasma. Bahkan American Academy of Dermatology juga menganggapnya sebagai pilihan yang aman.

Sehingga banyak sekali skincare masa kini yang menggunakan alpha arbutin sebagai bahan aktif dalam mencerahkan kulit sahabat cantik, Yuk cari tau skincare apa aja yang menggunakan Alpha Arbutin sebagai bahan aktifnya sahabat cantik! 


Sumber

https://www.truthinaging.com/ingredients/arbutin

https://fashionista.com/2017/10/what-is-alpha-arbutin-cream-serum

https://theklog.co/ingredient-spotlight-arbutin-in-skin-care/


POST A COMMENT

0 Comments