Home / / Bahan-Bahan yang Digunakan untuk Eyelashes & Kelebihannya

Bahan-Bahan yang Digunakan untuk Eyelashes & Kelebihannya

Selasa, 14/06/2016 | 09:25 WIB

Share this article

Sahabat Cantik suka memakai bulu mata palsu, namun terkadang suka galau karena banyaknya tipe bulu mata yang beredar saat ini? Berbagai jenis, model, serta bahan yang digunakan bervariasi terkadang membuat kamu kebingungan mana bulu mata palsu yang tentunya aman dan nyaman saat digunakan pada mata kamu. Daripada bingung, coba pelajari beberapa karakteristik bulu mata palsu agar kamu bisa tepat memilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan  kamu.


Bulu Mata Palsu Synthetic VS Silk Hair VS Human Hair VS Fox Hair. Apa Bedanya?


1. Synthetic Lashes

Dinilai dari bulu mata berbahan sintetis yang paling sering ditemui di pasaran. Bulu mata sintetis biasanya memiliki ketebalan yang cukup (0.20mm), tipe bulu mata ini juga memiliki tekstur yang kasar jika dipegang, lebih mengkilap, dan cenderung berat apabila dipakai pada mata kamu, sehingga bulu mata palsu tipe ini terlihat ‘palsu’. Seiring berkembangnya waktu bulu mata berbahan sintetis jarang digunakan, hanya di beberapa tempat atau pasar aja karena harganya yang terbilang murah.

2. Human Hair

Sekilas cukup membingungkan, benar nggak sih  bulu mata yang satu ini benar terbuat dari rambut asli manusia?  Ya! Memang ada jenis bulu mata palsu berbahan dasar rambut manusia yang memiliki serat alami, lembut, ringan, dan terlihat lebih natural jika dipakai. Wajar jika produk bulu mata yang menggunakan human hair ini menjadi favorit para wanita. Biasanya rambut manusia yang digunakan untuk membuat bulu mata palsu ini akan melalui serangkaian proses terlebih dahulu, mulai dari sterilisasi hingga pemberian obat agar bisa lentik dan tahan cukup lama. Namun, bila terendam dan terkena air, bulu mata tipe ini biasanya menjadi lurus atau tidak lentik lagi.

3. Silk Hair

Bulu mata silk hair mungkin terdengar asing bagi sebagian khususnya wanita. Tipe bulu mata ini memiliki komposisi terbuat dari silk, serta mengandung serat sintetis salah satunya adalah PBT (polybutylene-terephthalate). Karakteristik bulu mata ini berbeda dengan human hair yaitu terletak pada ujungnya yang kurang meruncing, ringan, dan lebih mengkilap. Dibanding bulu mata yang terbuat dari human hair, daya pakai bulu mata silk hair cenderung lebih lama. Bulu mata tipe ini bisa tetap lentik jika dicuci, terendam air, serta tahan hingga 12 kali pemakaian.

4. Fox Hair

Bahan terakhir yang biasa dijadikan bulu mata palsu adalah fox hair atau bulu rubah. Tipe bulu mata ini sangat ringan dipakai dan akan terlihat alami bahkan jika kamu tidak memakai maskara sekalipun. Namun juga membandingkan harga, tipe bulu mata ini adalah tipe paling mahal diantara yang lainnya. 


Tipe-tipe Bulu Mata Palsu


Bentuk: individual (satuan) dan fullset (penuh)
Ukuran: pendek, sedang, dan panjang
Tujuan : natural, glamor, dan dramatis
Ekstra: warna-warni, rhinestones

Saat ini, yang menjadi klasifikasi bulu mata palsu adalah bulu mata individual dan fullset. Bulu mata individual ditemukan belum lama ini, dan tengah menjadi tren karena dapat memberikan kesan lebih alami pada pemakainya. Bulu mata bentuk ini dapat  dipasang pada area bulu mata yang jarang-jarang saja, atau di area tertentu untuk menciptakan efek visual bulu mata yang penuh. Namun, bila kamu ingin berpenampilan yang lebih glamour dan eksotis, atau untuk kenyamanan mata kamu, set bulu mata fullset adalah pilihan yang tepat.

Bulu mata fullset dapat dipotong panjangnya sesuai keinginan dan kesan yang ingin kamu tampilkan. Satu jenis bulu mata fullset  dapat menciptakan tampilan berbeda bila panjangnya diubah. Sahabat Cantik bisa memotong sebagian pendek dan sebagian lagi lebih panjang dan lebih lentik untuk kamu yang memiliki mata kecil. 



Bulu mata fullset biasanya ada yang berbulu pendek rata, bahkan ada yang memiliki panjang bulu tidak merata untuk memberikan kesan natural. Ada pula yang benar-benar panjang, lentik dan berwarna-warni untuk memberikan efek glamor dan dramatis. Beberapa bulu mata fullset bahkan disertai rhinestones (batuan kristal warna warni) untuk tampilan yang unik dan berkerlap-kerlip.


Nah, sekarang kamu sudah tau kan bulu mata palsu yang cocok untuk kamu gunakan? 

POST A COMMENT

0 Comments