Home / / Solusi Mengatasi Rambut Rontok

Solusi Mengatasi Rambut Rontok

Selasa, 14/06/2016 | 11:21 WIB

Share this article

Sebanyak kurang lebih 30% wanita akan mengalami penipisan rambut, yang biasa mereka sadari untuk pertama kali adalah semakin kecilnya volume rambut saat diikat ekor kuda (ponytail), atau bisa ditandai dengan semakin terlihatnya kulit kepala di bagian rambut. 

Ada banyak cara untuk membantu memperlambat penipisan atau kerontokan rambut, mulai dari diet yang tepat, memanage stres, hingga mengatur gaya rambut yang sesuai. Berikut ada tujuh cara untuk menjaga rambut dari kerontokan.


1. Asupan Nutrisi yang Tepat

Meskipun kamu berpikir bahwa rambut begitu penting, namun kenyataannya tubuh menganggap sebaliknya. Fungsi tubuh yang utama, misalnya pernapasan, akan menjadi prioritas untuk mendapatkan akses nutrisi dari makanan kita, sedangkan rambut bisa dikatakan mendapat sisanya. 

Protein adalah teman baik untuk rambut, jadi konsumsilah protein yang sehat dari telur dan ikan. Hindari puasa atau diet yoyo, karena hal ini bisa menghalangi tubuh kamu dari pembentukan rambut dan kulit kepala yang sehat loh Sahabat Cantik. Ikan salmon, tuna dan ikan kemasan yang kaya akan asam lemat Omega-3 membantu memberikan kelembaban dan mencegah rambut menjadi kering dan rapuh. Selain itu, asupan makanan yang kaya akan vitamin B juga dapat membantu menjaga folikel rambut tetap sehat sehingga mengurangi risiko rambut rontok. Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan daging tanpa lemak seperti dada ayam atau kalkun adalah sumber terbesar untuk vitamin B.


2. Memanage Stres 

 Kamu pasti sudah tahu kan bahwa stres sangat merugikan kesehatan dan kecantikan? Tapi, tahukah kamu hubungan antara stres dengan rambut rontok? Stres yang bekelanjutan dapat mengakibatkan level cortisol (hormon stres) meningkat, yang berkonstribusi meningkatkan kerontokan rambut. Untuk membantu meredakan stres, coba deh kamu melakukan sebuah meditasi, berolahraga secara rutin, menjaga jadwal tidur kamu, atau aktivitas lainnya yang dapat membantu mengurangi tekanan-tekanan pada diri kamu. 


3. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

 Kulit kepala adalah area tubuh dimana setiap folikel rambut menerima suplai darah, yang memungkinkan rambut untuk tumbuh kuat. Bila kamu memiliki rambut dengan kulit kepala yang tidak terekspos, maka ini bisa meyakinkan kamu bahwa rambut akan ternutrisi dan terhidrasi dengan baik. Selain itu, sumber makanan yang kaya akan vitamin E seperti almond, walnut, rasperi dan stroberi, dan vitamin C seperti kiwi dan brokoli, baik untuk menjaga kulit kepala tetap sehat. Selain kaya akan vitamin E, walnut ternyata sumber zinc yang baik yang dapat menguatkan akar rambut.


4. Konsumsi Suplemen Biotin

 Hasil dari beberapa studi mengatakan bahwa mengkonsumsi suplemen Biotin dapat membantu memulihkan penipisan rambut dan kuku rapuh. Pada umumnya Biotin dikenal sebagai vitamin H, Biotin juga merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang membantu memetabolisme lemak dan protein pada tubuh. Beberapa ahli bahkan merekomendasikan untuk menkonsumsi suplemen ini secara harian karena dipastikan aman.


5. Periksa Kadar Hormon Anda

 Sahabat Cantik tau nggak sih bahwa penipisan rambut, mengacu pada penurunan progresif dari diameter dan panjang batang rambut. Hal ini terjadi karena androgen-androgen seperti dihidrotestosteron (DHT) yaitu turunan dari hormon testosteron, menyebabkan menyusutnya diameter folikel rambut. Penipisan rambut ini terjadi diseluruh kulit kepala dengan pola yang sama. 

Kehamilan, kista ovarium, pengobatan, syok emosi dan fisik, serta obat-obatan pengatur kelahiran, semuanya hal tersebut mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh, yang menyulitkan pencarian penyebab kerontokan rambut.


6. Coba Gaya Rambut Baru

 Mencoba-coba potongan rambut kadang bisa menjadi solusi untuk masalah ini. Coba deh kamu diskusikan dengan penata rambut kamu tentang gaya rambut seperti apa yang cocok untuk rambut tipis, sehingga tampak tebal dan bervolume. Ubah warna rambut dengan warna yang sedikit terang, sehingga mengurangi kontras antara warna rambut dan warna kulit kepala. Gaya bergelombang dapat memberi kesan tebal pada rambut, serta pemotongan secara berkala akan membantu mencegah kerusakan rambut.


7. Hindari Pemanasan pada Rambut

 Kalau berbicara tentang gaya rambut baru, jangan memilih gaya yang memerlukan usaha keras untuk mendapatkan gaya tersebut, terutama bila memerlukan bantuan alat pemanas, seperti pelurus dan pengering rambut. Rambut dengan batang rambut yang tipis dapat dengan mudah putus, sehingga kamu akan keluar biaya lagi untuk memeliharanya. Perlakukan rambut kamu dengan lembut ketika menyisir, pakaikan pelembab atau masker rambut sehingga dapat melembabkan, menyehatkan dan menguatkan rambut dan kulit kepala.


POST A COMMENT

0 Comments