Home / Skin Care / Day Cream dan Night Cream

Day Cream dan Night Cream

Selasa, 14/06/2016 | 10:09 WIB

Skin Care

Share this article

Perempuan mana sih yang tidak pingin tampil cantik dengan kulit sehat, halus, kenyal dan bebas noda walaupun tanpa make-up? Rata-rata semua perempuan, termasuk kamu, rela melakukan apa saja demi mendapatkan hal tersebut. Maka tak heran jika produsen kosmetik mulai berlomba-lomba mengeluarkan produk kecantikan yang makin beragam.  

Sahabat cantik pasti pernah nonton drama korea kan? Kamu pasti melihat wanita-wanita Korea ini tampil sebagai bintang yang berseri-seri. Mereka terkenal akan kemampuannya menjaga kelembapan dan kesegaran kulit. Setelah ditelusuri lebih dalam, para wanita Korea ini menggunakan kosmetik yang memiliki dua krim yang berbeda, yakni day cream dan night cream. Kedua krim ini sangat penting dalam menjaga kecantikan kulit wajah. Dua krim ini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan kulit wajah. Berikut ini kami rangkumkan kegunaan umum day cream dan night cream.

Secara garis besar, day cream bertujuan untuk merawat dan melindungi kulit dari sinar matahari yang mengakibatkan penuaan dini. Dengan begitu, kemungkinan munculnya permasalahan kulit dapat diminimalisir. Selain itu, day cream berfungsi sebagai pengontrol produksi minyak agar kulit tetap lembab dan lembut sepanjang hari.

Sementara night cream bertujuan untuk memperbaiki sel-sel kulit pada proses regenerasi yang berlangsung setiap malam. Kandungan pada night cream dapat mengembalikan kulit menjadi lebih segar dan cerah. Dengan begitu, kulit dapat terlihat awet muda karena teregenerasi dengan baik setiap harinya.


Day Cream

Siang hari merupakan waktu yang paling riskan bagi kulit terkena paparan sinar matahari yang mengakibatkan berbagai macam persoalan kulit wajah seperti kerutan, flek hitam dan kulit kusam. Karena itu, pada siang hari, kulit memerlukan perlindungan ekstra, sementara di malam hari adalah waktu bagi kulit untuk beristirahat. Kandungan jumlah antioksidan yang sangat tinggi akan membantu kulit beregenerasi dengan baik.

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, produk-produk seperti yang mengandung bahan aktif SPF (Sun Protection Factor) yang melindungi kulit dari jahatnya sinar matahari sangatlah perlu. Dan beruntung sekali, semua manfaat yang terkandung dalam SPF ini dikemas dalam bentuk day cream. Selain SPF, day cream biasanya mengandung pelembab untuk mencegah kulit kering dan kusam, serta zat pencerah wajah seperti kojic atau vitamin C.

Beberapa manfaat day cream adalah sebagai berikut:

  • Sebagai pelindung utama kulit dari paparan sinar matahari


    Saat kamu memutuskan untuk menggunakan day cream, ini adalah pilihan yang tepat. Pastikan produk yang kamu beli sudah dilengkapi dengan kandungan SPF, sehingga kulit kamu tidak mudah terbakar.

  • Anti-penuaan dini

    Musuh utama kulit selain sinar matahari adalah radikal bebas. Hal ini bisa ditandai dengan munculnya garis-garis halus, kerutan dan flek hitam. Penyebab utama kita terserang radikal bebas adalah pola hidup yang tidak sehat, stres dan lingkungan. Dengan menggunakan day cream, kamu memiliki anti aging formula yang sangat baik merawat kulit kamu.

  • Sebagai pelembab

    Selain memiliki fungsi di atas, day cream ternyata sangat baik bila digunakan sebagai pelembab karena mampu menjaga elastisitas kulit kamu.


Night Cream

Alasan kenapa kamu harus memakai night cream yaitu pada saat malam hari kulit kamu sedang beristirahat. Karena itu, kulit kamu membutuhkan banyak nutrisi agar proses peremajaan bisa terjadi dengan sempurna. Biasanya, kandungan yang terdapat dalam krim malam ini antara lain glycolic, salicylic, retinyl acetate, dan retinol yang sangat dibutuhkan kulit untuk memaksimalkan proses peremajaan tersebut sehingga kulit akan memiliki hasil yang lebih baik.

Ada banyak janji yang diberikan produsen kosmetik, tetapi inilah 2 manfaat yang akan kamu rasakan jika memakai night cream.

  • Anti-penuaan dini

    Atau bisa juga disebut firming, anti kerut, membuat kulit tetap kencang. Produk-produk night cream banyak mengandung bahan retinol, glycolic acid, salicyclic acid dan retinyl acetate. Semua bahan tersebut akan membantu kulit kamu untuk meningkatkan proses pergantian kulit lama menjadi kulit baru yang lebih sehat dan kencang. Komposisi tersebut juga akan mengurangi munculnya bintik yang timbul akibat bertambahnya usia, garis-garis halus dan kerutan. Sayangnya komposisi tersebut dapat menimbulkan iritasi, apalagi jika terkena paparan sinar UV, karena itulah cara terbaik untuk memakai krim dengan komposisi tersebut paling efektif jika dilakukan pada malam hari. Alasan yang cukup masuk akal bukan?

  • Memberi Kelembaban Ekstra 


     Dapat juga disebut ultra-hydrating, memberi nutrisi ekstra dan memberi efek menyegarkan. Produk-produk night cream sering menggunakan bahan emolien lebih tinggi dibandingkan day cream, sehingga akan menjaga kelembaban kulit lebih banyak dibandingkan day cream. Sebenarnya tidak ada alasan pasti mengapa kamu membutuhkan banyak pelembab pada malam hari, karena pada saat itu kulit sedang mengalami regenerasi. Jika Sahabat Cantik sudah merasa cukup dengan kelembaban kulit saat malam hari, kamu mungkin tidak membutuhkan night cream yang memiliki banyak kandungan pelembab, tetapi jika kamu sering merasa kulit kering, maka jangan ragu menggunakan night cream.


Jadi, apakah perlu memakai night cream? Kembali pada kebutuhan kulit kamu. Jika merasa bahwa pelembab dan day cream sudah cukup untuk menjaga kelembaban dan tingkat sensitif kulit, Sahabat Cantik tidak memerlukan night cream. Tetapi jika ingin mencegah tanda-tanda penuaan, pemakaian night cream bisa menjadi pertimbangan untuk pemakaian jangka panjang.


POST A COMMENT

1 Comments