Home / Hair Treatment / 8 Cara Mengatasi Rambut Lepek

8 Cara Mengatasi Rambut Lepek

Rabu, 19/09/2018 | 14:12 WIB

Hair Treatment

Share this article

Hai Sahabat Cantik

Beraktivitas di luar ruangan adalah hal yang menyenangkan, tapi apakah rambut kamu akan mendukung hal demikian? Sering mengeluh rambut lepek? Panas matahari sangatlah tidak bagus untuk kulit dan rambut karena mudah kusam dan berkeringat. Dampak dari sinar matahari yang terlalu menyengat membuat rambut sahabat cantik lepek dan menurunkan rasa percaya di depan orang banyak. Kandungan minyak alami dari dalam kulit kepala (sebum) mempunyai manfaat untuk menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala dari polutan, tapi ketika berlebihan pun juga tak akan membuat nyaman. jadi yang harus diketahui bahwa tidak seimbangnya kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum berlebihan yang bisa memicu rambut lepek. Berikut adalah beberapa cara mengatasi rambut lepek.

1. Keramas dengan benar

Untuk mengatasi rambut lepek adalah dengan cara keramas rambut, tapi kebanyakan orang hanya sekedar keramas dengan mengusap-usap sampo ke permukaan rambut saja. Cara keramas yang benar itu, kulit kepala perlu mendapatkan pijatan ketika keramas. Pada kulit kepala ada bakteri serta jamur yang menempel pada saat kita beraktivitas, jadi bersihkan sambil menggosoknya serta memijat secara benar. Hal ini dapat dilakukan agar nutrisi yang ditawarkan sampo pun dapat terserap sampai ke dalam akar rambut.

2. Tidak mengeringkan rambut

Untuk cara kedua yaitu, cobalah pada saat selesai keramas untuk tidak mengeringkan rambut, jadi biarkan rambut mengering dengan sendirinya secara alami. Biasanya kalau keringkan rambut sahabat cantik akan menggosok rambut terlalu kasar sehingga rambut pun mengalami kerusakan. Setelah cuci sahabat cantik perlu menekan-nekan pelan rambut sahabat cantik yang basah, setelah itu bisa ada biarkan kering secara alami. Jika kalian lagi mendesak dan hanya punya sedikit waktu gunakanlah hair dryer kalau perlu. Tapi kalau menggunakan alat ini, kalau bisa suhu tidak terlalu tinggi dan jaraknya dibuat 15 cm jauhnya dari rambut. Lebih baik juga tidak menggunakan selama 15 menit lebih hanya untuk 1 bagian rambut.

3. Tidak tidur dengan rambut basah.

Ada sebagian orang setelah keramas dan rambut belum kering sepenuhnya malah langsung berbaring untuk tidur. Inilah yang bakal membuat rambut mudah lepek.

4. Memotong rambut yang terlalu Panjang

Jika rambut yang panjang akan menyebabkan rambut menjadi mudah lepek. Sebab itu, tidak ada salahnya untuk mencoba mengganti model rambut dan memotongnya.

5. Jangan ikat rambut saat basah.

Janganlah ikat rambut yang masih dalam kondisi basah setelah keramas. Jika rambut dalam yang basah diikat, maka minyak akan bergumpal pada kulit kepala dan menyatu dalam helai rambut.

6. Hindari penggunaan vitamin rambut berlebih

Nutrisi pada rambut akan sangat bagus jika menggunakan vitamin atau serum. Tapi, penggunaan yang berlebihan akan membuat rambut menjadi semakin berminyak dan lepek. Sebaiknya menggunakan vitamin dan serum seperlunya saja, pada saat ingin memakai vitamin dan serum tersebut pastikan di bagian batang dan ujung rambut. Karena vitamin dan serum terkena pada pangkal kepala rambut akan membuat produksi minyak di area kulit kepala semakin meningkat.

7. Mencatok rambut

Mencatok rambut hanya bersifat sementara, karena suhu panas dari catokan itu akan membantu menghilangkan minyak pada rambut yang lepek. Kenapa sementara? Pada akhirnya juga harus keramas dan membersihkan rambut dari kotoran dan minyak yang mengakibatkan lepek pada rambut. Alangkah lebih baiknya, sebelum mencatok untuk menyisir rambut terlebih dahulu. Supaya rambut jauh lebih rapi.

8. Bedak bayi

Saat rambut ada sedang lepek atau berminyak, bisa menaburkan bedak bayi untuk mengatasinya. Sisir rambut dahulu, lalu tundukan kepala sehingga rambut berada di bawah. Baru taburkan bedak bayi ke seluruh bagian rambut. Kemudian goyakan rambut menggunakan jari dengan perlahan untuk menghilangkan sisa bedak, lalu sisir seperti biasa.

Demikian cara-cara mengatasi rambut lepek secara efektif, bisa dicoba ketika bingung harus bagaimana mengatasi rambut lepek. Nggak terlalu susah kok melakukan hal tersebut untuk membantu mengatasi rambut lepek.


POST A COMMENT

0 Comments